Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Break Even Price?

Break even price atau harga impas adalah jumlah uang di mana aset harus dijual untuk menutupi biaya perolehan dan kepemilikannya. Ini juga dapat merujuk pada jumlah uang yang produk atau layanannya harus dijual untuk menutupi biaya pembuatan atau penyediaannya.

Dalam perdagangan opsi, harga impas adalah harga aset dasar di mana investor dapat memilih untuk melaksanakan atau melepaskan kontrak tanpa menimbulkan kerugian.

Harga impas atau break even price menggambarkan perubahan nilai yang sesuai dengan harga untuk menutupi ongkos investasi atau biaya awal.

Untuk kontrak opsi, harga impas adalah tingkat keamanan yang mendasari ketika itu mencakup premi opsi. Dalam manufaktur, harga impas adalah harga di mana biaya untuk memproduksi suatu produk sama dengan harga jualnya.

Penetapan harga impas sering digunakan sebagai strategi bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar, tapi strategi harga impas dapat menimbulkan persepsi bahwa suatu produk berkualitas rendah.

Baca juga: Apa Itu Strike Price?

Memahami harga impas atau break even price

Harga impas dapat diterapkan ke hampir semua transaksi. Misalnya, harga impas sebuah rumah adalah harga jual di mana pemilik dapat menutupi harga pembelian rumah, bunga yang dibayarkan atas hipotek, asuransi, pajak properti, pemeliharaan, perbaikan, biaya penutupan, dan nilai penjualan real estat.

Pada harga ini, pemilik rumah cenderung tidak akan melihat untung, tapi juga tidak akan kehilangan uangnya.

Harga impas juga digunakan dalam ekonomi manajerial untuk menentukan biaya penskalaan kemampuan manufaktur produk. Biasanya, peningkatan volume produksi produk diterjemahkan menjadi penurunan harga impas karena biaya tersebar di lebih banyak kuantitas produk.

Seorang trader atau investor juga menggunakan harga impas untuk memahami ke mana harga sekuritas harus digunakan untuk membuat trading menguntungkan.

Formula break even price

Harga impas secara matematis adalah jumlah penerimaan moneter yang sama dengan jumlah kontribusi moneter. Dengan biaya pencocokan penjualan, transaksi terkait dikatakan impas, tidak mengalami kerugian dan tidak menghasilkan keuntungan dalam prosesnya.

Untuk merumuskan harga impas, seseorang cukup menggunakan jumlah total biaya bisnis atau aktivitas keuangan sebagai harga target untuk menjual produk, jasa atau aset, atau memperdagangkan instrumen keuangan dengan tujuan mencapai titik impas.

Misalnya, harga impas untuk menjual produk adalah jumlah biaya tetap unit dan biaya variabel yang dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. Jadi, jika biaya total US$ 20 untuk memproduksi suatu barang, jika dijual tepat US$ 20, itu adalah break even price.

Cara lain untuk menghitung titik impas total bagi perusahaan adalah dengan mengambil margin laba kotor dibagi dengan total biaya tetap:

Impas bisnis = margin laba kotor/biaya tetap

Untuk kontrak opsi, seperti call atau put, harga impas adalah tingkat keamanan yang mendasari yang sepenuhnya menutupi premi opsi (atau biaya). Juga dikenal sebagai titik impas atau break even point. Rumusnya untuk opsi call atau put, masing-masing:

BEP Call = harga kesepakatan + pembayaran premi

BEP Put = strike price – pembayaran premi

Baca juga: Apa Itu Volatilitas?

Strategi Harga Impas

Harga impas sebagai strategi bisnis paling umum dalam usaha komersial baru, terutama jika produk atau layanan tidak terlalu dibedakan dari pesaing. Dengan menawarkan harga impas yang relatif rendah tanpa markup margin, bisnis mungkin memiliki peluang lebih baik untuk mengumpulkan lebih banyak pangsa pasar, meski hal ini dicapai dengan tidak menghasilkan keuntungan pada saat itu.

Menjual produk dengan break even price mengasumsikan bisnis untuk memiliki sumber daya keuangan untuk mempertahankan periode pendapatan nol. Namun, setelah membangun dominasi pasar, bisnis mungkin mulai menaikkan harga ketika pesaing yang lemah tidak dapat lagi merusak upaya penetapan harga yang lebih tinggi.

Rumus berikut dapat digunakan untuk memperkirakan titik impas perusahaan:

Biaya tetap / (harga-biaya variabel) = titik impas dalam unit

Titik impas sama dengan total biaya tetap dibagi dengan selisih antara harga satuan dan biaya variabel.

Efek harga impas

Ada efek positif dan negatif dari transaksi pada harga impas. Selain mendapatkan pangsa pasar dan menyingkirkan persaingan yang ada, penetapan harga pada titik impas juga membantu menetapkan penghalang masuk bagi pesaing baru untuk memasuki pasar. Akhirnya, ini mengarah pada posisi pasar yang mengontrol, karena berkurangnya persaingan.

Namun, harga produk atau layanan yang relatif rendah dapat menciptakan persepsi bahwa produk atau layanan tersebut mungkin tidak begitu berharga, yang dapat menjadi penghalang untuk menaikkan harga di kemudian hari. Jika orang lain terlibat dalam perang harga, penetapan break even price tidak akan cukup untuk membantu mendapatkan kendali pasar. Dengan harga racing-to-the-bottom, kerugian dapat terjadi ketika break even price memberi jalan ke harga yang lebih rendah.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img