Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Capital Gain?

DEFINISI

Capital gain adalah jumlah kenaikan harga aset saat kamu membelinya hingga saat kamu menjualnya. 

Memahami Capital Gain

Capital gain diwujudkan ketika investor menjual aset, seperti saham, dengan harga lebih tinggi dari harga yang dibayarkan untuk membelinya. Ketika suatu aset tidak dijual, tetapi hanya dipegang pada harga yang lebih tinggi dari apa yang dibayarkan, seorang investor dikatakan memiliki modal yang belum direalisasi, atau keuntungan dari kertas.

Kerugian modal, di sisi lain, terjadi ketika suatu aset dijual dengan harga kurang dari apa yang dibayarkan untuk itu. 

CONTOH

Jika kamu membeli saham di Apple, Inc (AAPL) pada awal 2015, kamu akan membayar sekitar $ 109,33 per saham. Katakanlah, kamu menjual saham awal 2019, kamu akan menerima sekitar $ 157,92 per saham. Karena itu, 

Harga jual (per saham) – Harga pembelian (per saham) = Keuntungan modal (per saham) $ 157,92 – $ 109,33 = $ 48,59 per saham

Lebih lanjut,

Capital gain (per saham) x Jumlah saham = Total capital gain

Dengan menggunakan contoh Apple di atas, inilah keuntungan modalmu seandainya kamu membeli dan menjual sepuluh saham: 

$ 48,59 x 10 = $ 485,90

Kesimpulan

Ingat bertukar kartu bisbol saat kecil …

Capital gain adalah keuntungan yang kamu peroleh dari penjualan satu kartu yang kamu tahu kamu akan perdagangkan karena bisa menghasilkan lebih banyak uang daripada yang kamu bayarkan untuk itu.

Ketahui lebih lanjut …

Apa itu capital gain?

Perbedaan antara capital gain jangka pendek dan jangka panjang

Bagaimana cara menghitung pajak capital gain?

Cara meminimalkan pajak capital gain

Berapa tingkat capital gain pada tahun 2019? 

Apa Itu Capital Gain?

Capital gain adalah sama dengan keuntungan yang diperoleh dari penjualan aset dikurangi biaya apa pun. Jumlah ini dikenakan pajak oleh Internal Revenue Service (IRS) (dan berpotensi oleh otoritas pajak lokal, seperti negaramu).

Apa Itu Pajak Capital Gain?

Pajak capital gain adalah uang yang terutang kepada IRS ketika seorang investor mendapat untung dari suatu investasi. Beberapa negara juga dapat mengenakan pajak tambahan atas capital gain.

Undang-undang seputar perpajakan untuk capital gain sangat rumit. Pajak terutang atas capital gain tergantung pada durasi suatu aset dipegang, laba direalisasikan pada penjualannya, dan segala biaya penyeimbangan. Itu juga tergantung pada tingkat pendapatan investor dan status pengarsipan. Jenis aset tertentu, seperti barang koleksi tunduk pada aturan yang berbeda (dibahas di bawah).

Beberapa aset berwujud, seperti rumahmu, dapat untuk tujuan praktis sebagian atau bahkan seluruhnya dibebaskan dari pajak capital gain. Dalam hal sebuah rumah, selama seorang investor telah tinggal di dalamnya selama dua dari lima tahun terakhir sebelum penjualan, dia mungkin dibebaskan dari $ 250.000 dalam keuntungan (atau $ 500.000 jika mengajukan bersama dengan pasangan).

Baca juga: Apa Itu Pasar Uang?

Secara umum, keuntungan modal dari aset yang dimiliki kurang dari setahun dikenakan pajak sebagai pendapatan biasa. Aset yang dimiliki selama lebih dari setahun dikenakan pajak pada tingkat capital gain. Selanjutnya, ada tiga jenis aset yang memiliki aturan sendiri:

  • Stok bisnis kecil yang memenuhi syarat: Keuntungan pada jenis tertentu dari stok usaha kecil dikenakan pajak sebagai penghasilan biasa hingga maksimum 28% sebagaimana ditentukan dalam Bagian 1202 dari kode pajak.
  • Barang koleksi: Aset koleksi, seperti koin, seni, logam mulia, dikenakan pajak sebagai penghasilan biasa hingga maksimal 28%.
  • Bagian 1250 real estat: Real estat tertentu yang telah terdepresiasi pada tahun-tahun sebelum dijual dan sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam bagian 1250 dikenakan pajak pada tingkat maksimum 25%. IRS Pub 544 adalah tempatmu dapat mempelajari lebih lanjut tentang situasi ini.

Untuk gambaran yang lebih komprehensif tentang aturan pajak capital gain, lihat Publikasi IRS 550.

Perbedaan antara Capital Gain Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Perbedaan antara keuntungan modal jangka pendek dan jangka panjang terletak pada berapa lama suatu aset dimiliki sebelum dijual. Jika dijual untuk mendapat untung, aset yang dimiliki kurang dari satu tahun menghasilkan keuntungan modal jangka pendek. Laba yang direalisasikan pada penjualan aset yang dimiliki selama lebih dari satu tahun dianggap sebagai keuntungan modal jangka panjang. 

Keduanya berbeda karena IRS mengenakan pajak secara berbeda. Keuntungan modal jangka pendek dikenai pajak sebagai pendapatan biasa, sedangkan keuntungan modal jangka panjang dihitung sebagai pendapatan investasi dan memiliki tingkat pajak capital gain sendiri.

Baca juga: Apa Itu Liabilitas?

Tarif jangka panjang ini sangat mirip dengan ambang pajak penghasilan biasa, tetapi ambang dan tarifnya berbeda. Salah satu perbedaan yang paling signifikan adalah bahwa tarif pajak tertinggi atas capital gain hanya 20% pada tahun 2019, dibandingkan dengan tingkat tertinggi 37% untuk pendapatan, meskipun rumah tangga berpenghasilan tinggi dapat membayar pajak tambahan 3,8%.

Keuntungan dan kerugian jangka panjang dan jangka pendek dapat digunakan untuk saling mengimbangi di tahun tertentu. Misalnya, jika kamu memiliki capital gain jangka panjang $ 1.000 tahun ini dan kerugian jangka pendek $ 200, kamu memiliki keuntungan jangka panjang bersih $ 800 yang akan dikenakan pajak sesuai tarif pajak capital gain yang berlaku.

Namun, harap perhatikan aturan tambahan untuk transaksi semu (wash sale) jika kamu menjual atau memperdagangkan sekuritas dengan kerugian dan dalam waktu 30 hari sebelum atau setelah penjualanmu  membeli sekuritas yang secara substansial identik, memperoleh sekuritas yang secara substansial identik dalam perdagangan yang sepenuhnya terkena pajak, atau memperoleh kontrak atau opsi. untuk membeli sekuritas yang secara substansial identik. 

Bagaimana Cara Menghitung Pajak Capital Gain?

Pajak capital gain dapat dihitung berdasarkan dua hal:

  •   Jumlah laba yang dihasilkan dari penjualan aset dalam periode pajak tertentu
  •   Kurva pajak keuntungan modal yang diterima investor berdasarkan status pendapatan dan pengarsipan

Sebagai permulaan, seorang investor harus menjaga akuntansi dari setiap aset yang dijual dan menentukan apakah penjualan menghasilkan keuntungan atau kerugian modal. Untuk menghitung untung atau rugi, kurangi harga jual dari harga beli. Saat berurusan dengan beberapa saham, harga dapat dikalikan dengan jumlah saham yang dijual:

Total keuntungan atau kerugian Modal = (Harga pembelian x # saham) – (Harga jual x # saham) – Setiap biaya (komisi, bunga margin, dll.)

Untuk keperluan pajak, perhitungan ini harus dilakukan untuk setiap aset yang dijual, apakah itu saham, real estat, atau koleksi, seperti karya seni.

Setelah keuntungan atau kerugian telah dihitung, mereka dapat disortir ke dalam kategori jangka pendek dan jangka panjang. (Perhatikan bahwa persiapan pajak modern akan melakukan ini untukmu, tetapi mari kita masuk lebih dalam di sini untuk terus memahami bagaimana capital gain direalisasikan.)

Memang mungkin bahwa dalam penjualan banyak aset, seorang investor mengalami keuntungan dan kerugian. Dalam situasi seperti itu, keuntungan dan kerugian bersih dapat dihitung. Sebagai contoh, jika seorang investor memperoleh keuntungan jangka panjang $ 400 dan juga kerugian jangka panjang $ 500, kerugian jangka panjang bersih akan berjumlah $ 100. 

Selanjutnya, seorang investor perlu merekonsiliasi keuntungan dan kerugian jangka panjang vs jangka pendek. Kerugian jangka panjang $ 100 bersih dan keuntungan jangka pendek $ 800 adalah keuntungan jangka pendek $ 700. 

Jika hasil bersih adalah keuntungan atau kerugian jangka pendek, itu akan dikenakan pajak pada tarif pajak marjinal berdasarkan pendapatan dan status pengarsipan. Jika hasil bersih adalah keuntungan jangka panjang, itu akan dikenakan pajak pada tingkat kenaikan modal berdasarkan pendapatan investor dan status pengarsipan. Kehilangan modal jangka panjang dapat digunakan untuk mengimbangi pendapatan biasa hingga batas $ 3.000.

Baca juga: Mulai Investasi dengan Risiko Kecil, Sudah Coba 5 Jenis Investasi Ini Belum?

Jika seorang investor mengalami kerugian tahunan bersih kurang dari $ 3.000, maka ia dapat memotongnya dari penghasilan kena pajak reguler dan melanjutkan. Sementara jika kerugian melebihi $ 3.000, seorang investor dapat mengurangi $ 3.000 dari pendapatan reguler mereka dan membawa sisanya ke tahun pajak berikutnya ($ 1.500 jika menikah mengajukan secara terpisah).

Apabila kerugian bersihmu adalah kerugian jangka pendek dan jangka panjang gabungan, kamu mulai menerapkan kerugian jangka pendek terlebih dahulu, membawa saldo lebih dari $ 3.000 ke tahun depan bersama dengan kerugian jangka panjangmu.

Mari kita perhatikan contoh hipotetis berikut. Katakanlah kamu baru saja menjual 1.000 saham ACME Corporation (perusahaan fiktif) masing-masing seharga $ 120. Kamu telah membeli saham ini tiga tahun lalu masing-masing seharga $ 100. Total keuntungan modal jangka panjang dari penjualan adalah $ 20.000 {($ 120 x 1.000) – $ 100 x 1.000). Kamu juga membeli sebidang real estat tahun ini seharga $ 325.000 dan kemudian harus segera menjualnya seharga $ 300.000. Jumlah ini merupakan kerugian jangka pendek $ 25.000 ($ 300.000 – $ 325.000.) 

Tahun ini kamu memiliki keuntungan jangka panjang $ 20.000, kerugian jangka pendek $ 25.000, dan kerugian jangka pendek bersih $ 5.000. Dari $ 5.000 itu, kamu hanya bisa mengimbangi pendapatan regulermu dengan $ 3.000, jadi $ 2.000 akan terbawa ke tahun depan sebagai kerugian jangka pendek.

Baca juga: Apa Itu Kebijakan Fiskal?

Misalkan kamu telah membuat keuntungan jangka panjang $ 25.000 dan kerugian jangka pendek $ 20.000. Dalam hal ini, kamu memiliki keuntungan jangka panjang bersih $ 5.000. Untuk mengetahui berapa banyak kamu berutang, kami memerlukan beberapa informasi tambahan seperti penghasilanmu dan status pengarsipan. 

Misalkan kamu mengajukan sebagai lajang dan kamu memiliki $ 38.374 penghasilan biasa. Untuk pajak capital gain jangka panjang, pendapatan hingga $ 39.375 tidak dikenakan pajak capital gain, dan pendapatan dari $ 39.375 hingga $ 434.5500 akan dikenakan pajak sebesar 15%. Ini berarti keuntungan modal $ 1.000 pertamamu tidak akan dikenakan pajak, sampai kamu mencapai batas $ 39.375. $ 4.000 yang tersisa akan dikenakan pajak pada tingkat 15%, yang berarti kamu akan berutang $ 600 pajak ($ 4.000 x 0,15).

Cara Meminimalisir Pajak Capital Gain

Pajak capital gain dapat diminimalisir dengan menahan apresiasi investasi selama lebih dari satu tahun. Ambang batas pendapatan untuk tingkat keuntungan modal jangka panjang serupa dengan yang untuk pendapatan reguler. Tetapi tarif pajak lebih rendah untuk keuntungan jangka panjang. Ini berarti biasanya merupakan kepentingan terbaik bagi seorang investor untuk dikenakan pajak dengan tarif jangka panjang.

Strategi lain adalah menunggu selama setahun di mana pendapatan biasa relatif rendah untuk merealisasikan capital gain. Semakin rendah penghasilan biasa, semakin rendah total pendapatan gabungan biasa dan modal. Karena tabel pajak capital gain menggunakan total pendapatan ini untuk menentukan kewajiban pajakmu, menyadari keuntungan dalam setahun di mana kamu memperoleh kurang dari normal dalam pendapatan biasa dapat menghasilkan beban pajak yang lebih rendah dari capital gainmu. 

Baca juga: Apa Itu Modal Kerja?

Selain itu, kamu dapat menggunakan akun yang diuntungkan pajak seperti (401 (k)) dan Akun Pensiun Individual (IRA) untuk melindungi keuntungan modalmu dari dikenai pajak. Capital gain yang terjadi dari pembelian dan penjualan dalam akun ini (tetapi tidak mengeluarkan uang) tidak dikenakan pajak. IRA tradisional dan 401 (k) menunda pajak sampai kamu mulai melakukan penarikan. Roth IRA dan Roth 401 (k) menggunakan uang yang dikenakan pajak sebelum diinvestasikan untuk tumbuh bebas pajak dan ditarik bebas pajak. 

Satu pendekatan lagi adalah merealisasikan kerugian investasi secara strategis yang ingin kamu singkirkan untuk mengimbangi keuntungan yang direalisasikan. Strategi ini dikenal sebagai pemanenan rugi pajak dan umum terjadi di akhir tahun karena orang mencari cara untuk menurunkan beban pajak mereka.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Perusahaan Incaranmu Melantai di Bursa Saham? Ini Tips dan Trik Membeli Saham IPO

Panen Untung dari Investasi Emas: Grafik GLD Sejak 2007 hingga 2020

Tetap Tenang di tengah Fluktuasi Pasar Akibat COVID-19, Ini 3 Triknya

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img