Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Net Operating Loss?

Apa itu net operating loss? Apakah NOL hanya berlaku untuk pelaku bisnis? Simak ulasan di bawah untuk penjelasannya.

Net operating loss (NOL) mampu memperlancar pembayaran pajak pada tahun-tahun baik. Caranya, kalian bisa menggunakan kredit pajak untuk memfasilitasi tahun-tahun yang buruk.

Apa itu net operating loss terjadi ketika individu atau bisnis diperbolehkan memiliki pengurangan pajak dari total pendapatan kena pajak. Hal ini bisa membuat pengurangan pajak beberapa tahun ke depan.

Misalnya kalian memiliki NOL di tahun 2019. Dan kalian ingin meneruskannya di tahun 2020 sebagai kredit hingga 80 persen di tahun tersebut. Tetapi, kalian memiliki NOL lain di tahun 2021. Maka, kalian harus mengurangi sisa NOL 2019 sebelum menggunakan NOL dari tahun 2021.

Maka, tidak heran jika ada beberapa orang yang menyebut apa itu net operating loss dengan kupon.

Baca juga: Apa Itu Loss Ratio?

Apa itu net operating loss?

Apa itu net operating loss terjadi ketika kalian diperbolehkan mengurangi pajak melebihi penghasilan kena pajak pada tahun tertentu. Hal ini karena beberapa tahun bisa saja kurang menguntungkan dibanding tahun lainnya.

NOL memiliki cara kerja yang berbeda-beda, tergantung pihak yang membayar pajak.

Pertama, untuk individu. Kalian tidak perlu menjadi seorang pebisnis untuk mengalami NOL atas rumah, kendaraan, atau properti. NOL bisa terjadi ketika kalian menjadi korban atau ketika terjadi pencurian dari bencana yang disebabkan oleh pemerintah. Selanjutnya, kalian bisa mengklaim NOL yang akan dikurangkan dari pendapatan kalian untuk tahun pajak.

Kedua, bagi pemilik tunggal dan anggota tunggal perseroan terbatas. Pemilik tunggal pada perseroan terbatas disebut dengan “entitas penerusan”. Hal ini karena kewajiban pajak diteruskan langsung ke pemilik bisnis tersebut.

Pemilih usaha harus melaporkan keuntungan dan kerugian bisnis mereka untuk mengetahui apa itu net operating loss. Ketika total biaya bisnis lebih tinggi dari total pendapatan, makan NOL bisa terjadi. Informasi ini kemudian diteruskan ke pengembalian pajak individu untuk menentukan keputusan klaim atas NOL.

Ketiga, bagi korporasi dan kemitraan. Kategori ini juga masuk ke entitas penerusan. Biasanya, korporasi memiliki beberapa pemilik. Sehingga, jumlah pendapatan dan kerugian bisnis tergantung pada persentase kepemilikan individu. Mitra atau pemegang saham dapat menggunakan bagian terpisah dari pendapatan dan pemotongan bisnis untuk mengklaim NOL.

Terakhir, pada korporasi besar. Pajak golongan ini dikenakan di tingkat perusahaan. NOL yang ada tidak diteruskan kepada pemegang saham. Mekanisme klaim NOL pada kategori ini sangat rumit. Ada baiknya perusahaan mencari panduan dari profesional pajak.

Baca juga: Apa Itu Net Asset Value?

Bagaimana menghitung net operating loss?

Apa itu net operating loss dapat dibawa ke beberapa tahun ke depan. Namun, NOL yang dibawa tidak boleh melebihi 80 persen dari penghasilan kena pajak tahun tertentu.

Jika NOL melebihi 80 persen dari penghasilan kena pajak, kalian bisa membawa sisanya ke tahun-tahun mendatang. Namun, NOL tetap harus dikurangkan sesuai dengan urutan terjadinya.

Di Amerika Serikat, tidak semua kondisi mendapatnya pemotongan pajak. Bisnis jual beli, korban dan pencurian dari bencana yang ditetapkan pemerintah federal, dan sewa properti adalah kondisi yang dibolehkan mengklaim NOL.

Berikut cara menghitung NOL individu. Ada seorang laki-laki bernama Bob yang merupakan pemilik toko pernak pernik. Di tahun 2020 ini dia juga bekerja paruh waktu di restoran.

Pendapatan Bob:

Gaji di restoran + bunga tabungan  = 6,000 USD + 200 USD = 6,200 USD

Pengurangan Bob:

Pengurangan toko pernak pernik= pendapatan total – pembelanjaan – pemotongan selain bisnis= 40,000 – 50,000 – 12,000 USD = 22,000 USD

Berdasarkan aturan pajak yang berlaku pada apa itu net operating loss, Bob tidak bisa menggunakan pemotongan selain bisnis, maka:

Pengurangan selain bisnis – pendapatan selain bisnis = 22,000 USD – 200 USD= 11,800 USD

Pengurangan yang sudah disesuaikan:

22,000 USD – 11,800 USD = 10,200 USD.

NOL Bob adalah= pengurangan – pendapatan= 10,200 USD – 6,200 USD = 4,000 USD

Jumlah NOL tersebut bisa BOB bawa ke tahun 2021. Dengan catatan, nilai NOL tersebut tidak melebihi 80 persen total pendapatannya di tahun 2020.

Penghitungan apa itu net operating loss tidaklah sederhana. Meminta arahan dari konsultan pajak atau akuntan adalah langkah yang tepat sebelum mengklaim NOL.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Net Worth?

Atur Risiko Investasi Melalui Reksadana, Ini 5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Pahami!

Growth Investing VS Value Investing, Dahulukan yang Mana?

Populasi Orang Terkaya di Dunia Ada di Mana?

spot_img

Artikel Terbaru

Copywriter

0

Creative Lead

0

Pluang Pagi – Jumat 17 September 2021

0
spot_img