Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Warisan?

Warisan

Apa itu warisan? Warisan adalah properti atau aset yang ditinggalkan seseorang kepada ahli warisnya ketika mereka meninggal – mungkin termasuk real estat, uang, saham atau obligasi, perhiasan, atau harta benda lainnya.

Apa itu wujud dari pengertian warisan tersebut dapat berupa harta (harta yang bergerak dan harta tidak bergerak) dan termasuk juga diwarisi utang (kewajiban).

Harta yang bergerak seperti kendaraan, logam mulia, sertifikat deposito dan lain sebagainya. Harta tidak bergerak seperti rumah dan tanah. Utang seperti utang kepada pihak ke bank, saudara dan lain sebagainya.

Jadi warisan tidak selalu hal-hal yang indah yang dapat menyejahterakan yang mewarisinya, namun berupa tanggung jawab yang belum selesai yang harus diselesaikan oleh ahli warisnya.

Warisan dapat menyelesaikan masalah atau justru dapat menambah masalah dalam keluarga besar. Hal tersebut dapat terjadi karena perbedaan pendapat mengenai pembagian tanggung jawab hingga pembagian harta waris.

Baca: Jika Mendapatkan Harta Warisan, Mana yang Lebih Menguntungkan; Emas atau Properti?

Ikuti Aturannya dan Hukum Waris

Terkait dengan pembagian warisan, pewaris tidak boleh seenaknya sendiri dalam membagi waris. Ahli waris juga tidak bisa menuntut untuk minta bagian tertentu atau lebih besar.

Anda perlu tahu, waris juga ada aturan mainnya dan hukumnya. Pada saat membuat surat wasiat, pewaris harus tahu aturan pembagian waris menurut hukum waris.

Pembagian waris menurut hukum waris selalu berusaha membagi secara adil. Terkadang kata adil tidak sama dengan kesamaan, contoh jika seseorang pewaris memiliki 3 orang anak, bisa jadi anak yang satu mendapatkan bagian lebih banyak dibandingkan dengan anak lain.

Jika pembagian waris sudah mengikuti hukum waris, diharapkan ahli waris dapat memahami dan berlapang dada menerima keputusan.

Baca: Pensiun dengan Tenang, Kapan Idealnya Bikin Surat Ahli Waris?

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: learn.robinhood.com

Baca juga:

Jika Mendapatkan Harta Warisan, Mana yang Lebih Menguntungkan; Emas atau Properti?

Pensiun dengan Tenang, Kapan Idealnya Bikin Surat Ahli Waris?

Apa Itu Korelasi?

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img