Apa Itu Velocity of Money?

0
642
velocity of money adalah

Pengertian Velocity of Money

Pengertian Velocity of Money adalah seberapa cepat uang berpindah dari tangan ke tangan. Hal ini merujuk kepada frekuensi suatu unit mata uang digunakan dalam transaksi apapun sehingga uang tersebut mengalami perpindahan pemilik. Definisi ini selain mencakup pembelian barang dan jasa juga meliputi pembelian aset finansial dan investasi.

Jika kecepatan peredaran uang meningkat, maka dapat dipastikan bahwa transaksi antar pelaku ekonomi juga meningkat, jika kecepatan peredaran uang menurun, maka transaksi antar pelaku ekonomi juga ikut menurun.

Velocity of Money juga dapat digunakan untuk melihat apakah ekonomi suatu negara memiliki indikasi deflasi atau inflasi. Jika money velocity rendah, maka negara tersebut akan cenderung memiliki sedikit uang yang beredar sehingga rentan mengalami deflasi. Jika Velocity of Money tinggi, maka negara tersebut beresiko mengalami inflasi yang tinggi pula.

Baca juga: Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksi?

Apa Itu Velocity of Money dalam Ekonomi Suatu Negara?

Sebelumnya definisi mengenai velocity of money sudah dijelaskan. Jadi kamu sudah memahami bahwa sebenarnya istilah ini digunakan untuk mengetahui seberapa cepat uang berpindah tangan di suatu negara. Tentu perpindahan kepemilikan uang terjadi jika ada transaksi jual beli jasa atau barang.

Namun untuk dapat menghitung velocity of money yang adalah sebuah kecepatan, haruslah ada jangka waktu tertentu. Jadi anda bisa menghitung kecepatan perputaran uang suatu negara berdasarkan jangka waktu satu bulan, setengah tahun, tahunan, atau per 10 tahunan. Jangka waktu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan informasi anda.

Rumus yang digunakan untuk menghitung velocity of money ini adalah:

Vt = P * T/M

Keterangan untuk rumus ini adalah Vt  untuk kecepatan peredaran uang yang ingin dicari dalam jangka waktu tertentu, P untuk tingkat harga, T total transaksi dalam kurun waktu tertentu, dan M untuk total uang dalam sirkulasi. Silahkan terapkan rumus di atas untuk menghitung kecepatan peredaran uang di lingkungan sekitarmu.

Baca: Apa Itu Money Market?

Selanjutnya jika anda ingin memahami lebih lanjut mengenai velocity of money, anda perlu mengetahui bahwa ada yang dinamakan dengan income velocity of money dan transaction velocity of money.

Apa yang dimaksud dengan income velocity of money adalah frekuensi suatu mata uang digunakan untuk melakukan pembelian barang dan jasa, sedangkan transaction velocity of money adalah frekuensi suatu mata uang mengalami perpindahan kepemilikan.

Berdasarkan penghitungan dari velocity of money ini, informasi apa yang bisa diketahui? Informasi penting ini yang akan menjadi pembahasan utama di bagian berikutnya.

Informasi Penting dari Perhitungan Velocity of Money

Menggunakan definisi-definisi yang sudah disebutkan di atas, hasil perhitungan velocity of money ternyata menghasilkan banyak informasi penting. Apa saja informasi penting yang bisa disimpulkan dari hasil perhitungan velocity of money? Silahkan simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

Baca: Pemerintah Kaji Ulang Dana Pensiun, Eselon 1 Bisa Terima Rp20 Juta per Bulan

Informasi Terkait Banyak Transaksi di Suatu Negara

Informasi pertama yang bisa anda dapatkan dari perhitungan velocity of money adalah informasi terkait banyaknya transaksi di suatu negara secara umum. Transaksi yang dimaksud adalah transaksi menggunakan uang sebagai alat beli. Jadi semakin tinggi kecepatan perputaran uang atau velocity of money ekonomi dari suatu negara tertentu, maka artinya semakin banyak transaksi yang terjadi. Sebaliknya, jika kecepatan perputarannya tidak terlalu tinggi, maka transaksi yang terjadi tidak terlalu banyak pada jangka waktu tersebut.

Kecenderungan Deflasi/ Inflasi

Velocity of money yang terlalu tinggi tidak baik, terlalu rendah pun sama tidak baiknya. Suatu negara membutuhkan informasi dari velocity of money untuk mengetahui kecenderungan apakah ekonomi negara akan mengalami deflasi atau inflasi.

Jika bisa diprediksi jauh-jauh hari melalui hasil perhitungan velocity of money, maka berbagai tindakan pencegahan dan penanggulangan bisa dilakukan. Jadi hasil perhitungan velocity of money yang rendah menunjukkan bahwa peredaran uang di negara tersebut cenderung rendah dan mengancam terjadinya deflasi.

Sebaliknya, jika nilai velocity of money suatu negara terlalu tinggi, maka ada resiko terjadinya inflasi di negara tersebut.

Baca: Enggak Selamanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Mengambil Keputusan Pembelian atau Penggunaan Uang

Ada juga informasi lain yang bisa didapatkan dari melakukan perhitungan velocity of money. Informasi berikutnya berkaitan dengan keputusan pembelian dan penggunaan uang. Jika velocity of money yang dihitung menghasilkan nilai yang tinggi, maka perlu dilakukan pengaturan untuk mengurangi pembelian atau penggunaan uang.

Begitu juga jika ternyata hasil perhitungan velocity of money yang dilakukan adalah rendah, maka untuk menghindari kondisi yang beresiko anda bisa mengambil keputusan untuk melakukan pembelian atau penggunaan uang.

Pembeda Tingkat Konsumsi Masyarakat Suatu Negara

Terakhir, kamu juga bisa mengetahui informasi mengenai perbedaan tingkat konsumsi masyarakat dari suatu negara melalui hasil perhitungan velocity of money. Jadi setelah mendapatkan nilai velocity of money, jika hasilnya tinggi maka bisa diketahui bahwa tingkat konsumen masyarakat di negara tersebut cukup tinggi. Nilai yang ekstrim bisa menunjukkan karakteristik masyarakat cenderung hedonistik.

Namun jika nilai velocity of money yang dihitung rendah, maka bisa diketahui bahwa transaksi masyarakat rendah atau tingkat konsumsinya rendah. Masyarakat di negara seperti ini cenderung memiliki karakteristik penabung.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu velocity of money dan informasi apa yang bisa didapatkan dari hasil perhitungan velocity of money ini. Jadi dengan informasi ini, anda bisa mengetahui bahwa velocity of money ternyata merupakan perhitungan yang sangat bermanfaat. Kamu juga semakin memahami mengenai berbagai manfaat ilmu ekonomi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here