Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Command Economy?

Pengertian Command Economy adalah sistem di mana pemerintah, bukan pasar bebas, yang menentukan barang apa yang harus diproduksi. Berapa banyak yang harus diproduksi, dan harga di mana barang tersebut ditawarkan untuk dijual.

Ini juga menentukan investasi dan pendapatan. Command Economy adalah fitur kunci dari masyarakat komunis mana pun.

Kuba, Korea Utara, dan bekas Uni Soviet adalah contoh negara yang memiliki ekonomi komando, sementara China mempertahankan Command Economy selama beberapa dekade sebelum beralih ke ekonomi campuran yang menampilkan elemen komunistik dan kapitalistik.

Karakteristik Lain dari Command Economy

Dalam ekonomi komando, pejabat pemerintah menetapkan prioritas ekonomi nasional, termasuk bagaimana dan kapan menghasilkan pertumbuhan ekonomi. Bagaimana mengalokasikan sumber daya untuk produksi, dan bagaimana mendistribusikan output yang dihasilkan.

Seringkali ini berbentuk rencana tahun jamak yang mencakup seluruh perekonomian. Pemerintah yang menjalankan ekonomi komando menjalankan bisnis monopoli. Atau entitas yang dianggap perlu untuk memenuhi tujuan perekonomian nasional.

Dalam kasus ini, tidak ada persaingan domestik di industri tersebut. Contohnya termasuk lembaga keuangan, perusahaan utilitas, dan sektor manufaktur.

Baca juga: Jadi Warga Negara Baik, Ketahui Jenis Pajak yang Berlaku di Indonesia Ini

Terakhir, semua peraturan perundang-undangan dan arahan lainnya ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan rencana pusat.

Semua bisnis mengikuti rencana itu dan targetnya, dan tidak dapat menanggapi kekuatan atau pengaruh pasar bebas apa pun.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img