Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Capital Investment?

Pengertian Capital Investment adalah sejumlah uang yang harus disediakan untuk pembuatan, konstruksi dan mengoperasikan pabrik untuk beberapa waktu.

Ada 2 cara untuk menaksir besarnya capital investment sebuah pabrik. Yaitu: pre-design estimate atau taksiran kasar dan Firm estimate atau taksiran konkrit atau nyata.

  • Pre-design estimate
    Pada penaksiran pre-design estimate adalah cara yang paling sederhana karena data yang digunakan sangat kurang sekali.
  • Firm estimate
    Penaksiran dengan cara firm estimate adalah cara menaksir capital investment dengan menggunakan data yang lebih lengkap yang berkaitan dengan: spesifikasi peralatan, bangunan, alat-alat listrik, alat-alat control dan lainnya. Untuk menaksir capital investment yang mendekati kenyataan maka data masing-masing peralatan. seperti: alat proses produksi, alat transportasi bahan dan lain-lainnya harus diketahui secara detail. Penaksiran harga alat tersebut akan didasarkan pada gambar, blue print yang lengkap dan paling mutakhir. Kesalahan pada cara penaksiran ini bisa tidak lebih dari 10% dari harga sebenarnya. Oleh sebab itu dengan sangat banyaknya kebutuhan data akan menyebabkan biaya investasi akan menjadi besar. Ada dua cara menaksir untuk menaksir harga dengan cara quotasi, yaitu:
    • Purchased plant cost, yaitu suatu cara menaksir capital investment dengan cara langsung bertanya harga suatu pabrik yang berkaitan dengan spesifikasi atau lain-lainnya
    • Proses, yaitu suatu cara menaksir capital investment berdasarkan desain yang dibuat, meliputi: memilih proses, membuat material balance, energy balance, sehingga akan didapatkan spesifikasi peralatan sehingga akan didapatkan purchased plant cost.

Baca juga: Mau Coba Investasi Reksadana? Berikut 5 Manajer Investasi yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Kekurangan Capital Investment

Pilihan pendanaan pertama untuk investasi modal selalu merupakan arus kas operasi perusahaan sendiri. Tetapi itu mungkin tidak cukup untuk menutupi biaya yang diantisipasi. Kemungkinan besar perusahaan akan menggunakan pembiayaan dari luar untuk menutupi kekurangan internal.

Investasi modal dimaksudkan untuk menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang, tetapi tetap saja dapat memiliki kerugian jangka pendek. Investasi modal yang intensif dan berkelanjutan cenderung mengurangi pertumbuhan pendapatan dalam jangka pendek.

Dan itu tidak pernah menjadi langkah populer di kalangan pemegang saham perusahaan publik. Selain itu, jumlah total utang yang dimiliki perusahaan dalam pembukuan adalah angka yang diawasi ketat oleh pemilik dan analis saham.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img