Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Cash Back?

Uang kembali atau cash back adalah istilah yang mengacu pada jenis transaksi keuangan dengan pengembalian. Ini umumnya terjadi dalam penggunaan kartu kredit dan debit yang semakin populer dalam dua dekade terakhir.

Pemegang kartu debit dan kartu kredit memperoleh manfaat dari pengembalian atau cash back ini, tergantung pada jumlah yang dibelanjakan untuk setiap pembelian.

Umumnya pemegang kartu yang melakukan transaksi telah mengetahui bahwa cash back adalah pengembalian yang akan mereka terima, baik secara tunai maupun dengan poin saldo.

Kebanyakan pemegang kartu kredit hari ini justru mencari manfaat pengembalian dana ini ke rekening mereka.

Pengembalian uang ini juga dapat merujuk pada praktik menagih jumlah di atas harga pembelian pada kartu, dan menerima uang tambahan secara tunai saat itu juga.

Baca juga: Apa Itu Free Cash Flow?

Cash back adalah pengembalian yang umumnya diincar pemegang kartu kredit

Program cash back telah bermula sejak tahun 1990-an. Dan kini, hampir setiap penerbit kartu kredit besar menawarkan fitur tersebut setidaknya pada satu produknya.

Cash back adalah insentif bagi pelanggan yang menggunakan kartu mereka, terutama jika mereka menggunakannya lebih sering. Begitu pula program reward ini ditujukan bagi para pemegang kartu yang baru terdaftar.

Tidak seperti poin hadiah tradisional, yang hanya dapat digunakan untuk membeli barang atau jasa tertentu, cash back adalah pengembalian yang diterima secara tunai.

Pemegang kartu kerap menggunakan pengembalian tunai ini untuk dipertahankan dalam kas mereka untuk membantu pembayaran tagihan kartu bulanan. Atau, mereka juga dapat memilih untuk menerima pengembalian uang secara tunai, baik disetorkan langsung ke rekening koran ataupun dalam bentuk cek.

Pelopor pengembalian lewat cash back adalah kartu Discover yang diluncurkan pada 1986. Mereka memperkenalkan konsep “uang kembali” atau persentase hadiah uang.

Pengembalian umumnya berkisar dari 1% hingga 3% dari sebuah transaksi. Namun, beberapa pengembalian dapat naik hingga 5%. Beberapa transaksi juga menawarkan hadiah berlipat melalui kemitraan dagang.

Jadi, pembelian di pedagang/merchant tertentu dapat memberi pemegang kartu pengembalian yang lebih daripada pembelian di tempat lain.

Baca juga: Dana Darurat: Bagaimanakah Cara Mempersiapkannya?

Variasi dari pengembalian tunai yang ditawarkan penerbit kartu

Faktanya, penerbit kartu kredit sering menawarkan tingkat cash back adalah hal yang variatif. Ini tergantung pada jenis pembelian atau tingkat transaksi. Contohnya, pemegang kartu dapat memperoleh pengembalian hingga 3% dari pembelian bahan bakar, 2% untuk bahan makanan, dan 1% untuk semua pembelian lain.

Seringkali promosi khusus mungkin berlaku selama tiga bulan, selama pembelanjaan dalam kategori tertentu, seperti restoran atau department store. Promosi yang sama juga menghasilkan persentase pengembalian dana yang lebih tinggi untuk periode itu.

Biasanya, pemegang kartu harus mencapai level transaksi tertentu agar memenuhi syarat untuk mendapatkan cash back atau keuntungan lainnya. Kerap kali, harganya kecil, sekitar USD 25, tetapi bervariasi dari satu kartu ke kartu lainnya.

Beberapa perusahaan kartu juga mengizinkan pengembalian cash back adalah sebagai hal yang lazim. Pengembalian ini dapat diperoleh untuk pembelian tertentu, termasuk travel/perjalanan, pembelian elektronik, atau program insentif kemitraan.

Dalam menerapkan cash back, perusahaan kartu kredit hanya membagikan sebagian dari biaya transaksi yang dibebankan pedagang kepada konsumen.

Kartu dengan cash back adalah kartu yang biasanya membebankan biaya dan bunga minimal, sembari menawarkan tingkat hadiah atau pengembalian uang tunai yang tinggi.

Uang kembali di tangan

Dengan kartu debit dan beberapa kartu kredit yang menawarkan program cash back, konsumen dapat memperoleh kesempatan menerima uang kembali dengan segera di supermarket atau lokasi lain.

Penerbit kartu dapat meminta pedagang untuk menambahkan jumlah tertentu ke harga pembelian dan menerima jumlah tambahan ini secara tunai.

Penyedia layanan sering melakukan ini, sehingga pelanggan atau konsumen beranggapan bahwa mereka menerima uang kembali dari transaksi yang mereka lakukan. Pada pokoknya, cash back adalah program insentif yang memberikan keuntungan kepada para konsumen.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Creative Lead

0

Pluang Pagi – Jumat 17 September 2021

0

Head Of Human Resources

0
spot_img