Currently set to Index
Currently set to Follow
#CerdasCuan Apa Itu Coinsurance?

Apa Itu Coinsurance?

Apa itu coinsurance? Coinsurance adalah jumlah, umumnya dinyatakan sebagai persentase tetap, yang diasuransikan harus membayar klaim setelah deductible terpenuhi.

Dalam asuransi kesehatan, ketentuan coinsurance mirip dengan ketentuan pembayaran bersama, kecuali pembayaran bersama mengharuskan tertanggung untuk membayar sejumlah dolar yang ditetapkan pada saat layanan.

Coinsurance biasanya membagi biaya dengan pemegang polis 80/20 persen. Dengan coinsurance, tertanggung harus membayar deductible sebelum perusahaan menutupi 80% tagihannya.

Berbeda dengan paket copay di mana pemegang asuransi memperoleh kemudahan untuk menganggarkan biaya sendiri karena jumlahnya tetap. Beberapa polis asuransi properti berisi ketentuan coinsurance.

Baca juga: Apa Itu Asuransi?

Cara kerja coinsurance

Salah satu kerusakan coinsurance yang paling umum adalah pembagian 80/20. Berdasarkan ketentuan rencana coinsurance 80/20, tertanggung memiliki tanggung jawab atas 20% dari biaya medis, sementara perusahaan asuransi membayar 80% sisanya.

Namun, syarat-syarat ini hanya berlaku setelah tertanggung mencapai syarat out-of-pocket deductible number.

Selain itu, sebagian besar polis asuransi kesehatan menyertakan jumlah maksimum sendiri yang membatasi jumlah total yang dibayarkan tertanggung untuk perawatan dalam periode tertentu.

Contoh dari coinsurance adalah sebagai berikut. Asumsikan kamu mengambil polis asuransi kesehatan dengan provisi asuransi koin 80/20, deductible $1.000, dan maksimum out-of-pocket $5.000.

Sayangnya, kamu memerlukan operasi rawat jalan di awal tahun dengan biaya $5.500. Karena kamu belum memenuhi deductible kamu, maka kamu harus membayar $1.000 pertama dari tagihan.

Setelah memenuhi $1.000 yang dapat dikurangkan, kamu hanya akan bertanggung jawab atas 20% dari sisa $4.500 atau $900. Perusahaan asuransi kamu akan menanggung 80% sisa saldo.

Ketentuan jaminan

Jika kamu memerlukan prosedur mahal lainnya di akhir tahun, ketentuan jaminan kamu sebelumnya telah memenuhi pengurangan tahunan kamu.

Selain itu, karena kamu telah membayar total $1.900 dari kantong selama jangka waktu polis, jumlah maksimum yang harus kamu bayarkan untuk layanan selama sisa tahun ini adalah $3.100.

Setelah kamu mencapai batas maksimum $5.000, perusahaan asuransi kamu bertanggung jawab untuk membayar hingga batas polis maksimum, atau manfaat maksimum yang diperbolehkan berdasarkan polis tertentu.

Baik copay atau coinsurance memiliki ketentuan cara perusahaan asuransi menangani penyebaran risiko antara orang-orang yang terjamin.

Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan bagi konsumen. Karena polis coinsurance memerlukan deductible sebelum perusahaan menanggung biaya apapun, pemegang polis menanggung lebih banyak biaya di muka.

Di sisi lain, kemungkinan besar out-of-pocket maksimum akan tercapai di awal tahun, sehingga perusahaan asuransi menanggung semua biaya untuk sisa masa polis.

Paket copay menyebarkan biaya perawatan selama setahun penuh dan membuat prediksi biaya medis kamu lebih mudah.

Paket pembayaran bersama mengenakan biaya kepada tertanggung sejumlah tertentu pada saat setiap layanan.

Selain bervariasi tergantung pada jenis layanan yang kamu terima. Misalnya, kunjungan ke dokter perawatan primer mungkin memiliki biaya tambahan $20. sedangkan kunjungan ruang gawat darurat mungkin berbiaya $100.

Layanan lain seperti perawatan pencegahan dan pemeriksaan dapat membawa pembayaran penuh tanpa pembayaran bersama.

Polis copay kemungkinan akan mengakibatkan tertanggung membayar untuk setiap kunjungan medis.

Baca juga: Apa Itu Money Laundering?

Coinsurance asuransi properti

Klausul coinsurance dalam polis asuransi properti mensyaratkan bahwa rumah diasuransikan dengan persentase dari total uang tunai atau nilai penggantinya.

Biasanya persentase ini adalah 80%, tetapi penyedia yang berbeda mungkin memerlukan persentase cakupan yang berbeda-beda.

Jika struktur tidak diasuransikan ke tingkat ini dan pemilik harus mengajukan klaim atas risiko yang ditanggung, penyedia dapat mengenakan denda jaminan koin kepada pemilik.

Sebagai contoh, jika properti memiliki nilai $200.000 dan penyedia asuransi memerlukan jaminan koin 80%, pemilik harus memiliki perlindungan asuransi properti sebesar $160.000.

Pemilik dapat menyertakan klausul pengabaian coinsurance dalam polis. Pengabaian klausul coinsurance melepaskan persyaratan pemilik rumah untuk membayar coinsurance.

Umumnya, perusahaan asuransi cenderung melepaskan coinsurance hanya jika ada klaim yang cukup adil. Namun, dalam beberapa kasus, polis dapat mencakup pengabaian jaminan koin jika terjadi kerugian total.

Coinsurance adalah jumlah yang harus dibayar tertanggung terhadap klaim asuransi kesehatan setelah deductible terpenuhi. Sementara itu, coinsurance juga berlaku untuk tingkat asuransi properti yang harus dibeli oleh pemilik pada struktur untuk cakupan klaim.

Coinsurance berbeda dari copay, karena copay pada umumnya merupakan jumlah dolar yang ditetapkan yang harus dibayar tertanggung pada saat setiap layanan. Ketentuan copay dan coinsurance adalah cara bagi perusahaan asuransi untuk menyebarkan risiko di antara orang-orang yang diasuransikannya.

Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan bagi konsumen.

Setelah mengetahui perbedaan copay dan coinsurance, kamu tentu sekarang bisa menentukan mana yang lebih baik saat harus memilih asuransi. Baik asuransi kesehatan atau asuransi properti.

Bijaklah dalam memilih asuransi, ya. Pilihlah yang paling pas dengan kondisimu dan kondisi keuanganmu saat ini.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Artikel Terbaru