Currently set to Index
Currently set to Follow
#CerdasCuan Apa Itu Bundle of Rights?

Apa Itu Bundle of Rights?

Pengertian Bundle of Rights  adalah hak-hak atas tanah menjadi landasan bagi pelaksanaan pengusahaan lahan. Hak tersebut adalah hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, hak sewa, hak pengelolaan, hak membuka tanah, hak memungut hasil hutan, dan hak-hak lain (hak tanggungan).

Kepemilikan real estat mengandung seperangkat hak yang kompleks, dan konsep Bundle of Rights secara tradisional telah menjadi cara di mana hak-hak tersebut dijelaskan dan diringkas. Ini adalah fitur dari banyak tes lisensi real estat dan kelas hukum tahun pertama.

  • Seorang pembeli properti mendapatkan seikat hak bersama dengan Bundle of Rights alias hak milik.
  • Hak-hak Bundle of Rights ini umumnya memberikan kebebasan kepada pembeli untuk menggunakan properti dalam batas-batas hukum.
  • Investor properti komersial dapat berbagi beberapa hak ini dengan pihak lain.

Memahami Bundle of Rights

Pembeli rumah rata-rata dapat mengharapkan seluruh Bundle of Rights setelah kesepakatan selesai. Artinya, pembeli rumah berharap memiliki hak kepemilikan, kendali, pengecualian, kenikmatan, dan disposisi.

Baca juga: PHK di Depan Mata, Berapa Banyak Uang Pesangon yang Bisa Kamu Terima?

Namun, hak-hak ini dapat dipecah dan diberikan kepada pihak yang berbeda. Ini biasanya berlaku untuk pembelian properti komersial dan investasi.

Misalnya, pembeli properti sewaan mungkin memiliki hak yang dibatasi oleh hukum dan peraturan pemilik-penyewa setempat.

Pemilik properti etalase dapat berbagi hak tertentu dengan penyewa yang menjalankan bisnis di sana.

Bagaimanapun, seikat hak pemilik real estat hanya dapat dilaksanakan dengan batasan banyak undang-undang lainnya.

Misalnya, hak kenikmatan pemilik rumah tidak dapat dilaksanakan di luar batas undang-undang pengendalian kebisingan setempat.

Tipe Hak Milik

Hak milik hanya menyatakan bahwa pemegang hak adalah pemilik sah dari properti tersebut.

Hak Kontrol

Pemegang hak dapat menggunakan properti dengan cara apa pun yang tidak ilegal. Dalam praktiknya, asosiasi pemilik rumah (bila ada) dapat memberlakukan pembatasan tambahan pada apa pun mulai dari ornamen taman hingga kepemilikan hewan peliharaan, meskipun aturan ini bukan hukum.

Hak Pengecualian

Hak pengecualian memungkinkan pemegang hak untuk membatasi siapa yang boleh memasuki properti. Yang ini hanya memiliki sedikit batasan. Kemudahan mungkin ada yang mengizinkan akses ke jalur utilitas dapat menggantikan hak ini. Surat perintah yang mengizinkan penggeledahan properti mengalahkan hak pengecualian.

Hak Kenikmatan

Hak kenikmatan menegaskan hak pemegang hak untuk berpartisipasi dalam aktivitas apa pun yang menurutnya menyenangkan saat berada di properti. Ini mengasumsikan, sekali lagi, bahwa kegiatan tersebut halal.

Terakhir, Hak Disposisi

Hak disposisi melindungi hak pemegang hak untuk mengalihkan kepemilikan, secara permanen atau sementara, kepada pihak lain. Hak ini sepenuhnya direalisasikan hanya jika properti dimiliki secara langsung dan tidak digadaikan. Pengecualian juga berlaku jika properti tunduk pada hak gadai.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Artikel Terbaru