Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Callable Bond?

Kamu tentu pernah mendengar tentang bond (obligasi)? Namun, pernahkah kamu mendengar tentang callable bond alias obligasi yang dapat dipanggil? Callable bond adalah sesuatu yang dikenal juga sebagai obligasi yang dapat ditebus.

Meski terdengar menyeramkan, namun sebenarnya definisi callable bond cukup sederhana dan mudah dipahami.

Dilansir Investopedia, callable bond adalah obligasi yang dapat ditebus oleh pihak penerbit sebelum mencapai tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Callable bond yang dapat ditarik memungkinkan perusahaan penerbit untuk melunasi hutangnya lebih awal.

Sebuah bisnis dapat memilih untuk membatalkan obligasi mereka jika suku bunga bergerak lebih rendah, yang akan memungkinkan mereka untuk meminjam kembali dengan tingkat yang lebih menguntungkan.

Callable bond dengan demikian mengkompensasi investor untuk potensi itu karena mereka biasanya menawarkan tingkat bunga atau tingkat kupon yang lebih menarik karena sifatnya yang dapat ditarik.

Baca juga: Apa Itu Global Bond?

Callable bond adalah obligasi yang menguntungkan penerbitnya

Callable bond sangat menguntungkan penerbitnya, sehingga investor dari obligasi ini diberikan kompensasi dengan tingkat bunga yang lebih menarik daripada obligasi serupa namun tidak dapat ditarik.

Sederhananya, callable bond adalah instrumen utang yang penerbitnya berhak mengembalikan pokok investor dan menghentikan pembayaran bunga sebelum obligasi tanggal jatuh tempo. Korporasi dapat menerbitkan obligasi untuk mendanai ekspansi atau untuk melunasi pinjaman lainnya.

Jika mereka mengharapkan suku bunga pasar turun, mereka dapat menerbitkan obligasi sebagai callable bond, memungkinkan mereka untuk melakukan pelunasan lebih awal dan mengamankan pembiayaan lain dengan suku bunga yang lebih rendah. Penawaran obligasi akan menentukan ketentuan kapan perusahaan dapat menarik kembali catatan tersebut.

Ada banyak ragam variasi callable bond. Penebusan opsional memungkinkan penerbit menebus obligasi sesuai dengan persyaratan saat obligasi diterbitkan. Namun, tidak semua obligasi dapat dibatalkan. Misalnya, obligasi negara tidak dapat dipanggil, meskipun ada beberapa pengecualian.

Sebagian besar obligasi kota dan beberapa obligasi korporasi dapat dipanggil atau ditarik. Obligasi kota memiliki fitur panggilan yang dapat dijalankan setelah jangka waktu tertentu seperti 10 tahun.

Bagaimana obligasi jenis ini ditebus penerbitnya?

Dana penebusan pelunasan mengharuskan penerbit untuk mematuhi jadwal yang ditetapkan saat menebus sebagian atau seluruh hutangnya. Pada tanggal tertentu, perseroan akan menyetorkan sebagian obligasi kepada pemegang obligasi.

Dana pelunasan membantu perusahaan menghemat uang dari waktu ke waktu dan menghindari pembayaran sekaligus dalam jumlah besar pada saat jatuh tempo. Sebuah dana pelunasan memiliki obligasi yang diterbitkan ketika beberapa di antaranya dapat ditarik oleh perusahaan untuk melunasi hutangnya lebih awal.

Penebusan luar biasa memungkinkan penerbit menarik obligasi sebelum jatuh tempo jika peristiwa tertentu terjadi, seperti jika proyek yang didanai rusak atau hancur.

Proteksi panggilan mengacu pada periode ketika obligasi tidak dapat dipanggil. Penerbit harus mengklarifikasi apakah obligasi dapat ditarik dan persyaratan yang tepat dari opsi beli, termasuk kapan jangka waktu kapan obligasi dapat ditarik.

Baca juga: Fokus Investasi di Obligasi? Ini 4 Strategi Jitu untuk Mengelola Portofoliomu

Keuntungan dan kerugian dari callable bond

Callable bond biasanya membayar kupon atau suku bunga yang lebih tinggi kepada investor ketimbang obligasi yang tidak dapat ditarik. Perusahaan yang mengeluarkan produk ini juga mendapatkan keuntungan.

Jika tingkat bunga pasar turun lebih rendah dari tingkat yang dibayarkan kepada pemegang obligasi, bisnis dapat membatalkan catatan tersebut. Mereka kemudian dapat membiayai kembali hutang dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Fleksibilitas ini biasanya lebih menguntungkan bagi bisnis daripada menggunakan pinjaman berbasis bank.

Namun, tidak setiap aspek dari callable bond menguntungkan. Penerbit biasanya akan memanggil obligasi saat suku bunga turun. Panggilan ini membuat investor terpapar untuk mengganti investasi pada tingkat yang tidak akan menghasilkan tingkat pendapatan yang sama.

Sebaliknya, ketika harga pasar naik, investor bisa tertinggal ketika dananya terikat pada produk yang membayar harga lebih rendah. Akhirnya, perusahaan harus menawarkan kupon yang lebih tinggi untuk menarik investor. Kupon yang lebih tinggi ini akan meningkatkan biaya keseluruhan untuk mengambil proyek atau perluasan baru.

Kelebihan dan kekurangan

Callable bond adalah jenis obligasi yang memiliki kelebihan dan kekurangan, ada pro ada kontra seperti ini:

Pro

  • Kupon atau tingkat bunga yang lebih tinggi
  • Hutang yang dibiayai investor lebih fleksibel bagi penerbit
  • Membantu perusahaan meningkatkan modal
  • Fitur panggilan memungkinkan penarikan kembali dan pembiayaan kembali hutang

Kontra

  • Investor harus mengganti obligasi yang disebut dengan produk tingkat rendah
  • Investor tidak dapat mengambil keuntungan saat harga pasar naik
  • Tingkat kupon lebih tinggi meningkatkan biaya bagi perusahaan

Sebagai contoh, katakanlah kupon obligasi 6% diterbitkan dan akan jatuh tempo dalam lima tahun. Seorang investor membeli senilai $10.000 dan menerima pembayaran kupon 6% x $10.000 atau $600 setiap tahun. Tiga tahun setelah penerbitan, tingkat suku bunga turun menjadi 4%, dan penerbit memanggil obligasi. Pemegang obligasi harus menyerahkan obligasi untuk mendapatkan kembali pokoknya, dan tidak ada bunga lagi yang dibayarkan.

Dalam skenario ini, pemegang obligasi tidak hanya kehilangan pembayaran bunga yang tersisa tetapi juga tidak mungkin mereka dapat mencocokkan kupon 6% asli. Situasi ini dikenal sebagai risiko investasi kembali. Investor mungkin memilih untuk berinvestasi kembali dengan tingkat bunga yang lebih rendah dan kehilangan potensi pendapatan.

Juga, jika investor ingin membeli obligasi lain, harga obligasi baru bisa lebih tinggi dari harga callable bond asli. Dengan kata lain, investor mungkin membayar harga yang lebih tinggi untuk hasil yang lebih rendah. Akibatnya, obligasi yang dapat ditarik mungkin tidak sesuai bagi investor yang mencari pendapatan stabil dan pengembalian yang dapat diprediksi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img