Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu BAT Stocks?

BAT stock alias saham BAT merupakan kelompok saham yang terdiri dari saham Baidu Inc. (BIDU), Alibaba Group Holding Ltd. (BABA), dan Tencent Holdings Ltd. (0700. Hong Kong, TCEHY).

Ketiganya merupakan tiga saham internet besar Tiongkok yang sering disetarakan dengan anak perusahaan Alphabet Inc. Google (GOOG), Amazon.com Inc. (AMZN), dan Facebook Inc (FB).

Selain itu, BAT stock alias saham BAT sering dibandingkan dengan FANG, atau variasinya, yang terdiri dari Facebook, Amazon, Netflix Inc. (NFLX), dan Alphabet.

Banyak komentator investasi/saham serta media kerap membandingkan keberhasilan saham BAT dengan rekan mereka di Amerika, FANG atau FAANG.

Mulanya adalah FANG, yang setidaknya sejak 2013 mulai populer. Namun, akronim ini bergeser seiring waktu dengan “keberuntungan” masing-masing perusahaan. FAANG memberi ruang bagi Apple Inc. (AAPL). FAAMG menyingkirkan Netflix untuk mendukung Microsoft Corp. (MSFT).

Gagasan ini mendukung bahwa sekelompok kecil perusahaan teknologi AS duduk di puncak komando ekonomi digital. Tentu saja, ini sebelum BAT stock alias saham BAT diketahui mampu juga “menguasai” bursa saham.

Baca juga: 5 Fakta Unik Indeks Saham Amerika S&P 500

Saham BAT alias BAT stock dan medannya

Saham China telah mengalami perubahan sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Streotipe kuno mengenai China yang tidak bisa berinovasi tampaknya mesti disanggah.

Kenyataannya, saat ini kita dapat lihat bahwa Alibaba bukan sekadar “Amazon China”, Baidu bukan “Google China”, dan Tencent bukan “Facebook China”. BAT stock mulai naik daun. Sistem pembayaran yang mereka terapkan adalah bukti bagaimana perusahaan-perusahaan ini melakukan terobosan.

Ant Financial, sebuah spin-off Alibaba yang memiliki Alipay, adalah perusahaan fintech paling berharga karena satu alasan: 51% pangsa pasar pembayaran internet di China menunjukkannya mampu menangani nilai transaksi yang kira-kira sama per tahun. Angka yang sama dengan nilai transaksi yang dihasilkan oleh semua pengguna kartu kredit dan debit AS.

WeChat Tencent, layanan berkirim pesan yang populer, juga menangani pembayaran. Namun, platform ini melakukan lebih dari sekadar bertindak sebagai Venmo. Mereka menawarkan investasi dan memungkinkan pengguna membayar tagihan listrik dan membeli tiket kereta.

Pergerakan progresif saham perusahaan teknologi China

Perusahaan teknologi China telah bergerak lebih dari sekadar mengkloning perusahaan teknologi Amerika. Mereka bahkan mungkin akan segera membeli para pesaing mereka ini: regulator sedang meninjau tawaran Ant untuk membeli MoneyGram International Inc. (MGI) yang berbasis di Texas.

Tak ayal, banyak komentator dan media sering membandingkan keberhasilan BAT ini dengan FANG dan FAANG. Mereka yang skeptis cenderung menunjukkan bahwa BAT stock sering kali mengalami perubahan spekulatif. Di sisi lain, perusahaan China memiliki potensi pasar domestik yang lebih besar dan telah mengungguli perusahaan AS di beberapa bidang.

Baca juga: Apa Itu FAANG Stocks?

BAT Stock – Baidu 

Dikenal sebagai mesin pencari terbesar di China. Google meninggalkan China pada 2010, memungkinkan perusahaan China tersebut tumbuh dengan persaingan yang relatif kecil. Sekarang, menguasai sekitar 80% pangsa pasar domestik.

Mereka menawarkan ensiklopedia yang mirip dengan Wikipedia, meski izin pengeditan dikontrol lebih ketat. Layanan lainnya termasuk peta, media sosial, dan musik. Perusahaan tersebut meneliti kecerdasan buatan dan mobil yang dapat mengemudi sendiri.

BAT Stock – Alibaba

Perusahaan e-commerce ini mengoperasikan dua portal online utama: Taobao, untuk perdagangan konsumen-ke-konsumen, dan Tmall untuk mitra bisnis-ke-konsumen.

Perusahaan dalam jajaran BAT Stock ini juga telah mengembangkan layanan pembayaran yang sukses, Alipay, yang kemudian dipisahkan sebagai anak perusahaan Ant Financial. Alibaba memiliki divisi komputasi awan dan memiliki South China Morning Post.

BAT Stock – Tencent

Pemilik WeChat, layanan perpesanan dengan hampir satu miliar pengguna. Aplikasi ini mendukung layanan pembayaran populer serta sejumlah fitur lainnya, membuat FastCompany menyebutnya sebagai “aplikasi untuk segalanya” di China. Perusahaan yang menawarkan BAT Stock ini juga memiliki game online multipemain besar-besaran yang suskes seperti Clash of Clans, yang menawarkan puluhan juta pengguna.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Apa Itu NASDAQ?

Apa Itu Reksadana Indeks (Index Fund)?

Mengenal Standard and Poor, Perusahaan Pemeringkat Indeks Saham Global

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img