Currently set to Index
Currently set to Follow

Bursa Saham AS dan Harga Bitcoin Cetak Rekor!

Bursa saham AS memulai bulan terakhir di tahun 2020 ini dengan optimisme. Ekuitas global juga mengalami kenaikan, begitupun harga Bitcoin. Dengan perkembangan vaksin COVID-19 yang terus berlanjut, seberapa bullish-kah pergerakan pasar?

Optimisme Pasar di Awal Desember

Awal Desember dimulai dengan bursa saham AS yang mencapai level tertinggi terbaru. Indeks S&P 500 dan NASDAQ naik 1% pada perdaganan Selasa (2/12) dengan masing-masing menyentuh level 3.670 dan 12.400. Pasar didukung oleh momentum positif di sektor teknologi, termasuk kenaikan lebih dari 3% untuk saham Apple, Facebook dan Tesla.

Di pasar saham AS sendiri, investor telah menarik sejumlah dana yang mencetak rekor dari reksa dana dan ETF pada bulan Oktober. Investor mulai beralih pada sektor pemulihan dan pasar saham, tertama saham teknologi. Untuk saat ini, kita dapat memantau seberapa lama bullish pada pasar ini akan bertahan.

Tak hanya pasar saham AS yang bullish. Ekuitas global juga mengalami bulan terbaik sejak 1988 karena dua hal. Pertama, berita menjanjikan bahwa vaksin virus corona akan disetujui sebelum akhir tahun.

Kedua, masyarakat yang tetap bersatu setelah pemilihan presiden AS, meskipun Donald Trump masih belum mengakui hasil pemilu, setelah hampir sebulan sesudah hari pemilu.

Baca juga: Elon Musk Salip Bill Gates di Daftar Orang Terkaya Dunia

Pasar juga mempertimbangkan kabar dari kelompok bipartisan anggota parlemen Kongres AS. Mereka meluncurkan proposal bantuan virus korona senilai US$908 miliar pada hari Selasa, ketika kepemimpinan menghadapi tekanan yang meningkat untuk mencapai kesepakatan.

Kerangka RUU akan memberikan tambahan US$160 miliar untuk negara bagian dan kota, yang merupakan prioritas utama bagi Demokrat. Juga US$180 miliar untuk asuransi pengangguran dan US$288 miliar untuk bantuan bisnis kecil lainnya melalui Program Perlindungan Gaji.

Tunjangan pengangguran akan turun menjadi US$300 seminggu selama 18 minggu, berlaku surut hingga 1 Desember. Itu adalah setengah dari US$600 per minggu yang termasuk dalam CARES Act mulai akhir Maret.

RUU tersebut juga termasuk miliaran bantuan untuk industri terkait transportasi seperti maskapai penerbangan. Sebanyak US$16 miliar untuk pengembangan dan distribusi vaksin, dan lebih banyak dana untuk hal-hal seperti sekolah, penitipan anak dan Layanan Pos.

Perkembangan Vaksin

Selain itu, sentimen pasar juga didorong oleh kemajuan vaksin virus corona dan berita positif tentang potensi paket bantuan virus corona. Regulator Inggris Raya menyetujui vaksin mRNA Pfizer dan BioNTech satu hari setelah negara itu mencabut lockdown.

Sebanyak 800.000 dosis vaksin Pfizer akan tersedia di Inggris mulai minggu depan, yang akan diprioritaskan untuk kelompok rentan. Vaksin tersebut cukup untuk memberikan sebanyak 400.000 orang kekebalan tingkat tinggi.

Perkembangan Pasar Lainnya

Kabar positif lainnya datang dari Tesla. Tesla akan bergabung dengan S&P 500 sekaligus dengan bobot full-fload adjusted sebelum pasar dibuka pada 21 Desember. Hal ini dilakukan bukan dalam dua tahap terpisah.

Ini terlepas dari kapitalisasi pasarnya yang besar (US$592 miliar) dan volume perdagangan yang sangat besar yang akan dipicu pada hari itu dengan dana indeks memberi ruang untuk saham. Indeks S&P Dow Jones mengatakan keputusan tersebut dibuat setelah berkonsultasi dengan komunitas investasi.

Bitcoin, mata uang kripto terbesar di dunia, mencapai titik tertinggi sepanjang masa hari Selasa (1/12) di US$19.845, merangkum puncaknya sekitar tiga tahun lalu. Analis menunjuk pada komitmen yang lebih besar dari pemain keuangan besar — ​​seperti PayPal dan Square — untuk mendorong reli 40% bulan lalu.

Di sisi lain, dolar AS mengalami bulan terburuk sejak Juli. Ini merupakan pertanda bahwa investor muai menjauh dari aset safe haven dan beralih pada aset yang lebih berisiko.

Baca juga: Analisis Harga Bitcoin, Ethereum, dan Ripple di Tahun 2020

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dengan harga paling kompetitif di pasaran! Terjangkau dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Produk investasi emas dan S&P 500 index futures di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Sementara transaksi aset kripto di Pluang melalui platform Zipmex yang terjamin keamanannya. Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img