Currently set to Index
Currently set to Follow

Prinsip dan Cara Membuat Anggaran

Seringkali istilah anggaran berseliweran di jagat maya. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan anggaran dan bagaimana cara membuat anggaran belanja itu? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini!

Di serial #CerdasCuan ini, topik yang akan kamu pelajari adalah

Apa sih yang Dimaksud dengan Anggaran?

Anggaran merupakan sebuah cara sederhana untuk membantu kamu memahami pemasukan dan pengeluaran rutinmu. Ini juga berfungsi untuk menunjukkan jika kamu telah menghabiskan lebih atau kurang dari yang kamu targetkan.

Anggaran akan membantu kamu mengatur keuangan agar kamu fokus ke hal yang paling penting, misalnya agar kamu tidak kewalahan saat membayar tagihan dan mulai mengarah kepada tujuan keuanganmu di masa depan

Dengan kata lain, cara membuat anggaran adalah sebuah sistem yang membantu kamu dalam mengatur kehidupan dan mempermudah jadwalmu secaara terstruktur.

Mengapa Kamu Perlu Tahu Cara Membuat Anggaran?

Anggaran bisa membantumu mengatur prioritas keuangan dan mencapai keseimbangan dalam menabung, berinvestasi, dan pengeluaran kebutuhan lainnya.

Jika penghasilanmu cukup untuk membayar semua tagihan dan masih ada yang tersisa, maka anggaran dapat membantumu untuk memaksimalkan tabungan dan investasimu. Namun jika penghasilanmu pas-pasan, maka anggaran dapat membantumu untuk mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu.

Jadi anggaran dapat membantumu untuk mengatur keuangan seperti saat membayar tagihan dan merencanakan pengeluaran yang besar.

Bagaimana cara membuat anggaran? 

Sebelum lebih jauh, kamu harus mengetahui prioritas keuanganmu. Apa sih tujuan keuanganmu? Karena tujuan finansial setiap orang bisa berbeda-beda. (contoh: berhemat, membayar utang, atau untuk menabung dan investasi) 

Selain itu, kamu juga harus tahu seberapa besar niat kamu untuk melakukannya (contoh: waktu yang diperlukan dan syarat-syarat lainnya)

Lalu, hitunglah total penghasilanmu, pilih jenis perencanaan anggaran, lacak progresmu dan tinjau kembali seperlunya.

Strategi dan cara membuat anggaran

  • Zero-sum budgeting: cara kerja penganggaran zero-sum adalah dengan menggunakan pendapatan riil bulan lalu untuk membayar pengeluaran bulan ini
  • Penganggaran uang tunai: untuk melakukan semua penganggaran kamu dalam bentuk uang tunai. Misalnya dengan mencairkan cek kamu dan kemudian langsung menggunakan uang tunai itu untuk semuanya
  • Penganggaran proporsional: untuk membagi semua pengeluaran kamu menjadi tiga kategori – kebutuhan (utilitas dasar), tabungan, dan keinginan (apa pun di luar kebutuhan dasar Anda). Contohnya: sistem 50/30/20 budgeting yang membantu kamu mengalokasi dana kamu.
50/30/20 budgeting
50% dari uang kamu untuk keperluan -> biaya sewa, asuransi kesehatan, dll.
30% dari uang kamu untuk keinginan -> makan di luar, liburan, konser, dll.
20% dari uang kamu untuk tabungan -> tabungan pensiun, dana darurat, atau tabungan untuk tujuan lain
  • Penganggaran otomatis: untuk mengatur semua tagihan Anda untuk dibayar secara otomatis mendekati batas waktu, serta mengatur transfer tabungan yang terjadi secara otomatis

Prinsip dalam membuat anggaran

  • Membuat anggaran itu membutuhkan waktu dan kesabaran
  • Melacak pengeluaran kamu sangat berguna, bahkan meskipun kamu sangat awam dengan angka
  • Bersikap konservatif: Cobalah mengamankan keuanganmu dengan cenderung seolah-olah pemasukanmu itu kecil dan lebih memperhitungkan kembali apa yang kamu keluarkan.
  • Bersikap realistis agar kamu tidak menjadi putus asa ketika tak bisa mencapai target anggaranmu
  • Tujuan dari anggaran yang baik akan mendorong kamu untuk mengubah satu atau dua rutinitas sekaligus dalam hidupmu.

Ingat juga #sobatcuan, cara membuat anggaran setiap orang itu berbeda, dan kamu memiliki wewenang penuh untuk mengatur uang kamu.

Yuk, uji pengertianmu mengenai anggaran!

powered by Typeform

Artikel Terbaru