Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Bermuda Option?

Bermuda option alias opsi bermuda adalah kontrak exotic options (berjenis eksotis) yang hanya dapat dilakukan pada tanggal yang telah ditentukan. Kerapkali, waktu yang ditentukan adalah satu hari setiap bulan.

Exotic option melayani berbagai kebutuhan yang spesifik untuk kebutuhan tertentu (niche). Sementara kontrak opsi adalah derivatif keuangan yang menunjukkan bahwa mereka memperoleh biaya dari aset dasar lain, seperti saham.

Bermuda option alias opsi bermuda memberi pembeli suatu hak, bukan kewajiban, untuk bertransaksi dalam aset acuan dengan harga berbeda. Ini sesuai dengan harga kesepakatan, pada atau sebelum tanggal tertentu di masa mendatang.

Opsi bermuda memungkinkan investor untuk membeli atau menjual sekuritas atau aset dasar dengan harga yang telah ditentukan pada tanggal tertentu serta tanggal kedaluwarsa opsi.

Ada dua tipe atau gaya opsi utama, opsi Amerika dan Eropa. Opsi Amerika dapat digunakan kapan saja antara tanggal pembelian dan tanggal kedaluwarsa. Opsi Eropa dilakukan hanya pada tanggal kedaluwarsa.

Baca juga: Apa Itu Opsi Saham?

Mengenal apa itu bermuda option

Bermuda option adalah sekuritas hibrida karena merupakan kombinasi opsi Amerika dan Eropa. Hal ini lantaran opsi ini dapat dilakukan pada tanggal kedaluwarsa (expiration date) yang disebut “expiry”.

Fitur eksotis dari opsi Bermuda memungkinkan investor untuk menggunakan opsi tersebut dan mengubahnya menjadi saham pada tanggal tertentu sebelum kedaluwarsa.

Karena itu, tanggal yang tercantum dalam persyaratan kontrak semestinya diketahui di muka selama pembelian opsi.

Seperti halnya mitra Amerika dan Eropa, Bermuda option memiliki biaya pembelian yang disebut premium. Premi mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada tanggal kedaluwarsa atau harga kesepakatan untuk opsi tersebut.

Beberapa penerapan Bermuda option barangkali mengizinkan investor untuk menggunakan opsi pada hari kerja pertama setiap bulan.

Jadi, jika strike price opsi beli investor lebih tinggi dari harga pasar saham acuan pada awal bulan, investor dapat melaksanakan dan membeli saham dengan harga kesepakatan yang lebih rendah.

Sebaliknya, jika strike price investor lebih tinggi dari harga pasar saham, maka investor dapat menjual pada strike tersebut dan mengambil saham tersebut pada harga pasar yang lebih rendah.

Akan tetapi, beberapa Bermuda option memiliki batasan tanggal kedaluwarsa awal. Bermuda option mungkin memiliki fitur opsi Eropa yang tidak dapat diterapkan hingga tanggal awal pelaksanaan (early exercise date). Setelah tanggal tersebut, opsi diubah menjadi opsi gaya Amerika dan dapat diterapkan kapan saja.

Baca juga: Apa Itu Strike Price?

Opsi bermuda: keuntungan & kerugiannya

Terdapat beberapa keuntungan dan kerugian Bermuda option. Tidak seperti opsi Amerika dan Eropa, opsi Bermuda memberi investor kemampuan untuk membuat dan membeli kontrak hibrida.

Dengan kata lain, investor diberikan kendali lebih atas kapan opsi dapat dieksekusi. Premi untuk opsi Bermuda biasanya lebih rendah daripada opsi Amerika. Namun, opsi Bermuda tidak memiliki fleksibilitas untuk diterapkan setiap saat seperti halnya opsi Amerika.

Akibatnya, opsi Amerika adalah yang paling mahal, sedangkan opsi Eropa adalah yang termurah karena menawarkan paling sedikit fleksibilitas. Biaya Bermuda option berada di antara opsi Amerika dan Eropa.

Kemungkinan kerugian Bermuda option dapat terjadi jika investor tidak mengeksekusi hingga tanggal kedaluwarsa opsi. Investor akan lebih baik membeli opsi Eropa yang lebih murah sebagai gantinya.

Selain itu, tanggal pelaksanaan tambahan dari Bermuda option tidak menjamin bahwa itu adalah tanggal terbaik untuk penerapan opsi mengingat kondisi pasar saat ini.

Contoh dunia nyata penerapan Bermuda option

Katakanlah seorang investor memiliki saham di Tesla Inc. (TSLA). Investor membeli saham tersebut dengan harga USD 250 per saham dan menginginkan asuransi terhadap penurunan harga saham perusahaan.

Investor membeli opsi jual model Bermuda yang kedaluwarsa dalam enam bulan, dengan harga kesepakatan USD 245. Biaya opsi USD 3, atau USD 300 karena setiap kontrak opsi mewakili 100 saham. Opsi tersebut melindungi posisi dari penurunan harga di bawah USD 245 selama enam bulan ke depan. Namun, fitur Bermuda option memungkinkan investor untuk menerapkan pembelian lebih awal di awal setiap bulan dimulai di bulan keempat.

Harga saham turun menjadi USD 200 dan pada hari pertama dari bulan keempat opsi, investor menjalankan opsi jual. Posisi saham telah menurun dan dijual dengan harga USD 200 sedangkan harga kesepakatan USD 245 memberikan keuntungan sebesar USD 50 dari opsi jual. Investor secara efektif keluar dari posisi pada USD 245 dikurangi biaya premi USD 300 dan komisi broker tambahan.

Namun, jika harga saham naik secara signifikan setelah eksekusi, katakanlah menjadi USD 300 pada saat opsi berakhir, investor akan kehilangan keuntungan. Meski Bermuda option memberi fleksibilitas untuk melakukan pembelian lebih awal, itu tidak berarti pilihan investor untuk membeli akan tepat atau menguntungkan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Patrick Boyle, Investopedia

Simak juga:

Harga Rumah untuk Milenial Kian Melangit, Ini Solusinya Dapatkan Rumah Idaman

Menikah VS Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Tren Borong Saham Anak Muda, Incar Saham Undervalued Saat Ekonomi Rebound

Gaya Hidup Mempengaruhi Rencana Keuangan, Pelajaran dari Generasi Z

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img