Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Luxury Item?

Barang mewah bukan merupakan kebutuhan primer. Namun, barang mewah adalah sesuatu yang dianggap sangat diinginkan dalam budaya atau masyarakat.

Permintaan barang mewah meningkat ketika kekayaan atau pendapatan seseorang meningkat.

Barang mewah adalah penanda sebuah kemakmuran. Biasanya, semakin besar persentase kenaikan pendapatan, semakin besar pula persentase kenaikan pembelian barang mewah.

Karena barang mewah adalah sesuatu yang mahal, orang kaya menjadi konsumen luxury item yang tidak proporsional. Mereka yang tidak kaya biasanya tidak membeli barang mewah karena sebagian besar pendapatan mereka digunakan untuk pengeluaran berbasis kebutuhan untuk hidup.

Luxury item dapat dianggap sebagai konsumsi yang mencolok, yaitu pembelian yang semata-mata hanya untuk memamerkan kekayaan seseorang.

Baca juga: Menimbang-nimbang, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual/Beli Emas?

Memahami luxury item: barang mewah adalah sebuah prestise

Barang-barang mewah cenderung peka terhadap pendapatan atau kekayaan seseorang. Artinya, ketika kekayaan meningkat, begitu pula pembelian barang-barang mewah.

Hasilnya, luxury item dianggap sebagai ukuran seberapa responsif permintaan suatu barang terhadap perubahan pendapatan seseorang.

Sebaliknya, jika terjadi penurunan pendapatan, permintaan luxury item akan menurun.

Misalnya, permintaan untuk TV besar definisi tinggi (HD TV) kemungkinan akan meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan karena orang memiliki penghasilan tambahan untuk berbelanja royal pada TV besar.

Namun, jika resesi teradi, yang merupakan pertumbuhan ekonomi negatif, yang menyebabkan orang kehilangan pekerjaan atau mengalami pendapatan yang lebih sedikit dengan gaji lebih rendah, permintaan akan TV HD kemungkinan menurun.

Luxury item adalah kebalikan dari barang kebutuhan atau pengeluaran kebutuhan, yaitu barang yang dibeli orang terlepas dari tingkat pendapatan atau kekayaan mereka. Makanan, air, dan utilitas yang dulu tinggal di sebuah rumah atau apartemen kemungkinan besar akan dianggap sebagai barang kebutuhan bagi kebanyakan orang.

Barang-barang mewah juga bisa mengacu pada layanan, seperti koki dan pengurus rumah tangga penuh waktu atau tinggal di dalam. Beberapa layanan keuangan juga dapat dianggap sebagai layanan mewah secara default karena orang-orang dalam kelompok berpenghasilan rendah umumnya tidak menggunakannya.

Luxury item juga memiliki kemasan mewah khusus untuk membedakan produk dari produk mainstream kategori yang sama. Tentu saja, definisi barang mewah agak subjektif, tergantung keadaan keuangan seseorang. Misalnya, seseorang mungkin menganggap mobil sebagai luxury item sementara yang lain mungkin menganggap suatu kebutuhan.

Baca juga: Bernilai Ratusan Miliar, Ini Lho 6 Rumah Mewah Tokoh Indonesia yang WOW

Barang mewah vs barang inferior

Barang inferior adalah barang yang tidak terlalu dibutuhkan ketika pendapatan seseorang meningkat. Akibatnya, elastisitas permintaan negatif. Misalnya, kopi merek toko murah kemungkinan akan mengalami peningkatan permintaan saat pendapatan masyarakat rendah.

Namun, ketika pendapatan mereka meningkat, permintaan akan kopi merek toko murah akan menurun karena orang cenderung memilih kopi yang lebih mahal dan berkualitas tinggi. Akibatnya kopi merek toko murah akan menjadi barang inferior.

Barang mewah bukanlah barang inferior. Sebaliknya, mereka adalah barang yang dipilih orang untuk dibeli ketika pendapatan mereka meningkat untuk menggantikan barang yang lebih rendah.

Sebuah luxury item bisa menjadi barang inferior pada tingkat pendapatan yang berbeda. Misalnya, jika orang kaya menjadi cukup kaya, mereka mungkin berhenti membeli mobil mewah yang jumlahnya semakin banyak untuk mulai mengumpulkan pesawat terbang atau kapal pesiar — karena, pada tingkat pendapatan yang lebih tinggi, mobil mewah akan menjadi sesuatu yang lebih rendah.

Mengenali bagaimana barang tunjukkan kualitas sebagai luxury item

Meskipun penunjukan suatu benda sebagai luxury item tidak selalu berarti kualitas tinggi, benda-benda seperti itu sering dianggap berada di ujung pasar tertinggi dalam hal kualitas dan harga.

Lalu barang apa saja yang bisa digolongkan sebagai luxury item? Meskipun barang mewah adalah berbeda dari satu orang ke orang lain, barang-barang berikut dianggap luxury item dalam suatu perekonomian:

#1 pakaian haute couture

#2 aksesori seperti perhiasan dan jam tangan kelas atas

#3 bagasi

#4 mobil kelas atas, seperti mobil sport

#5 kapal pesiar

#6 anggur

#7 rumah dan perkebunan

Sebagian dari barang mewah adalah contoh dari apa yang disebut barang veblen, yaitu barang yang permintaannya meningkat karena dianggap sebagai simbol status.

Dengan kata lain, ketika harga barang meningkat, begitu pula permintaan, ia memiliki nilai yang lebih tinggi. Hasilnya, barang veblen memiliki elastisitas permintaan harga positif. Misalnya, menaikkan harga sebotol parfum dapat meningkatkan nilai yang dipersepsikan, yang dapat menyebabkan penjualan meningkat, bukan menurun.

Barang mewah tertentu mungkin dikenakan pajak khusus. Kapal pesiar atau mobil rekreasi yang besar dan mahal tentu akan dikenakan pajak.

Pajak luxury item dianggap progresif karena biasanya hanya memengaruhi orang dengan kekayaan atau pendapatan bersih yang tinggi.

Pajak barang mewah adalah pajak penjualan yang dikenakan atas produk atau layanan tertentu yang dianggap tidak penting atau hanya dapat diakses oleh orang super kaya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

 Sumber: Investopedia

Simak juga:

Pelemahan KPK Jadikan Indonesia sebagai Surga Pajak Koruptor?

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img