Apa Itu Tranches?

0
68
Tranches

Pengertian Tranches adalah segmen yang dibuat dari kumpulan sekuritas yang biasanya instrumen utang seperti obligasi atau hipotek yang dibagi berdasarkan risiko, waktu hingga jatuh tempo. Atau bahkan karakteristik lain agar dapat dipasarkan ke investor yang berbeda.

Setiap porsi atau bagian dari produk sekuritisasi atau terstruktur adalah salah satu dari beberapa sekuritas terkait yang ditawarkan pada saat yang sama, tetapi dengan berbagai risiko, manfaat, dan jatuh tempo untuk menarik beragam investor.

Misalnya, investor mungkin membutuhkan arus kas dalam jangka pendek dan tidak memiliki keinginan untuk menerima uang tunai di masa depan. Sebaliknya, investor lain bisa memiliki kebutuhan akan arus kas dalam jangka panjang namun tidak sekarang.

Untuk memanfaatkan situasi penjualan ini, sebuah bank investasi dapat membagi beberapa keamanan atau aset ke dalam bagian yang berbeda. Sehingga investor pertama menerima arus kas awal dari hipotek dan investor kedua berhak untuk menerima yang terakhir.

Dengan terciptanya tranche ini, keamanan atau masalah yang dulu tidak menarik dapat menikmati beberapa pemasaran yang baru ditemukan.

Baca: Apa Itu Hipotek?

Dasar-dasar Tranche

Tahap dalam keuangan terstruktur adalah perkembangan yang cukup baru didorong oleh peningkatan penggunaan sekuritisasi untuk membagi produk keuangan. Yang terkadang berisiko dengan arus kas yang stabil untuk kemudian menjual divisi ini kepada investor lain. Kata tranche berasal dari kata Perancis untuk bagian.

Biasanya tranche terpisah dari kumpulan aset yang lebih besar biasanya didefinisikan dalam dokumentasi transaksi dan diberikan kelas nota yang berbeda. Masing-masing dengan peringkat kredit obligasi yang berbeda.

Tranche senior biasanya berisi aset dengan peringkat kredit yang lebih tinggi daripada tranche junior. Memiliki hak gadai pertama atas aset-aset tersebut dan dibayar lebih dulu, jika terjadi gagal bayar. Tranche junior memiliki hak gadai kedua atau tanpa hak gadai sama sekali.

Contoh produk keuangan yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian antara lain obligasi, pinjaman, polis asuransi, hipotek dan hutang lainnya.

Tahapan Beragun Hipotek

Tranche adalah struktur keuangan umum untuk produk utang sekuritisasi, seperti collateralized debt obligation (CDO), yang mengumpulkan kumpulan aset penghasil arus kas — seperti hipotek, obligasi, dan pinjaman, atau sekuritas yang didukung hipotek.

MBS terdiri dari beberapa kumpulan hipotek yang memiliki berbagai macam pinjaman, mulai dari pinjaman aman dengan suku bunga rendah hingga pinjaman berisiko dengan suku bunga lebih tinggi.

Setiap kumpulan hipotek tertentu memiliki waktu sendiri hingga jatuh tempo, yang menjadi faktor risiko dan manfaat imbalan. Oleh karena itu tahapan dibuat untuk membagi profil hipotek yang berbeda menjadi beberapa bagian yang memiliki persyaratan keuangan yang sesuai untuk investor tertentu.

Misalnya, collateralized mortgage obligation (CMO) menawarkan portofolio sekuritas berbasis mortgage dipartisi mungkin memiliki tahap hipotek dengan jatuh tempo satu tahun, dua tahun, lima tahun dan 20 tahun, semua dengan hasil yang bervariasi.

Jika seorang investor ingin membeli MBS, mereka dapat memilih jenis tranche sesuai keinginan mereka untuk kembali dan keengganan mengambil risiko. Z tranche adalah tingkatan terendah CMO dalam hal senioritas.

Pemiliknya tidak berhak atas pembayaran kupon apa pun, tidak menerima arus kas dari hipotek yang mendasarinya hingga tranches yang lebih senior dihentikan atau dilunasi.

Investor menerima arus kas bulanan berdasarkan tahapan MBS di mana mereka berinvestasi. Mereka dapat mencoba menjualnya dan mendapatkan keuntungan cepat atau menahannya dan merealisasikan keuntungan kecil tapi jangka panjang dalam bentuk pembayaran bunga.

Pembayaran bulanan ini adalah bagian dari semua pembayaran bunga yang dilakukan oleh pemilik rumah yang hipoteknya termasuk dalam MBS tertentu.

Baca: Apa Itu Laporan Laba Rugi (Income Statement)?

Strategi Investasi dalam Memilih Tranches

Investor ingin memiliki arus kas stabil dalam jangka panjang akan berinvestasi dalam tranche dengan waktu jatuh tempo yang lebih lama. Investor yang membutuhkan arus pendapatan yang lebih cepat tetapi lebih menguntungkan akan berinvestasi dalam beberapa tahap dengan waktu jatuh tempo yang lebih sedikit.

Semua tahapan, terlepas dari bunga dan jatuh tempo, memungkinkan investor menyesuaikan strategi investasi dengan kebutuhan spesifik mereka. Sebaliknya tranche membantu bank dan lembaga keuangan lainnya menarik investor di berbagai jenis profil.

Tranche menambah kompleksitas investasi hutang dan terkadang menimbulkan masalah bagi investor yang kurang informasi. Yang berisiko memilih tranches yang tidak sesuai dengan tujuan investasi mereka. Tranches juga dapat salah dikategorikan oleh lembaga pemeringkat kredit.

Jika diberi peringkat lebih tinggi dari yang seharusnya, itu dapat menyebabkan investor terekspos pada aset yang lebih berisiko daripada seharusnya. Kesalahan label seperti itu berperan dalam kehancuran produk hipotek tahun 2007 dan krisis keuangan berikutnya.

Pada krisis 2007, tranches yang berisi obligasi kelas rendah atau subprime mortgages (aset di bawah tingkat investasi) diberi label AAA atau yang setara. Padahal obligasi tersebut dianggap junk karena ketidakmampuan, kecerobohan manajemen atau, seperti yang dituduhkan, korupsi langsung di pihak agensi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here