Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Startup?

Definisi startup mengacu pada perusahaan rintisan, yakni perusahaan pada tahap pertama operasinya. Jadi apa itu startup dan seperti apa sistem operasinya?

Startup didirikan oleh satu atau lebih pengusaha yang ingin mengembangkan produk atau layanan yang mereka yakini akan diminati. Perusahaan-perusahaan ini umumnya memulai dengan biaya tinggi dan pendapatan terbatas, karena itu mereka mencari modal dari berbagai sumber, seperti pemodal ventura.

Jadi, perkara apa itu startup adalah mencakup perusahaan yang sedang dalam tahap bisnis awal. Definisi startup ini meliputi bagaimana bisnis rintisan ini berkembang pada masa “benih”-nya dengan pendanaan dari angel investor maupun seed capital.

Hingga bisnisnya berkembang, startup kerap dibiayai oleh para pendirinya, hingga startup tersebut dapat menarik investasi mezanin ataupun investasi ventura.

Ada banyak cara berbeda untuk mendanai startup, termasuk dari seed capital yang diperoleh melalui keluarga dan teman. Ataupun lewat pemodal ventura, crowdfunding, maupun kredit. Startup juga harus mempertimbangkan di mana mereka akan melakukan bisnis dan struktur hukumnya.

Baca juga: Apa Itu Ekonomi Maju?

Memahami apa itu startup dan cara beroperasinya

Startup adalah perusahaan atau usaha yang berfokus pada satu produk atau layanan yang ingin dibawa oleh pendirinya ke pasar publik.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya tidak memiliki model bisnis yang berkembang sepenuhnya. Umumnya, kekurangan modal pun dapat terjadi untuk melanjutkan ke fase bisnis berikutnya. Bagaimanapun, sebagian besar perusahaan ini awalnya didanai oleh pendirinya.

Banyak startup yang akhirnya beralih ke yang lain untuk mendapatkan lebih banyak dana. Silicon Valley di California dikenal dengan komunitas pemodal ventura yang kuat dan merupakan tujuan populer bagi para pemula, tetapi juga secara luas dianggap sebagai arena yang paling menuntut.

Startup dapat menggunakan modal awal ini untuk berinvestasi dalam penelitian dan mengembangkan rencana bisnis mereka. Riset pasar membantu menentukan permintaan akan produk atau layanan.

Sementara rencana bisnis yang komprehensif menguraikan pula rencana bisnis mereka. Yakni meliputi pernyataan misi perusahaan, visi masa depan, dan tujuan serta strategi manajemen dan pemasaran.

Bagaimana startup berkembang di era dotcom

Dotcom adalah jenis apa itu startup yang paling umum di tahun 1990-an. Modal ventura sangat mudah didapat selama ini karena mobilitas para investor untuk berspekulasi tentang kemunculan jenis-jenis usaha baru tersebut.

Sayangnya, sebagian besar startup internet ini akhirnya bangkrut karena pengawasan besar dalam rencana bisnis yang mendasarinya seperti kurangnya pendapatan yang berkelanjutan.

Namun, ada pula beberapa perusahaan yang selamat ketika gelembung dotcom meledak, baik Amazon dan eBay adalah contoh perusahaan apa itu startup yang berhasil selamat dari kondisi terpuruknya era dotcom.

Selain itu, begitu pula banyak startup yang gagal dalam beberapa tahun pertama mereka. Itulah mengapa periode awal ini sangat penting. Pengusaha perlu mencari uang, membuat model bisnis dan rencana bisnis, mempekerjakan personil kunci, mengerjakan detail rumit seperti saham ekuitas untuk mitra dan investor, dan merencanakannya untuk jangka panjang.

Banyak perusahaan teknologi paling sukses saat ini bermula sebagai perusahaan rintisan dan dikenal sebagai apa itu startup dan memperjelas definisi startup hari ini, yakni Facebook, Airbnb, Uber, SpaceX, dan Ant Financial. Hingga akhirnya mereka menjadi perusahaan publik.

Baca juga: Perusahaan Startup Ramaii Pilih Co-Working Space, Apa Alasannya?

Pertimbangan khusus dalam mendirikan startup

Apa itu startup dan bagaimana beroperasi – terkait lokasi

Startup harus memutuskan apakah bisnis mereka dilakukan secara online, di kantor atau di toko. Lokasi tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan. Misalnya, perusahaan rintisan teknologi yang menjual perangkat keras virtual reality mungkin memerlukan etalase fisik untuk memberikan demonstrasi tatap muka fitur kompleks produk kepada pelanggan.

Struktur hukum

Untuk benar-benar membangun apa itu startup juga perlu mempertimbangkan struktur hukum apa yang paling sesuai dengan entitas mereka. Kepemilikan tunggal cocok untuk seorang pendiri yang juga merupakan karyawan kunci sebuah bisnis. Kemitraan adalah struktur hukum yang layak untuk bisnis yang terdiri dari beberapa orang dengan rencana kepemilikan bersama. Tanggung jawab pribadi dapat dikurangi dengan mendaftarkan startup sebagai perseroan terbatas.

Pendanaan

Orang yang benar memahami apa itu startup dan bagaimana ia berkembang, tentu paham bahwa modal adalah kunci utama menjalankan perusahaan rintisan.

Startup umumnya mengumpulkan dana dari keluarga dan teman ataupun kenalan, hingga memperoleh dana selanjutnya dari modal ventura. Crowdfunding juga kini umum menjadi cara yang layak bagi banyak orang untuk mendapatkan akses ke uang tunai yang mereka butuhkan untuk maju dalam proses bisnis.

Pengusaha membuat halaman crowdfunding online dan masyarakat dapat melihat rencana apa itu startup dari mereka. Ini memungkinkan orang yang percaya pada lini bisnis dari perusahaan rintisan ini untuk menyumbangkan uang dan memberi pendanaan awal. Startup juga umumnya dapat menggunakan kredit dari bank untuk memulai operasinya. Meski opsi ini cenderung berisiko.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Perkara Saham hingga Krisis Ekonomi, Ini 7 Rekomendasi Film Terbaik Soal Keuangan

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img