Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Suku Bunga?

Apa itu suku bunga? Pengertian suku bunga adalah jumlah yang dibebankan pemberi pinjaman untuk penggunaan aset yang dinyatakan sebagai persentase dari pokok. Suku bunga biasanya dicatat setiap tahun yang dikenal sebagai tingkat persentase tahunan (APR). Aset yang dipinjam dapat berupa uang tunai, barang konsumsi, atau aset besar seperti kendaraan atau bangunan.

KESIMPULAN UTAMA

  • Suku bunga adalah jumlah yang dibebankan di atas pokok pinjaman oleh pemberi pinjaman kepada peminjam untuk penggunaan aset.
  • Kebanyakan hipotek menggunakan bunga sederhana. Namun, beberapa pinjaman menggunakan bunga majemuk, yang diterapkan pada pokok pinjaman tetapi juga pada akumulasi bunga periode sebelumnya.
  • Pinjaman yang dianggap berisiko rendah oleh pemberi pinjaman akan memiliki tingkat bunga yang lebih rendah. Pinjaman yang dianggap berisiko tinggi akan memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi.
  • Ada juga pinjaman konsumen biasanya menggunakan APR, yang tidak menggunakan bunga majemuk.
  • APY adalah tingkat bunga yang diperoleh di bank atau credit union dari rekening tabungan atau sertifikat deposito (CD). Rekening tabungan dan CD menggunakan bunga majemuk.

Memahami Apa Itu Suku Bunga

Bunga pada dasarnya adalah biaya sewa atau leasing kepada peminjam untuk penggunaan suatu aset. Dalam kasus aset besar, seperti kendaraan atau bangunan, tarif sewa dapat digunakan sebagai tingkat bunga. Ketika peminjam dianggap berisiko rendah oleh pemberi pinjaman. Biasanya peminjam akan dikenakan tingkat bunga yang lebih rendah. Jika peminjam dianggap berisiko tinggi, tingkat bunga yang dikenakan kepada mereka akan lebih tinggi.

Risiko biasanya dinilai ketika pemberi pinjaman melihat skor kredit calon peminjam, itulah mengapa penting untuk memiliki skor kredit yang sangat baik jika Anda ingin memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman terbaik.

Untuk pinjaman, tingkat bunga diterapkan pada pokok pinjaman, yang merupakan jumlah pinjaman. Tingkat bunga adalah biaya hutang untuk peminjam dan tingkat pengembalian pemberi pinjaman.

Kapan Suku Bunga Diterapkan?

Pengertian suku bunga adalah lebih berlaku untuk sebagian besar transaksi pinjaman atau pinjaman. Individu meminjam uang untuk membeli rumah, mendanai proyek, meluncurkan atau mendanai bisnis, atau membayar biaya kuliah. Bisnis mengambil pinjaman untuk mendanai proyek modal dan memperluas operasi mereka dengan membeli aset tetap dan jangka panjang seperti tanah, bangunan, dan mesin. Uang pinjaman dibayarkan kembali secara sekaligus pada tanggal yang telah ditentukan sebelumnya atau dengan angsuran berkala.

Uang yang akan dikembalikan biasanya lebih dari jumlah yang dipinjam karena pemberi pinjaman memerlukan kompensasi atas hilangnya penggunaan uang selama periode pinjaman. Pemberi pinjaman bisa saja menginvestasikan dana selama periode itu daripada memberikan pinjaman, yang akan menghasilkan pendapatan dari aset tersebut. Perbedaan antara jumlah pembayaran kembali dan pinjaman awal adalah bunga yang dikenakan. Bunga yang dibebankan diterapkan pada jumlah pokok.

Misalnya, jika seseorang mengambil hipotek $ 300.000 dari bank dan perjanjian pinjaman menetapkan bahwa tingkat bunga pinjaman adalah 15%, ini berarti bahwa peminjam harus membayar bank jumlah pinjaman awal $ 300.000 + (15 % x $ 300.000) = $ 300.000 + $ 45.000 = $ 345.000.

Jika perusahaan mendapatkan pinjaman $ 1,5 juta dari lembaga pemberi pinjaman yang membebankan biaya 12%, perusahaan harus membayar kembali pokok pinjaman $ 1,5 juta + (12% x $ 1,5 juta) = $ 1,5 juta + $ 180.000 = $ 1,68 juta.

Baca: Mengenal Efek Compounding atau Bunga Majemuk

Suku Bunga Sederhana

Contoh di atas dihitung berdasarkan rumus bunga sederhana tahunan, yaitu:

Bunga sederhana = pokok × suku bunga × waktu

Individu yang mengambil hipotek harus membayar bunga $ 45.000 pada akhir tahun, dengan asumsi itu hanya perjanjian pinjaman satu tahun. Jika jangka waktu pinjaman selama 20 tahun, pembayaran bunga adalah:

Bunga sederhana=$300,000×15%×20=$900,000

Jadi pengertian suku bunga tahunan sebesar 15% berarti pembayaran bunga tahunan sebesar $ 45.000. Setelah 20 tahun, pemberi pinjaman akan menghasilkan $ 45.000 x 20 tahun = $ 900.000 dalam pembayaran bunga, yang menjelaskan bagaimana bank menghasilkan uang.

Apa itu Suku Bunga Majemuk

Beberapa pemberi pinjaman lebih memilih metode bunga majemuk, yang berarti peminjam membayar lebih banyak bunga. Bunga majemuk juga disebut bunga atas bunga, diterapkan pada pokok tetapi juga pada akumulasi bunga periode sebelumnya. Bank berasumsi bahwa pada akhir tahun pertama peminjam berhutang pokok ditambah bunganya untuk tahun tersebut. Bank juga mengasumsikan bahwa pada akhir tahun kedua, peminjam berhutang pokok ditambah bunga tahun pertama ditambah bunga atas bunga tahun pertama.

Bunga terutang saat penggabungan lebih tinggi dari bunga terutang dengan menggunakan metode bunga sederhana. Bunga dibebankan setiap bulan atas pokok pinjaman termasuk bunga yang masih harus dibayar dari bulan-bulan sebelumnya. Untuk jangka waktu yang lebih pendek, perhitungan bunga akan serupa untuk kedua metode tersebut. Namun, seiring dengan bertambahnya waktu pinjaman, perbedaan antara kedua jenis perhitungan bunga tersebut semakin besar.

Bunga majemuk=p×[(1+tingkat bunga)n1]

di mana:

p=prinsipal

n=jumlah periode penggandaan

Baca: Apa Itu Compound Interest?

Ketika entitas menyimpan uang menggunakan rekening tabungan, bunga majemuk menguntungkan. Bunga yang diperoleh dari akun-akun ini bertambah dan merupakan kompensasi bagi pemegang akun karena mengizinkan bank menggunakan dana yang disimpan. Jika sebuah bisnis mendepositokan $ 500.000 ke rekening tabungan dengan hasil tinggi, bank dapat mengambil $ 300.000 dari dana ini untuk digunakan sebagai pinjaman hipotek.

Untuk mengkompensasi bisnis, bank membayar bunga 6% ke rekening setiap tahun. Jadi, sementara bank mengambil 15% dari peminjam, itu memberikan 6% kepada pemegang rekening bisnis, atau pemberi pinjaman bank, dengan bunga bersih 9%. Akibatnya, penabung meminjamkan uang bank, yang, pada gilirannya, memberikan dana kepada peminjam sebagai imbalan atas bunga.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Mengenal Compound Interest, Konsep Bunga Lipat Ganda dalam Investasi

Mengenal Efek Compounding atau Bunga Majemuk

Meski Imbal Balik Cepat, Waspada Memilih Platform Investasi P2P Lending

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img