Currently set to Index
Currently set to Follow
#CerdasCuan Apa Itu Broker?

Apa Itu Broker?

DEFINISI

Broker adalah orang atau perusahaan broker yang biasanya membebankan komisi (biaya) untuk investor yang cocok yang ingin membeli atau menjual sekuritas (seperti saham atau obligasi) dengan sisi lain dari transaksi. (Robinhood Financial LLC adalah perusahaan broker, dan tidak mengenakan biaya komisi kepada pembeli atau penjual untuk melaksanakan pesanan.)

Memahami Broker

Broker adalah “mesin transaksi” yang paling umum digunakan investor untuk memperdagangkan saham, serta obligasi, opsi, reksa dana, dan banyak lagi. Untuk menjalankan bisnis dengan saham yang diperdagangkan secara publik, broker harus memiliki bisnis berlisensi (mereka harus mendaftar dengan Komisi Bursa Efek dan Otoritas Pengatur Industri Keuangan) yang memasangkan orang-orang yang ingin membeli atau menjual sejumlah keamanan tertentu dengan sisi lain dari transaksi tersebut.

Broker, yang dapat berjalan secara elektronik maupun di toko kelontong, biasanya menghasilkan pendapatan sebagian dengan membebankan biaya (alias komisi), untuk setiap keamanan yang berpindah dari orang A ke orang B. (Robinhood Financial LLC tidak mengenakan biaya sebuah komisi). FYI, mereka diwajibkan oleh hukum untuk melakukan perdagangan dengan harga terbaik yang tersedia.

CONTOH

Ada lusinan perusahaan broker di AS. Kamu memiliki Robinhood (tentu saja) serta yang lain seperti Charles Schwab, E * Trade, Interactive Brokers, dan TD Ameritrade, yang berbeda dalam hal layanan yang ditawarkan dan tingkat komisi. Untuk membeli 100 saham, kamu dapat terhubung dengan broker, yang menemukan investor yang ingin menjual 100 saham dari saham yang sama. Untuk pekerjaannya, broker dapat mengenakan biaya komisi.

Kesimpulan

Broker adalah seperti mak comblang profesional – mereka menemukan dua orang yang ingin terhubung, dan biasanya membebankan biaya untuk pekerjaan mereka …

Mereka bisa menjadi cara yang cepat, mudah, dan efisien untuk melakukan perdagangan dibandingkan dengan alternatif yang lebih rumit. Merupakan perwakilan terdaftar dan perusahaan yang menghubungkan investor yang ingin membeli atau menjual saham, obligasi, dan sekuritas lainnya dengan sisi lain dari transaksi – dan biasanya, mereka membebankan komisi untuk layanan tersebut. Mereka adalah salah satu cara utama investor membeli dan menjual sekuritas.

Ketahui Lebih Lanjut…

Apa perbedaan antara broker layanan penuh dan broker diskon?

Bagaimana cara broker menyelesaikan perdagangan?

Apa itu kliring?

Bagaimana broker berbeda dari dealer?

Apa perbedaan antara perusahaan broker dan penasihat investasi?

Apakah Ada Aturan Mengenai Broker?

Broker dan evolusi teknologi

Apa Perbedaan antara Broker Layanan Penuh dan Broker Diskon?

Jenis-jenis layanan yang ditawarkan broker dapat berkisar secara drastis dari perusahaan ke perusahaan. Tetapi umumnya, broker terbagi dalam dua kategori utama: layanan penuh dan broker diskon.

  1. Perusahaan broker dengan layanan penuh: Biasanya, perusahaan broker dengan layanan penuh mengenakan biaya lebih banyak per transaksi, tetapi mereka sering memiliki sumber daya penelitian yang luas yang dapat digunakan oleh tenaga penjualan terdaftar mereka untuk membantu memandu rekomendasi mereka. Perusahaan broker ini memiliki lisensi dan registrasi keuangan lainnya, sehingga mereka dapat menawarkan hampir semua jenis transaksi keuangan yang ingin kamu lakukan, dan mereka juga dapat menawarkan layanan keuangan lainnya seperti perencanaan investasi.
  2. Broker diskon: Sebaliknya, broker diskon seringkali lebih murah per transaksi, tetapi dapat membiarkan riset investasi sampai kepada pelanggan, atau menjadikan riset hanya tersedia di situs mereka.

Broker layanan penuh dan broker diskon memang memiliki beberapa atribut utama. Orang-orang yang mereka pekerjakan untuk menjual saham, obligasi, opsi, reksa dana, dan sekuritas lainnya, harus mendaftar ke Otoritas Pengatur Industri Keuangan (the Financial Industry Regulatory Authority – FINRA), dan mungkin memiliki jabatan seperti konsultan keuangan atau investasi.

FINRA bukan bagian dari pemerintah. FINRA adalah organisasi nirlaba yang diotorisasi oleh Kongres untuk melindungi investor Amerika dengan memastikan industri broker beroperasi secara adil dan jujur, menurut FINRA. 

Jenis sekuritas yang dapat dijual perwakilan bergantung pada ujian FINRA mana yang telah mereka lewati. Seorang perwakilan terdaftar dengan ujian Seri 6, misalnya, dapat menjual reksa dana, anuitas variabel (kontrak anuitas tangguhan pajak), dan beberapa produk serupa lainnya, sementara seseorang dengan lisensi Seri 7 dapat menjual sekuritas yang jauh lebih luas.

Fakta menarik – di luar broker adalah cara lain untuk membeli saham. Misalnya, langsung melalui perusahaan, yang terkadang menawarkan layanan itu. Tetapi umumnya, broker adalah cara termudah dan tercepat untuk membeli dan menjual saham

Bagaimana Cara Broker Menyelesaikan Perdagangan?

Broker, baik layanan penuh atau diskon, biasanya melakukan kesepakatan dengan perusahaan yang dikenal sebagai market maker, yang membeli dan menjual sekuritas untuk akun mereka sendiri. Mengapa? Perusahaan broker biasanya bisa mendapatkan penawaran yang lebih baik bagi pelanggan ketika mereka melakukan perdagangan dengan market maker versus perdagangan langsung di bursa.

Market Maker terkadang membayar broker untuk menerima volume perdagangan mereka, biasanya berdasarkan kombinasi nilai dan volume sekuritas. Para market maker ini menghasilkan uang dengan memotong apa yang dikenal sebagai sebaran perdagangan market maker – kesenjangan antara harga di mana market maker bersedia menjual saham atau sekuritas lain kepada investor (harga permintaan) dan harga di mana market maker bersedia membeli saham dari seorang investor (penawaran).

Perhatikan: broker diharuskan secara hukum untuk mencari eksekusi terbaik yang cukup tersedia untuk pesanan pelanggan mereka. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan oleh broker ketika mencari eksekusi terbaik dari pesanan pelanggan meliputi: kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih baik dari apa yang didapat saat ini, kecepatan eksekusi, dan kemungkinan perdagangan akan dieksekusi. 

Agar perdagangan dapat diselesaikan, maka perlu di-clear-kan, yang berarti dana ditransfer dari pembeli ke penjual, sekuritas pindah ke pembeli, dan transaksi dicatat. Sebagian besar perusahaan broker menyewa rumah kliring pihak ketiga untuk menyelesaikan perdagangan mereka.

Apa Itu Kliring?

Kliring adalah proses perdagangan yang harus dilalui untuk menyelesaikan sesuatu. Yang berarti untuk benar-benar mentransfer dana kepada penjual dan saham atau surat berharga kepada pembeli dan mencatat transaksi. Agar perdagangan dapat dihapus, pembeli harus memiliki jumlah dana yang sesuai di akun mereka, dan pesanan pembeli dan penjual harus konsisten. Jika perdagangan tidak jelas, ada potensi bahwa mereka dapat mengakibatkan kerugian keuangan.

Perusahaan broker biasanya bekerja dengan perusahaan eksternal yang melakukan kliring, yang dikenal sebagai perusahaan kliring. (Robinhood adalah pengecualian untuk cara ini, ia bersama dengan beberapa perusahaan broker lainnya, membangun perusahaan dan teknologi clearing house sendiri.)

Selain sebagian besar perusahaan broker, bursa efek yang memproses perdagangan juga menggunakan perusahaan kliring eksternal.

Bagaimana Broker Berbeda dari Dealer?

Broker dan dealer membeli dan menjual saham, obligasi, dan produk investasi lainnya (sekuritas), tetapi mereka berbeda dalam beberapa cara utama:

  1. Peran mereka dalam transaksi: Seorang broker memasangkan pembeli dan penjual yang ingin berdagang dengan jenis keamanan yang sama, dan kemudian membeli dan menjual sekuritas atas nama pelanggan. Sebagai perbandingan, dealer juga dapat melakukan ini. Tetapi apa yang membuat dealer menjadi dealer adalah bahwa setidaknya sebagian dari bisnisnya didasarkan pada pembelian dan penjualan atas nama akunnya sendiri.
  2. Bagaimana mereka menghasilkan uang: Sementara broker biasanya membebankan biaya yang dikenal sebagai komisi untuk mencocokkan pembeli dan penjual, dealer mengambil apa yang disebut markup atau penurunan harga. Jika dealer membeli obligasi untuk persediaannya sendiri, dan kemudian menjual obligasi itu kepada pelanggan. Markup adalah perbedaan antara apa yang dibayar broker untuk obligasi dan apa yang pelanggan bayar untuk obligasi tersebut. Demikian juga, penurunan harga terjadi ketika dealer membeli saham atau sekuritas lainnya dari pelanggan dengan harga yang lebih rendah dari nilai pasar sekuritas. Dealer biasanya diminta untuk mengungkapkan markup atau penurunan harga kepada pelanggan. Dan lagi, ilegal bagi dealer untuk membebankan komisi dan kenaikan harga.
  3. Jabatan/posisi: Ketika bertindak sebagai dealer, perusahaan biasanya dikenal sebagai pelaku, sedangkan perusahaan yang bertindak sebagai broker biasanya dikenal sebagai agen.

Cara sederhana untuk melihatnya – broker adalah lebih seperti broker real estat – menggabungkan pasangan pembeli dan penjual yang tertarik bersama-sama. Biasanya memerlukan biaya untuk melakukannya. Sedangkan dealer lebih seperti dealer mobil – ia membeli dan menjual mobil untuk lotnya sendiri. Berinteraksi dengan satu pembeli atau penjual dalam transaksi alih-alih menghubungkan pembeli atau penjual bersama.

Bisa dikatakan, sebagian besar broker juga kadang-kadang berfungsi sebagai dealer. Dan sebagian besar dealer juga kadang-kadang beroperasi sebagai broker (karena itu, ada istilah “broker-dealer”). 

Apa Perbedaan antara Perusahaan Broker dan Penasihat Investasi?

Broker dan penasihat investasi mungkin terdengar seperti hal yang sama, tetapi mereka memiliki beberapa perbedaan utama. Broker membantu mencocokkan pembeli dengan penjual untuk melakukan perdagangan dan tidak dapat mengelola portofolio investasi pelanggan tanpa lisensi tambahan. Sementara itu, penasihat investasi adalah perusahaan yang dilisensikan untuk menawarkan saran investasi. Dalam beberapa kasus, dapat membuat keputusan tentang bagaimana mengelola kekayaan pelanggan atas nama pelanggan.

Biasanya, penasihat investasi dibayar untuk pekerjaan mereka melalui biaya konsultasi. Biaya konsultasi dapat berupa biaya tetap atau persentase dari total aset yang mereka kelola. Karyawan penasihat investasi terdaftar (registered investment advisers – RIA) disebut perwakilan penasihat investasi (investment advisory representatives – IAR).

Selengkapnya tentang penasihat investasi – mereka biasanya berspesialisasi dalam membantu klien individu menyusun rencana pengelolaan kekayaan yang menyeluruh. Ini dapat mencakup segala sesuatu mulai dari perencanaan pensiun, strategi investasi, dan perencanaan pendanaan perguruan tinggi, hingga layanan perencanaan perumahan. Terkadang penasihat ini (juga disebut manajer investasi, manajer kekayaan, atau manajer aset) juga secara langsung mengelola akun investasi.

Mereka terdaftar dan diatur oleh Securities and Exchange Commision (SEC), dan juga badan pengatur negara. Manajer kekayaan diwajibkan oleh hukum untuk bertindak demi kepentingan terbaik klien mereka, yang dikenal sebagai tanggung jawab fidusia mereka. 

Apakah Ada Aturan Mengenai Broker?

Broker harus terdaftar di SEC, serta organisasi yang mengatur sendiri, yaitu FINRA. SEC secara resmi mendefinisikan broker sebagai “setiap orang yang terlibat dalam bisnis melakukan transaksi dalam sekuritas untuk akun orang lain.” Definisi ini cukup luas dimana istilah “orang” termasuk entitas dan juga individu.

Broker dan Evolusi Teknologi

Sebelum era perusahaan broker online, pembelian dan penjualan saham sebagian besar diselesaikan melalui telepon atau dengan perwakilan di kantor fisik. Biaya komisi yang terkait dengan menempatkan perdagangan sering diartikan bahwa perdagangan sekuritas individual hanya benar-benar dapat diakses oleh klien yang makmur.

Proliferasi perusahaan broker online telah membantu menurunkan komisi. Ini membuat perdagangan lebih mudah tersedia bagi orang-orang tanpa memandang pendapatan atau status keuangan mereka. Beberapa perusahaan broker dapat menurunkan biaya mereka dengan menggunakan teknologi untuk membantu mengurangi biaya mereka.

Artikel Terbaru