Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Auditor?

Kamu mungkin kerap bertanya-tanya apa definisi auditing dan kenapa auditor adalah sosok yang penting dalam keuangan sebuah perusahaan. Artikel ini akan mencoba menjelaskannya.

Tidak dapat dimungkiri, auditor adalah sosok yang penting karena ia berkaitan dengan masalah hukum seperti perkara perundang-undangan.

Auditor adalah orang yang diberi wewenang untuk meninjau dan memverifikasi keakuratan catatan keuangan dan memastikan bahwa perusahaan mematuhi undang-undang perpajakan. Definisi auditing berarti adalah sebuah tindakan meninjau keakuratan catatan keuangan.

Tugas auditor adalah bekerja melindungi bisnis dari penipuan, menunjukkan perbedaan dalam metode akuntansi dan, terkadang, bekerja berdasarkan konsultasi, membantu organisasi menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Auditor bekerja dalam berbagai kapasitas dalam industri yang berbeda.

Baca juga: Apa Itu Audit?

Memahami auditor adalah cara agar kamu memahami definisi auditing

Tugas utama auditor adalah menentukan apakah laporan keuangan mengikuti prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Pada dasarnya Negara mewajibkan semua perusahaan publik untuk melakukan tinjauan rutin oleh auditor eksternal, sesuai dengan prosedur audit resmi.

Ada beberapa jenis auditor yang berbeda, termasuk yang dipekerjakan untuk bekerja di dalam perusahaan dan mereka yang bekerja untuk perusahaan audit luar.

Pertimbangan akhir dari laporan audit dapat berupa memenuhi syarat atau tidak.

Bagaimana auditor menilai operasi keuangan?

Auditor menilai operasi keuangan dan memastikan bahwa organisasi dijalankan secara efisien. Mereka bertugas melacak arus kas dari awal hingga akhir dan memverifikasi bahwa dana organisasi telah dipertanggungjawabkan dengan benar.

Dalam kasus perusahaan publik, tugas utama auditor adalah menentukan apakah laporan keuangan mengikuti prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Untuk memenuhi persyaratan ini, auditor memerika data akuntansi, catatan keuangan, dan aspek operasional bisnis dan membuat catatan terperinci pada setiap langkah proses, yang dikenal sebagai jejak audit.

Setelah selesai, temuan auditor disajikan dalam laporan yang muncul sebagai kata pengantar dalam laporan keuangan. Secara terpisah, laporan pribadi juga dapat dikeluarkan untuk manajemen perusahaan dan otoritas pengatur.

Auditor tidak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi setelah tanggal laporan mereka. Selain itu, mereka tidak perlu mendeteksi semua contoh penipuan atau kesalahan penyajian keuangan; tanggung jawab itu terutama terletak pada tim manajemen organisasi.

Audit terutama dirancang untuk menentukan apakah laporan keuangan perusahaan “dinyatakan secara wajar”. Dengan kata lain, ini berarti bahwa audit tidak selalu mencakup dasar yang cukup untuk mengidentifikasi kasus penipuan. Singkatnya, audit yang bersih tidak memberikan jaminan bahwa akuntansi organisasi sepenuhnya berada di atas dewan.

Sementara itu, definisi auditing adalah sebuah pemeriksaan yang dilaksanakan secara sistematis dan kritis. Di sini pihak yang melakukan auditing bersifat independen terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen, serta catatan-catatan pembukuan dan bukti pendukung.

Tujuannya agar bisa menunjukkan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan sebuah perusahaan.

Baca juga: Mudah dan Efisien Siapkan Anggaran Bulanan dengan 3 Cara Ini!

Hal yang dianggap penting dalam definisi auditing

#1 Auditor adalah – Menghimpun dan mengevaluasi secara objektif

Auditor adalah pihak yang harus menekankan objektivitas. Ketika mengumpulkan dan mengevaluasi bukti harus menjadi pihak yang netral dan objektif. Auditor tidak boleh memihak pada siapapun dan di manapun.

Auditor adalah pihak yang tidak boleh ditekan oleh pihak manapun terkait proses auditing.

#2 Sistematis

Sebuah proses auditing tidak dapat dilakukan secara acak. Artinya auditing harus dilakukan terarah, terstruktur, dan sistematis.

Dengan proses yang teratur berarti auditing dilakukan dengan perencanaan baik dan matang, selain itu jelas arahan dan tujuannya.

#3 Auditor adalah – Menentukan standar

Menentukan standar atau tingkat kesesuaian sangat penting karena ini dapat menentukan standar sebelum membandingkan dengan informasi yang terkandung dalam sebuah laporan manajemen atau laporan keuangan.

Tentunya standar ini telah memperoleh kesepakatan sebelumnya, sehingga semua auditor memperoleh standar sama untuk perbandingan ketika bekerja.

#4 Kriteria yang ditentukan

Kriteria yang ditentukan bisa berupa prosedur atau sistem yang disepakati atau ditetapkan sebelumnya.

Hal ini dapat ditentukan berupa standar keuangan, aturan tetap, pagu anggaran maupun ukuran kinerja manajemen.

#5 Menyampaikan hasil

Hasil auditing dapat disampaikan dalam bentuk laporan tertulis, dengan demikian auditor dapat menjelaskan hal dan kriteria yang harus diperbaiki dalam laporan.

Selain penting, laporan ini dapat memperkuat atau melemahkan kredibilitas asersi yang telah dibuat. Di dalam laporan keuangan, semua dapat memberikan dampak positif maupun negatif.

#6 Auditor adalah – Pemakai dan kepentingannya

Pemakai berkepentingan adalah pengambil keputusan yang menggunakan atau mengandalkan temuan laporan audit yang disampaikan.

Para pemakai laporan ini biaanya meliputi manajemen, pemerintah, investor, bank, dan juga pemegang saham.

Namun, tidak dapat dimungkiri, masyarakat atau publik juga bisa menjadi pemakai yang berkepentingan.

Sampai di sini kamu tentu telah mengerti definisi auditing dan bahwa auditor adalah pihak yang penting dalam keuangan sebuah perusahaan.

Apabila kamu memiliki sebuah perusahaan publik, adalah menjadi kewajiban perusahaanmu harus menjalankan proses auditing oleh sebuah auditor. Dengan demikian perusahaanmu akan mendapat citra bersih dan tepercaya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img