Apa Itu S&P 500?

0
1638
apa itu S&P 500

Definisi Singkat

“Apa itu s&p 500? Indeks S&P 500 mengukur harga saham 500 perusahaan terbesar di AS untuk membantu kamu Mengetahui kondisi pasar saham secara umum.”

apa itu S&P 500

Memahami Apa Itu S&P 500

Standard & Poor’s adalah perusahaan jasa keuangan yang terkenal dengan indeks pasar saham istimewa yang dibuatnya pada tahun 1957: Indeks S&P 500 (“S&P 500” – simbol ticker SPX).

Formula indeks ini menurunkan harga saham 500 perusahaan dari berbagai industri menjadi satu nomor untuk dengan cepat menjawab pertanyaan “bagaimana kinerja pasar saham AS?” Kinerja pasar saham diukur menggunakan bobot masing-masing perusahaan oleh kapitalisasi pasar, sehingga perusahaan yang paling berharga dan terbesar, paling banyak menggerakkan indeks, menjadikannya sebagai refleksi yang lebih berguna bagi pasar saham AS. 

Contoh

“Hei Alex, bagaimana kinerja saham AS hari ini?”
“Baiklah, S&P 500 naik 1 persen, jadi cukup bagus!”
“Sempurna, terima kasih Alex.”

Kesimpulan

Apa itu S&P 500? S&P 500 itu seperti papan skor saham…

Bila kamu ingin gambaran yang membantu tentang bagaimana kinerja saham, buka S&P 500. Rumusnya menghitung angka tunggal yang terdiri dari jutaan kegiatan pasar saham. 

Ketahui Lebih Lanjut

Siapa Sajakah Anggota S&P 500?

Secara umum, 500 perusahaan AS yang diperdagangkan secara publik berdasarkan kapitalisasi pasar termasuk dalam S&P 500. Pada Juni 2019, batas untuk ukurannya adalah $ 3,7 miliar dalam kapitalisasi pasar – Perusahaan-perusahaan yang bernilai atau lebih masuk dalam daftar.

Perusahaan-perusahaan itu harus berbasis di AS, memiliki saham perdagangan yang terbuka untuk publik untuk dibeli atau dijual, dan menguntungkan pada tahun lalu. Hal itu benar – perusahaan bernilai tinggi yang tidak menguntungkan tidak memenuhi syarat untuk S&P 500, meskipun nilainya berada di atas 500 perusahaan perdagangan publik Amerika. Gabungan, 500 anggota akun untuk sekitar 80% dari semua saham yang diperdagangkan secara publik di Amerika Serikat. Kata final untuk keanggotaan adalah S&P Dow Jones Indices, administrator indeks.

Bagaimana S&P 500 Dihitung?

Mengambil banyak angka dan menjadikannya menjadi satu angka memerlukan beberapa perhitungan. Indeks S&P 500 diukur oleh kapitalisasi pasar – “kapitalisasi pasar” ini adalah nilai total semua saham untuk perusahaan, dan dihitung dengan mengalikan harga saham dengan jumlah saham yang beredar.

S&P 500 mengikuti formula yang relatif sederhana: Pembilang adalah jumlah dari semua kapitalisasi pasar (nilai-nilai) dari 500 anggota. Penyebutnya adalah figur rahasia yang tidak diungkapkan oleh S&P kepada publik. Yang penting untuk dipahami adalah bahwa harga saham dari 500 perusahaan itulah yang mendorong naik turunnya S&P 500, dan perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi (alias perusahaan paling berharga) memiliki bobot paling besar dalam menggerakkan indeks.

Bagaimana Cara Menghitung Bobot Perusahaan di S&P 500?

Apple, Microsoft, dan Amazon – tiga perusahaan pertama yang mencapai kapitalisasi pasar $ 1 triliun – memiliki bobot tinggi dalam S&P 500, sehingga pergerakan saham mereka memengaruhi S&P 500 lebih banyak daripada yang dilakukan oleh perusahaan yang kurang bernilai.

Untuk menghitung proporsi bobot yang dimiliki perusahaan tertentu dalam S&P 500, bagilah kapitalisasi pasar perusahaan dengan kapitalisasi pasar total S&P 500. Misalnya, sebuah perusahaan dengan kapitalisasi pasar $ 50 miliar ketika kapitalisasi pasar total S&P 500 adalah $ 5 triliun memiliki bobot 1%.

Apakah S&P 500 Bermanfaat?

  • S&P 500 mengukur “bagaimana kinerja saham”: Karena S&P 500 menangkap 80% saham publik yang tersedia di AS, ini merupakan pengukuran yang bermanfaat tentang bagaimana kinerja pasar saham AS secara umum.
  • S&P 500 adalah tolok ukur terhadap portofoliomu : Investor dapat memiliki koleksi saham, yang mereka sebut saham “portofolio.” Untuk menilai apakah portofoliomu berkinerja baik, kamu bisa melihat persentase kenaikan mentah (naik atau turun). Tetapi kinerja relatif terhadap S&P 500 adalah cara yang lebih bernuansa untuk melakukannya. Membandingkan kinerja portofoliomu dengan S&P 500 adalah cara yang baik untuk menilai apakah portofoliomu berkinerja lebih baik atau lebih buruk di pasar. Alternatif untuk membangun portofoliomu sendiri adalah dengan hanya “melacak S&P 500” (lebih lanjut tentang itu di bawah).
  • S&P 500 dilacak oleh dana: Banyak investor memilih untuk tidak memilih saham mereka sendiri, lebih memilih untuk berinvestasi secara luas di pasar saham AS. Cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan membeli saham reksa dana atau ETF. Banyak reksadana dibangun dengan saham-saham dasar yang meniru susunan S&P 500. Dengan cara ini, dengan satu pembelian tunggal, seorang investor dapat memiliki sepotong S&P 500, dan mendapat manfaat atau jatuhnya seperti S&P 500.

S&P 500 vs Dow Jones

Baik Dow Jones Industrial Average (“Dow”) maupun S&P 500 digunakan sebagai proksi untuk mengukur kinerja pasar saham secara umum. Tetapi ada beberapa perbedaan utama antara keduanya:

Jumlah perusahaan termasuk:

  • Dow sangat eksklusif – rasanya seperti gelar bangsawan dari sang ratu. Ketika hal itu membawa prestise ke 30 anggota Dow, hal itu juga melemahkan Dow sebagai alat untuk mengukur pasar saham secara umum. Apa yang terjadi pada saham 30 perusahaan terbesar belum tentu sama dengan apa yang terjadi pada seluruh pasar.
  • Nama S&P 500 memberitahukan semuanya – 500 perusahaan. Lebih inklusif dan lebih siap untuk menjawab pertanyaan kunci “apa yang terjadi pada pasar saham hari ini?”

Bagaimana saham diukur:

  •   Angka yang kamu lihat untuk Dow adalah sekitar 25.000 pada Mei 2019. Angka itu dihitung menggunakan metode indeks, dan berdasarkan 30 sahamnya, dengan bobot berdasarkan harga saham. Jadi perusahaan dengan harga saham dolar tertinggi memiliki bobot terbanyak, dan karena itu akan paling mempengaruhi indeks.
  •   Di sisi lain, S&P 500, diukur oleh kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasar lebih masuk akal karena kapitalisasi pasar menyumbang harga saham dan jumlah saham yang beredar di pasar. Bobot Dow hanya memperhitungkan salah satunya, dan harga saham saja bukan ukuran terbaik dari apa yang penting di pasar saham.

Perlu diingat: Perusahaan dengan harga saham yang lebih tinggi paling mempengaruhi Dow, sedangkan perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi paling mempengaruhi S&P 500.

  •   S&P 500 = diukur oleh kapitalisasi pasar = harga saham dan saham beredar
  •   Dow = hanya diukur oleh harga saham

S&P 500 vs Nasdaq

S&P 500 adalah indeks berbasis luas yang mencakup perusahaan-perusahaan dari sebagian besar sektor S&P 500, dan merupakan penampang yang baik dari saham AS. Nasdaq lebih condong pada saham teknologi. Untuk alasan itu, S&P 500 adalah proksi yang lebih akurat dari pasar saham AS, sementara Nasdaq adalah proksi yang lebih akurat dari sektor teknologi.

Keterbatasan S&P 500

S&P 500 bukan ukuran akurat kesejahteraan ekonomi

S&P 500 sering dikutip untuk mencerminkan kinerja pasar saham AS. Terkadang komentator mengambil langkah lebih jauh, menafsirkan kinerjanya sebagai cerminan ekonomi AS. Sementara S&P 500 memang memengaruhi kesejahteraan orang Amerika, tetapi itu hanya satu faktor.

Karena harga saham didorong terutama oleh kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba, S&P 500 akan cenderung meningkat ketika keuntungan perusahaan naik. Tetapi keuntungan perusahaan tidak selalu berkorelasi dengan pendapatan pekerja, atau kebahagiaan ekonomi pekerja.

Namun, karena saham perusahaan di S&P 500 dimiliki oleh jutaan orang Amerika, peningkatan S&P 500 meningkatkan kekayaan orang Amerika secara tidak langsung, dan sebaliknya.

Itu tidak termasuk perusahaan kecil, atau perusahaan swasta

Meskipun S&P 500 memasukkan 80% dari semua saham yang diperdagangkan secara publik di Amerika, S&P 500 tidak mencakup bisnis kecil, perusahaan swasta, atau bahkan perusahaan menengah atau besar yang tidak melakukan pemangkasan 500 besar. Karena alasan itu, penting untuk tidak menafsirkan kinerja S&P 500 termasuk perusahaan dan sektor yang tidak terwakili di dalamnya.

Pemberitahuan: Tidak mungkin untuk berinvestasi secara langsung dalam indeks pasar. Indeks tidak dikenakan biaya atau pengeluaran apa pun.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here