Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Convertible Bond?

Apa itu convertible bond? Convertible bond adalah sekuritas utang perusahaan pendapatan tetap yang menghasilkan pembayaran bunga, tetapi dapat diubah menjadi saham biasa atau saham ekuitas yang telah ditentukan sebelumnya.

Konversi dari obligasi menjadi saham dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu selama umur obligasi dan biasanya atas kebijakan pemegang obligasi.

Convertible bond adalah sebuah sekuritas hybrid. Maka, pengertian convertible bond adalah harganya sangat sensitif terhadap perubahan suku bunga, harga saham yang mendasarinya, dan peringkat penerbit kredit.

Apa itu convertible bond? Convertible bond adalah jenis obligasi yang menawarkan kepada investor jenis keamanan hibrida yang memiliki fitur obligasi.

Fitur itu misalnya pembayaran bunga, sementara juga memiliki opsi untuk memiliki saham yang mendasarinya. Jadi apakah kamu sudah mengerti dengan apa itu convertible bond?

Baca juga: Apa Itu Global Bond?

Convertible bond adalah pilihan pembiayaan fleksibel

Umumnya convertible bond adalah pilihan pembiayaan yang fleksibel bagi perusahaan. Convertible bond menawarkan kepada investor sejenis keamanan hibrida, yang memiliki fitur obligasi seperti pembayaran bunga sekaligus memberikan kesempatan untuk memiliki saham.

Rasio konversi obligasi ini menentukan berapa banyak saham yang bisa kamu peroleh dari konversi satu obligasi. Misalnya, rasio 5:1 berarti satu obligasi akan dikonversi menjadi lima saham biasa.

Harga konversi adalah harga per saham di mana keamanan convertible, seperti obligasi korporasi atau saham disukai, dapat dikonversi menjadi saham biasa. Harga konversi ditetapkan saat rasio konversi ditentukan untuk keamanan yang dapat dikonversi.

Rasio dan harga konversi dapat ditemukan dalam obligasi perjanjian untuk obligasi konversi atau dalam sekuritas prospektus untuk saham preferen yang dapat dikonversi.

Convertible bond adalah jenis obligasi yang memberi investor pilihan untuk menahan obligasi sampai jatuh tempo atau mengubahnya menjadi saham.

Memahami pergerakan convertible bond

Jika harga saham mengalami penurunan sejak tanggal penerbitan obligasi, investor dapat menahan obligasi hingga jatuh tempo dan mendapatkan bayaran sesuai nilai nominalnya.

Jika harga saham naik secara signifikan, investor dapat mengubah obligasi menjadi saham dan menahan atau menjual saham sesuai kebijakan mereka.

Idealnya, seorang investor ingin mengubah obligasi menjadi saham ketika keuntungan dari penjualan saham melebihi nilai nominal obligasi ditambah jumlah pembayaran bunga tersisa.

Convertible bond adalah wajib harus dikonversi oleh investor pada rasio konversi tertentu.

Di sisi lain, convertible bond yang dapat dibalik memberi perusahaan hak untuk mengubah obligasi menjadi saham ekuitas atau menyimpan obligasi sebagai investasi pendapatan tetap hingga jatuh tempo.

Jika obligasi dikonversi, itu dilakukan dengan harga yang telah ditetapkan dan rasio konversi.

Baca juga: Apa Itu Bond Valuation?

Manfaat dan kerugian dari convertible bond

Penerbitan convertible bond adalah sebuah bentuk bantuan untuk perusahaan meminimalkan sentimen investor negatif yang akan mengelilingi penerbitan ekuitas. Setiap kali perusahaan menerbitkan saham atau ekuitas tambahan, itu menambah jumlah saham yang beredar dan melemahkan kepemilikan investor yang ada.

Perusahaan mungkin menerbitkan convertible bond untuk menghindari sentimen negatif. Pemegang obligasi kemudian dapat mengkonversi menjadi saham ekuitas jika perusahaan berkinerja baik.

Penerbitan convertible bond adalah juga dapat membantu memberikan keamanan kepada investor jika terjadi gagal bayar. Convertible bond melindungi pokok investor dari sisi negatifnya, tetapi memungkinkan mereka untuk berpartisipasi secara positif jika perusahaan yang mendasarinya berhasil.

Sebuah perusahaan pemula misalnya, mungkin memiliki proyek yang membutuhkan modal dalam jumlah besar yang mengakibatkan kerugian pendapatan jangka pendek. Namun, proyek tersebut harus mengarahkan perusahaan pada profit di masa depan.

Investor convertible bond dapat memperoleh kembali sebagian pokok mereka setelah kegagalan perusahaan sementara mereka juga dapat memperoleh keuntungan dari apresiasi modal, dengan mengubah obligasi menjadi ekuitas, jika perusahaan berhasil.

Investor dapat menikmati komponen nilai tambah yang dibangun ke dalam convertible bond yang pada dasarnya mereka adalah obligasi dengan opsi saham, terutama opsi panggilan.

Pergerakan convertible bond

Opsi beli adalah perjanjian yang memberikan hak kepada pembeli opsi—bukan kewajiban—untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen lain dengan harga tertentu dalam periode tertentu.

Namun, convertible bond cenderung menawarkan tingkat kupon yang lebih rendah atau tingkat pengembalian sebagai ganti nilai opsi untuk mengubah obligasi menjadi saham biasa.

Perusahaan mendapatkan keuntungan karena mereka dapat menerbitkan utang dengan tingkat bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan penawaran obligasi tradisional.

Namun, tidak semua perusahaan menawarkan convertible bond. Selain itu, sebagian besar convertible bond dianggap berisiko atau lebih tidak stabil daripada instrumen pendapatan tetap pada umumnya.

Setelah memahami pengertian convertible bond, sekarang yang harus dipahami adalah sisi pro dan kontra dari obligasi ini.

Pro:

  • Investor menerima pembayaran bunga suku bunga tetap dengan opsi untuk mengkonversi ke saham dan mendapatkan keuntungan dari apresiasi harga saham.
  • Investor mendapatkan keamanan risiko default karena pemegang obligasi dibayar sebelum pemegang saham biasa.
  • Perusahaan mendapat keuntungan dengan meningkatkan modal tanpa segera mendilusi saham mereka.

Kontra:

  • Karena opsi untuk mengubah obligasi menjadi saham biasa, mereka menawarkan tingkat kupon yang lebih rendah.
  • Menerbitkan perusahaan dengan sedikit atau tanpa pendapatan — seperti pemula — menciptakan risiko tambahan bagi investor convertible bond.
  • Dilusi saham terjadi jika obligasi dikonversi menjadi saham, yang dapat menekan harga saham dan dinamika EPS.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img