Berita Pasar Minggu Ini: Investor Menanti Earnings Week dan Stimulus

0
231
berita-pasar

Pasar ekuitas AS menunjukkan pergerakan yang bullish minggu lalu dengan tiga indeks utama Wall Street berakhir lebih tinggi. Indeks S&P 500 naik 3,8% minggu lalu, kenaikan mingguan terbaik sejak awal Juli. Optimisme investor kelihatannya semakin tinggi, meskipun pemilu AS kurang dari empat minggu lagi. Tapi, hal lain yang menyebabkan optimisme tersebut adalah meningkatnya harapan akan stimulus fiskal. Berita pasar apa yang dinanti minggu ini?

Investor Menanti Kelanjutan Stimulus

Investor masih menunggu tanda-tanda dari stimulus. Anggota parlemen gagal membuat kemajuan pada paket bantuan virus korona akhir pekan lalu. Baik Partai Republik dan Demokrat mengatakan mereka tidak akan mendukung proposal Gedung Putih senilai $ 1,8 triliun. Alhasil, makin kecillah kemungkinan bahwa kesepakatan stimulus ini akan dicapai sebelum pemilu Presiden AS. Kelihatannya, investor sekarang lebih bertaruh untuk paket stimulus yang mungkin akan disahkan di bulan Januari dibawah administrasi baru.

Sebenarnya, mengapa stimulus ini terus dibicarakan? Stimulus ini tentunya diperlukan untuk pemulihan ekonomi lanjutan di AS. Dapat dikatakan bahwa jika dari hasil pemilu nanti kedua partai Demokrat dan Republikan mendapat kontrol setara, maka akan ada pengeluaran anggaran yang lebih besar dari pemerintah untuk infrastruktur dan juga pake stimulus sebesar $2T. Langkah yang lebih stimulatif akan menjadi multiplier yang lebih besar lagi untuk perekonomian AS. 

Sedikit mengenai pemilu, debat wakil presiden (VP) minggu lalu tidak seperti debat Presiden sebelumnya. Sementara itu, Trump mengatakan dia tidak akan melanjutkan debat presiden ke-2 yang dijadwalkan pada 15 Oktober. Sebaliknya dia akan mengadakan rally. Biden, akan mengadakan town all dengan para voters. Angka polling pendapat terakhir (9/10) masih menunjukkan angka lebih tinggi untuk Biden di 51,6 dan Trump di 41,9. 

Baca juga: Donald Trump Dinyatakan Positif COVID-19, Bagaimanakah Kabar Pasar?

Berita Pasar Tentang Ekonomi Global

Senin ini (12/10), IMF dan Bank Dunia memulai pertemuan tahunan mereka (secara virtual). Sebagian besar ekonomi di seluruh dunia mulai pulih sedikit dari posisi terendahnya, tetapi masih belum mendekati level output sebelum Covid.

Angka PMI September menunjukkan bahwa ekonomi global terus memulih, meskipun aktivitas ekonomi di sebagian besar negara masih jauh di bawah level sebelum COVID-19. Indeks PMI komposit global berada di 52,1 untuk bulan lalu, turun sedikit dari 52,4 di bulan Agustus. Sementara laporan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi global telah melambat, ekonomi terus pulih dari titik terendah di bulan April. Meskipun ada peningkatan dalam aktivitas dan prakiraan kenaikan kuat yang sesuai dalam pertumbuhan PDB kuartal 3, tingkat PDB di kawasan utama seperti AS dan Eropa kemungkinan belum mencapai pemulihan penuh.

China adalah salah satu dari sedikit contoh pemulihan berbentuk V, yang mencerminkan fakta bahwa, meskipun virus berasal dari China, China juga merupakan negara besar pertama yang mengambil langkah dramatis untuk memerangi virus melalui penerapan awal dari aturan penguncian yang ketat. Hasilnya, ekuitas Tiongkok menjadi salah satu pasar dengan kinerja terbaik tahun ini. Ke depannya, berharap seluruh dunia tumbuh perlahan, karena sebagian besar negara terus berjuang melawan virus.

Berita Pasar: Earnings Week Kuartal 3

Musim laporan penghasilan perusahaan AS akan berlangsung minggu ini. Laporan pendapatan kuartal dua lebih bagus dari yang diharapkan, oleh karena itu ada beberapa perkiraan yang relatif positif untuk kuartal berikutnya. Apa saja laporan penghasilan yang dari perusahaan yang dipantau investor?

  • Selasa: diawali dengan laporan dari bank besar JPMorgan, Citigroup lalu Johnson & Johnson, Delta dan BlackRock.
  • Rabu: laporan dari Bank of America, Goldman Sachs, Wells Fargo, United Health, United Airlines 
  • Kamis: Morgan Stanley, Walgreens Boots Alliance
  • Jumat :  Laporan penjualan retail AS untuk September

Bank-bank besar akan memimpin dan mengeluarkan laporan. Yang perlu dilihat di sini adalah apakah bank akan terus menambah provisi kerugian pinjaman pada kecepatan yang sama seperti di bulan Juli.

Di sisi lain, ini kemungkinan akan menjadi minggu besar untuk sektor teknologi, dengan Apple (AAPL) diperkirakan akan meluncurkan iPhone 5G 12 pada hari Selasa dan Hari Prime Day Amazon (AMZN) yang terjadi pada 13-14 Oktober.

Apakah kalian sudah familiar dengan perusahaan-perusahaan yang disebut di atas? Semua perusahaan tersebut juga termasuk dalam daftar perusahaan S&P 500. Menurut analis UBS, saham sektor teknologi AS berada di harga wajar, mengingat prospek pertumbuhan pendapatan mereka (rasio P/E-to-growth saat ini untuk teknologi global sekitar 1,4x). Sembari melihat perkembangan pasar menjelang pemilu AS, rekomendasi strategi investasi yang sesuai adalah untuk tetap memiliki diversifikasi antara kelas aset.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Online Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Mulai Investasi

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here