Currently set to Index
Currently set to Follow
#CerdasCuan Apa Itu Applied Economics?

Apa Itu Applied Economics?

Pengertian Applied Economics atau Ekonomi Terapan

Pengertian Applied Economics adalah disebut juga ekonomi terapan yang menerapkan kesimpulan yang diambil dari teori ekonomi dan studi empiris ke situasi dunia nyata. Dengan tujuan yang diinginkan untuk menginformasikan keputusan ekonomi dan memprediksi kemungkinan hasil.
Tujuan dari Applied Economics ini adalah untuk meningkatkan kualitas praktik dalam bisnis, kebijakan publik. Dan kehidupan sehari-hari dengan memikirkan secara cermat tentang biaya dan manfaat, insentif, dan perilaku manusia.
Ilmu ekonomi terapan dapat melibatkan penggunaan studi kasus dan ekonometrik. Yang merupakan penerapan data dunia nyata ke model statistik dan membandingkan hasil dengan teori yang sedang diuji.

Memahami Applied Economics atau Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan atau Applied Economics adalah penerapan teori ekonomi untuk menentukan kemungkinan hasil yang terkait dengan berbagai kemungkinan tindakan di dunia nyata.

Dengan lebih memahami kemungkinan konsekuensi dari pilihan yang dibuat oleh individu, bisnis, dan pembuat kebijakan. Kami dapat membantu mereka membuat pilihan yang lebih baik.

Baca juga: Apa Itu Behavioral Finance?

Jika ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang menggunakan berbagai sarana terbatas yang tersedia bagi mereka untuk mencapai tujuan tertentu. Maka ekonomi terapan adalah alat untuk membantu memilih cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Akibatnya, ilmu ekonomi terapan dapat menghasilkan daftar “yang harus dilakukan” untuk langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kemungkinan hasil positif dalam peristiwa dunia nyata.

Penggunaan ilmu ekonomi terapan pertama-tama mungkin melibatkan eksplorasi teori-teori ekonomi. Untuk mengembangkan pertanyaan tentang suatu keadaan atau situasi. Dan kemudian memanfaatkan sumber data dan kerangka acuan lain untuk membentuk jawaban yang masuk akal untuk pertanyaan itu.

Idenya adalah untuk menetapkan hasil hipotetis berdasarkan keadaan khusus yang sedang berlangsung. Yang diambil dari implikasi yang diketahui dari hukum dan model ekonomi umum.

Baca juga: Tips Jadi Produktif Saat Motivasi Mulai Pudar

Relevansi Ekonomi Terapan di Dunia Nyata

Ilmu ekonomi terapan dapat menggambarkan hasil potensial dari pilihan keuangan yang dibuat oleh individu.

Misalnya, jika konsumen ingin memiliki barang mewah tetapi memiliki sumber daya keuangan yang terbatas. Penilaian biaya dan dampak jangka panjang dari pembelian tersebut terhadap aset dapat membandingkannya dengan manfaat yang diharapkan dari barang tersebut.

Ini dapat membantu menentukan apakah pengeluaran semacam itu bermanfaat. Selain keuangan, memahami makna teori ekonomi pilihan rasional, teori permainan, atau temuan ekonomi perilaku. Dan ekonomi evolusioner dapat membantu seseorang membuat keputusan yang lebih baik dan merencanakan kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan bahkan hubungan.

Misalnya, seseorang yang ingin berhenti merokok mungkin menyadari bahwa mereka rentan terhadap diskon hiperbolik dan mungkin memilih untuk menggunakan strategi prakomitmen untuk mendukung preferensi jangka panjang mereka untuk berhenti daripada preferensi jangka pendek yang lebih kuat untuk merokok.

Baca juga: Apa Itu Psikologi Pasar?

Atau sekelompok teman yang berbagi semangkuk besar popcorn mungkin secara eksplisit atau implisit setuju untuk membatasi atau membagikan berapa banyak popcorn yang akan dikonsumsi masing-masing untuk menghindari tragedi situasi bersama.

Ilmu ekonomi terapan juga dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik. Memahami implikasi hukum ekonomi penawaran dan permintaan yang dikombinasikan dengan data penjualan masa lalu. Dan riset pemasaran mengenai target pasar mereka dapat membantu bisnis dengan keputusan harga dan produksi.

Kesadaran akan indikator utama ekonomi dan hubungannya dengan industri dan pasar perusahaan dapat membantu perencanaan operasional dan strategi bisnis.

Memahami ide-ide ekonomi seperti masalah principal-agent, biaya transaksi. Dan teori perusahaan dapat membantu bisnis merancang skema kompensasi, kontrak, dan strategi perusahaan yang lebih baik.

Baca: Membuat Rencana Investasi, Apa Saja Strategi yang Perlu Diketahui?

Ekonomi terapan adalah alat yang sangat berharga bagi pembuat kebijakan publik. Banyak ekonom dipekerjakan untuk memprediksi konsekuensi makro dan mikroekonomi dari berbagai proposal kebijakan atau untuk mengevaluasi efek kebijakan yang sedang berlangsung.

Pemodelan ekonomi makro terapan secara rutin digunakan untuk memproyeksikan perubahan pengangguran, pertumbuhan ekonomi, dan inflasi di tingkat nasional, regional, dan negara bagian.

Memahami cara insentif ekonomi dan perilaku kompensasi yang diciptakan oleh kebijakan publik memengaruhi tren dunia nyata dalam hal-hal seperti pertumbuhan pekerjaan, migrasi, dan tingkat kejahatan sangat penting untuk menerapkan kebijakan yang efektif dan menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan.

Misalnya, memahami apa yang tersirat dalam penerapan hukum penawaran dan permintaan tentang dampak dasar harga. Bersama dengan studi kasus dan penelitian empiris, dapat memberikan informasi kebijakan yang lebih baik terkait undang-undang upah minimum.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Artikel Terbaru