Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu NASDAQ?

DEFINISI

Apa itu Nasdaq? Nasdaq dapat merujuk pada dua hal: 1) Pasar Saham Nasdaq: bursa saham elektronik untuk membeli dan menjual saham, dan 2) Indeks Komposit Nasdaq: indeks 3.000 saham yang terdaftar di bursa Nasdaq, yang cenderung mencerminkan pergerakan industri teknologi yang lebih luas.

Memahami Nasdaq

Pikirkan teknologi. Pasar Saham Nasdaq adalah bursa efek yang berakar pada teknologi sebagai pasar elektronik global pertama. Dibangun oleh National Association of Securities Dealers (NASD) pada tahun 1971, Nasdaq diluncurkan untuk membuat perdagangan cepat dan berpusat pada komputer (tidak ada manusia di dasarperdagangan Nasdaq. Hanya mesin).

Dengan warisan teknologi itu, Nasdaq menarik sejumlah besar perusahaan yang berfokus pada teknologi ke IPO dalam pertukarannya. Sementara itu, Indeks Komposit Nasdaq mencerminkan bahwa – Ini adalah indeks saham yang terdiri dari lebih dari 3.000 perusahaan yang terdaftar di bursa Nasdaq. Karena begitu banyak dari mereka adalah perusahaan teknologi, investor mencari ke Nasdaq untuk mengukur bagaimana kinerja saham teknologi. 

CONTOH

Ketika pelopor mobil listrik Tesla ingin mendaftarkan sahamnya di depan umum, ia memilih bursa saham Nasdaq untuk Penawaran Umum Perdana (IPO). Dan dalam daftar 3.000+ saham yang tercakup dalam indeks saham Nasdaq Composite, teknologi memiliki kehadiran yang kuat: Google, Amazon, Microsoft. 

Kesimpulan

Bayangkan temanmu yang terobsesi dengan teknologi (semua orang memilikinya) …

Dia tidak bisa berhenti berbicara tentang API dan dia belajar kode sebelum dia bisa mengirim pesan teks. Itu seperti Nasdaq. Terlahir dari inovasi teknologi, dikenal untuk menarik perusahaan teknologi untuk mendaftarkan saham mereka untuk IPO. Dan indeks Nasdaq Composite digunakan oleh investor sebagai cerminan dari kinerja saham industri teknologi secara keseluruhan. 

Ketahui Lebih Lanjut …

Bagaimana sejarah Nasdaq?

Apa itu Komposit Nasdaq?

Cara menghitung Komposit Nasdaq

Perbedaan Nasdaq Composite, Dow, dan S&P 500

Bagaimana Sejarah Nasdaq?

Kamu akan mendengar istilah “Nasdaq” yang digunakan dalam dua cara. 

  1. “Bagaimana kabar Nasdaq?” Itu mengacu pada indeks saham Nasdaq, Nasdaq Composite, yang mencerminkan pergerakan saham industri teknologi yang lebih luas (lebih lanjut tentang itu di bawah).
  2. Nasdaq Exchange adalah pangkal perdagangan elektronik pertama di dunia di mana perusahaan (seringkali perusahaan teknologi) mendaftarkan saham mereka – Banyak dari perusahaan tersebut (lebih dari 3.000 dari mereka) kemudian dilacak pada indeks Nasdaq Composite untuk memberikan gambaran bagaimana sektor teknologi saat ini. melakukan (lebih lanjut tentang itu di sini).

Pertukaran saham terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar dan yang elektronik pertama diluncurkan pada 7 Februari 1971 oleh National Association of Securities Dealers. Pertama, itu memungkinkan kutipan otomatis dan kemudian mulai menyediakan perdagangan saham. Idenya adalah untuk menggabungkan teknologi baru – yang pada waktu itu adalah komputer – untuk membuat perdagangan se-elektronik dan seefisien mungkin. 

Baca juga: Apa Itu Kapitalisasi Pasar?

Nasdaq kemudian mengalamipersaingan dengan Bursa Efek New York (“NYSE”) karena semakin fokus pada teknologi sebagai pembeda. Pasar saham Nasdaq menjadi yang pertama yang memungkinkan perdagangan online. Dan tidak seperti NYSE, Nasdaq tidak memiliki dasar perdagangan dengan orang-orang menerima pesanan satu sama lain – Ini murni elektronik. Ketika perusahaan teknologi melihat untuk mendaftarkan saham secara publik dalam IPO, komitmen Nasdaq terhadap teknologi menarik berbagai perusahaan teknologi seperti Microsoft atau Oracle. 

 Nasdaq terus memperluas pasar sahamnya melalui kemitraan dan akuisisi. Misalnya, mengakuisisi Philadelphia Stock Exchange dan kemudian membentuk “hubungan antarbenua” pertama dengan London Stock Exchange pada tahun 1992. Pada tahun 2006, Nasdaq terpisah dari mitra pendiri aslinya, NASD, sehingga dapat beroperasi secara nasional sebagai bursa efek. Setahun kemudian, ia menambahkan Exchange berbasis Skandinavia, OMX.

Sekarang, karena ekonomi AS dan pasar saham telah tumbuh lebih banyak teknologi-sentris, NYSE telah meningkatkan pemasarannya ke perusahaan teknologi. IPO profil tinggi baru-baru ini dari Twitter, Alibaba, dan Uber telah menunjukkan bahwa Nasdaq tidak lagi mendominasi daftar saham perusahaan teknologi. 

Apa Itu Komposit Nasdaq?

Melihat banyak saham tidak selalu memberi tahu kamu bagaimana keadaan pasar. Indeks saham membantu akan hal itu – Ini adalah rumus yang menghasilkan satu angka untuk mengukur pasar yang lebih luas atau industri tertentu, untuk memberikanmu perasaan bagaimana kinerjanya dalam snapshot tunggal. Indeks saham dihitung menggunakan harga saham perusahaan anggotanya. 

Ketika seorang investor bertanya-tanya apa yang terjadi dengan sektor teknologi, mereka biasanya beralih ke Nasdaq Composite. Meskipun lebih banyak perusahaan telah mencatatkan saham mereka di Nasdaq Exchange, 3.000+ saham pilihan termasuk dalam indeks saham Nasdaq ini. Dan Nasdaq Composite memiliki beberapa fitur utama: s daftar saham perusahaan teknologi.

  • Teknologi beratnya: Karena semua perusahaan yang terdaftar di bursa Nasdaq termasuk dalam indeks, dan sebagian besar perusahaan di bursa Nasdaq adalah perusahaan teknologi, Nasdaq memiliki pengaruh teknologi yang berat.
  • Bobotnya: Saham diukur dalam indeks untuk memperhitungkan ukuran mereka yang berbeda (ukurannya adalah nilainya menurut kapitalisasi pasar). Itu karena nilai raksasa teknologi Amazon jauh lebih besar daripada pelopor kamera teknologi GoPro, sehingga indeks menggunakan rumus untuk menjelaskannya.

Baca juga: Mengenal Standard and Poor, Perusahaan Pemeringkat Indeks Saham Global

  • Jangkauan internasionalnya: Tidak seperti indeks lain (seperti S&P 500 atau Dow), perusahaan Nasdaq Composite tidak hanya berbasis di AS.
  • Ini bukan hanya saham: Indeks ini mencakup berbagai sekuritas terkait teknologi, termasuk kepercayaan investasi real estat (REIT adalah investasi real estat yang dapat diperdagangkan), Exchange Traded Funds (ETF adalah dana yang dapat diperdagangkan yang biasanya terdiri dari sekelompok investasi saham), dan American Depository Receipts (ADR adalah perdagangan saham asing di AS), untuk menyebutkan beberapa saja.

Cara Menghitung Komposit Nasdaq

Ini tanpa henti. Sepanjang hari, Nasdaq Composite dihitung berdasarkan harga yang ditinjau setiap detik. Pada akhir hari perdagangan, Nasdaq Composite akhir ditentukan dan dilaporkan pada 16:16 EST (pasar tutup perdagangan pada 4:00 EST).

Selamat datang di “The Metodologi” – Itulah proses matematika Nasdaq (dengan bangga) untuk mencari tahu nomor indeks Nasdaq Composite akhir. Ingat, itu harus mengambil 3.000+ nilai saham dan mengubahnya menjadi satu angka indeks saham. Dan prosesnya melibatkan 3 elemen utama: Angka bobot, “Harga Terakhir” (harga keamanan terkini dalam daftar), dan “pembagi indeks.” 

Begini cara kerjanya. Pertama, Nasdaq menggunakan metode pembobotan saham dengan kapitalisasi pasarnya untuk memastikan pengaruhnya terhadap angka akhir sesuai dengan ukuran perusahaan. Kemudian semua bobot saham dari setiap sekuritas yang terlibat dikalikan dengan harga sekuritas terbaru. Jumlah dari angka-angka itu kemudian dibagi dengan “pembagi indeks” yang ditentukan oleh Nasdaq. Dan voila, kamu sudah mendapatkan Indeks Komposit Nasdaq- nya. 

Baca juga: Apa Itu Compound Interest?

Indeks ini bukan murni teknologi; itu terdiri dari berbagai industri juga – Inilah bagaimana mereka berada dalam Nasdaq Composite oleh industri pada Mei 2018, dari yang paling terwakili ke sektor yang paling kurang terwakili:

  •   Tech (46,40%)
  •   Layanan Konsumen (20,16%)
  •   Kesehatan (10,86%)
  •   Keuangan (8,59%)
  •   Industrials (6,32%)
  •   Barang Konsumsi (5,49%)
  •   Minyak & Gas (0,71%)
  •   Telekomunikasi (0,70%)
  •   Bahan Dasar (0,47%)
  •   Utilitas (0,30%)

Perbedaan Nasdaq Composite, Dow, dan S&P 500

Tiga besar. Nyalakan acara TV keuangan dan kamu akan melihat tickers mengalir di seluruh aliran, menyoroti pergerakan tiga indeks pasar saham utama. Nasdaq Composite adalah indeks kami yang berfokus pada teknologi, tetapi S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average (alias “Dow”) melengkapi dua lainnya – Dan ada beberapa perbedaan utama. 

Jumlah perusahaan yang berbeda: Setiap indeks menyertakan jumlah perusahaan publik yang berbeda.

  •   Dow adalah klub beranggotakan 30 orang yang terdiri dari perusahaan publik besar dan terkenal yang dipilih untuk mewakili beragam ekonomi AS.
  •   S&P 500 adalah 500 perusahaan publik terbesar di AS.
  •   Nasdaq Composite adalah lebih dari 3.000 perusahaan, dengan fokus pada teknologi.

Fokus berbeda: Ketika investor ingin tahu “bagaimana keadaan pasar,” mereka biasanya tidak beralih ke Nasdaq yang terbatas teknologi – Mereka melihat S&P 500 dan Dow.

  •   Dow adalah klub elit perusahaan publik “blue chip” yang terkenal untuk tujuan mencerminkan potret pasar yang beragam, meskipun terbatas.
  •   S&P 500 sering dianggap sebagai gambaran yang lebih baik dari pasar saham AS daripada Dow karena mencakup lebih banyak keanekaragaman dan serangkaian perusahaan yang lebih besar.
  •   Nasdaq Composite menunjukkan bagaimana pasar teknologi yang lebih luas dilakukan dengan memasukkan kelompok perusahaan yang besar dan beragam dari sektor teknologi – Tetapi ini tidak membantu pengukuran pasar yang lebih luas karena tidak diwakili dengan baik oleh industri lain seperti makanan atau mode.

Baca juga: Apa Itu Pasar Uang?

Perhitungan yang berbeda: Untuk mengambil sekelompok perusahaan dari penilaian yang berbeda dan harga saham yang berbeda dan mengubahnya menjadi angka indeks tunggal memerlukan formula. Setiap formula berbeda. Itu sebabnya, pada Mei 2019, Dow berdiri di sekitar 25.000 poin, S&P 500 di 2.800 poin, dan Nasdaq Composite di 7.500 poin. 

  •   Dow adalah klub super eksklusif dan dibebani oleh harga saham. Jadi perusahaan dengan harga saham dolar tertinggi memiliki bobot terbesar dalam indeks dan karenanya akan paling banyak mempengaruhi angka Dow.
  •   S&P 500 dan Nasdaq sama-sama diukur oleh kapitalisasi pasar, yang lebih masuk akal sebagai refleksi efektif dari apa yang diukur indeks. Itu karena nilai perusahaan berdasarkan kapitalisasi pasar memperhitungkan harga saham dan jumlah saham yang beredar di pasar.

Gerakan yang berbeda: Karena ketiga indeks memiliki jumlah perusahaan yang berbeda, area fokus, dan bahkan perhitungan, kamu akan melihat mereka mengalami pergerakan yang berbeda. Mari kita fokus pada satu periode waktu, gelembung Dotcom pada akhir 1990-an, untuk melihat itu dalam aksi:

  • Nasdaq naik dari di bawah 1.000 poin pada 1995 menjadi lebih dari 5.000 pada 2000 didorong oleh gelembung Dotcom. Tetapi karena investor membeli saham perusahaan teknologi dengan cara yang tidak berkelanjutan, gelembung “meledak” dari tahun 2001 hingga 2002, Nasdaq turun hampir kembali ke 1.000.
  • Dow dan S&P 500 juga mengalami kenaikan gelembung Dotcom dan kemudian jatuh saat meledak. Tetapi kenaikan dan penurunan mereka hampir tidak sebesar Nasdaq karena gelembung Dotcom paling banyak mempengaruhi saham perusahaan teknologi. 

Pengungkapan: Tidak mungkin untuk berinvestasi secara langsung dalam indeks pasar. Indeks tidak dikenakan biaya atau pengeluaran apa pun.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Reksadana Indeks (Index Fund)?

8 Strategi Investasi Hadapi Bear Market Lantaran Pandemi COVID-19

Bursa Saham Sedang Terkoreksi, Kenali Pola Investasi Saham dengan Cara Ini

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img