Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial intelligence adalah teknologi yang kini menunjukkan perkembangan pesat dalam skala global. Artificial intelligence di indonesia pun tak ketinggalan.

Namun, apa sebenarnya artificial intelligence itu? Dan bagaimana caranya bekerja?

Artificial intelligence adalah sistem yang mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram berpikir. Mereka seperti manusia dan meniru tindakan manusia. Wajar jika kemudian artificial intelligence di indonesia riuh dibicarakan.

Istilah AI juga dapat diterapkan pada mesin apa pun yang menunjukkan ciri-ciri yang terkait dengan pikiran manusia seperti pembelajaran dan pemecahan masalah.

Karakteristik ideal dari artificial intelligence adalah kemampuannya untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca juga: Apa Itu Bridge Loan?

Artificial intelligence adalah masa depan, dan perkembangan artificial intelligence di indonesia

Saat kebanyakan orang mendengar istilah artificial intelligence, hal pertama yang biasanya mereka pikirkan adalah robot. Ini karena film dan novel beranggaran besar menjalin cerita tentang mesin mirip manusia yang mendatangkan malapetaka di bumi.

Artificial intelligence adalah sistem yang didasarkan pada prinsip bahwa kecerdasan manusia dapat didefinisikan sedemikian rupa sehingga mesin dapat dengan mudah meniru dan menjalankan tugas, dari yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks. Tujuan dari AI meliputi pembelajaran, penalaran, dan persepsi.

Seiring kemajuan teknologi, tolok ukur sebelumnya yang mendefinisikan AI menjadi usang. Misalnya, mesin yang menghitung fungsi dasar atau mengenali teks melalui pengenalan karakter yang optimal tidak lagi dianggap mewujudkan AI, karena fungsi ini sekarang dianggap sebagai fungsi komputer yang melekat.

AI terus berkembang untuk menguntungkan banyak industri berbeda. Mesin dihubungkan dengan menggunakan pendekatan lintas disiplin berdasarkan matematika, ilmu komputer, linguistik, psikologi, dan banyak lagi.

Algoritma sering kali memainkan peran yang sangat penting dalam struktur artificial intelligence. Algoritma sederhana digunakan dalam aplikasi sederhana, sementara algoritma yang lebih kompleks membantu membingkai AI yang kuat.

Bagaimana perkembangan AI di Indonesia?

Lalu bagaimana dengan perkembangan artificial intelligence di indonesia? Jika kita lihat dengan jeli sebenarnya perkembangan artificial intelligence di indonesia mengalami perkembangan cukup menjanjikan, meski belum mencapai tingkatan seperti di Amerika Serikat atau China.

“Cina itu masif sekali pertumbuhannya, apalagi kalau kita lihat gerak-geriknya Alibaba, Tencent, Baidu,” jelas Irzan Raditya, CEO Kata.ai. Dikutip dari Tirto.id. Sebagai catatan, Kata.ai merupakan start-up teknologi AI yang fokus di bidang chatbot dan natural language processing.

Artificial intelligence adalah teknologi yang telah dirasakan dalam berbagai bentuk yang sederhana, salah satunya melalui teknologi chatbot yang kerap dijumpai di aplikasi pesan seperti WhatsApp, Telegram, atau Line.

Dilansir Tirto.id (20/09), Chatbot adalah program komputer yang didesain untuk menstimulasi percakapan dengan pengguna manusia dalam sebuah platform berbentuk teks ataupun audio.

Perkembangan artificial intelligence di indonesia mengalami hambatan berupa masih sedikitnya organisasi atau perusahaan yang memiliki rencana mengadopsi AI dalam lima tahun ke depan.

Ini menandakan bahwa masih ada bisnis tradisional yang masih ragu-ragu untuk melakukan lompatan teknologi dalam operasional bisnis mereka.

Baca juga: Apa Itu Pasar Uang?

Penerapan artificial intelligence dalam kehidupan manusia

Aplikasi untuk artificial intelligence adalah sangat tidak terbatas. Teknologi ini dapat diterapkan ke berbagai sektor dan industri. AI sedang diuji dan digunakan dalam industri perawatan kesehatan untuk dosis obat dan perawatan yang berbeda pada pasien, dan untuk prosedur pembedahan di ruang operasi.

Contoh lain dari mesin dengan AI termasuk komputer yang bermain catur dan mobil yang bisa mengemudi sendiri. Masing-masing mesin ini harus mempertimbangkan konsekuensi dari setiap tindakan yang mereka lakukan, karena setiap tindakan akan memengaruhi hasil akhirnya.

Dalam catur, hasil akhirnya adalah memenangkan permainan. Untuk mobil yang dapat mengemudi sendiri, sistem komputer harus memperhitungkan semua data eksternal dan menghitungnya untuk bertindak dengan mencegah tabrakan.

AI juga memiliki aplikasi dalam industri keuangan, di mana ia digunakan untuk mendeteksi dan menandai aktivitas di perbankan dan keuangan seperti penggunaan kartu debit yang tidak biasa dan simpanan rekening yang besar — semuanya membantu departemen penipuan bank.

Aplikasi untuk AI juga digunakan untuk membantu merampingkan dan membuat perdagangan lebih mudah. Ini dilakukan dengan membuat penawaran, permintaan, dan harga sekuritas lebih mudah diestimasi.

Sejak awal, artificial intelligence adalah sektor yang mendapat sorotan dari para ilmuwan dan publik. Salah satu tema umum adalah gagasan bahwa mesin akan menjadi sangat berkembang. Sehingga manusia tidak akan mampu mengikutinya dan mereka akan lepas landas dengan sendirinya, mendesain ulang dirinya sendiri dengan kecepatan eksponensial.

Hal lainnya adalah bahwa mesin dapat meretas privasi orang dan bahkan dijadikan senjata. Argumen lain memperdebatkan etika AI dan apakah sistem cerdas seperti robot harus diperlakukan dengan hak yang sama seperti manusia.

Apa yang kontroversial dari AI?

Mobil self-driving cukup kontroversial karena mesin mereka cenderung dirancang untuk risiko serendah mungkin dan korban paling sedikit. Jika disajikan dengan skenario bertabrakan dengan satu orang atau orang lain pada saat yang sama, mobil-mobil ini akan menghitung opsi yang akan menyebabkan kerusakan paling sedikit.

Masalah kontroversial lain yang dimiliki banyak orang dengan artificial intelligence adalah bagaimana hal itu dapat memengaruhi pekerjaan manusia.

Dengan banyaknya industri yang ingin mengotomatiskan pekerjaan tertentu melalui penggunaan mesin cerdas, ada kekhawatiran bahwa orang akan dikeluarkan dari angkatan kerja.

Mobil self-driving dapat menghilangkan kebutuhan akan taksi dan program berbagi mobil, sementara produsen dapat dengan mudah mengganti tenaga manusia dengan mesin, membuat keterampilan orang lebih usang.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Jika Mendapatkan Harta Warisan, Mana yang Lebih Menguntungkan; Emas atau Properti?

4 Pilihan Investasi Jangka Panjang, Mana yang Terbaik?

Meski Imbal Balik Cepat, Waspada Memilih Platform Investasi P2P Lending

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img