Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Cost Benefit Analysis?

Cost benefit analysis atau analisis biaya-manfaat kerap digunakan untuk menganalisis keputusan bisnis. Cost benefit analysis adalah perhitungan yang dilakukan dengan menjumlahkan manfaat suatu situasi atau tindakan dan lantas mengurangi biaya yang terkait dan pengambilan tindakan itu.

Beberapa konsultan atau analis juga membangun model cost benefit analysis ini dengan menetapkan nilai dolar pada barang tidak berwujud, seperti manfaat dan biaya yang terkait dengan tinggal di kota tertentu.

Cost benefit analysis adalah proses yang digunakan untuk mengukur manfaat dari keputusan atau pengambilan tindakan. Pendasaran cost benefit analysis menggunakan metrik keuangan seperti pendapatan serta biaya yang dihemat.

CBA juga dapat mencakup manfaat dan biaya tidak berwujud atau efek dari keputusan seperti kinerja karyawan ataupun kepuasan pelanggan.

Dengan mempertimbangkan semua opsi dan potensi peluang yang terlewat, analisis biaya-manfaat alias CBA ini lebih menyeluruh dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Baca juga: Minimalisir Risiko Investasi dengan Strategi Dollar Cost Averaging, Begini Caranya!

Mengenali proses cost benefit analysis adalah perhitungan yang lengkap manfaat

Analisis biaya-manfaat alias cost benefit analysis adalah analisis yang harus dimulai dengan menyusun daftar lengkap dari semua biaya dan manfaat terkait proyek atau keputusan.

Biaya yang terlibat dalam CBA termasuk hal-hal berikut ini:

  • Biaya langsung, seperti ongkos tenaga kerja langsung yang terlibat dalam produksi, inventaris, bahan mentah, dan biaya produksi
  • Penghitungan biaya tidak langsung, termasuk listrik, biaya overhead dari manajemen, sewa, utilitas
  • Biaya keputusan tidak berwujud, seperti dampak pada pelanggan, karyawan, atau waktu pengiriman
  • Serta biaya peluang seperti investasi alternatif, pembelian pabrik versus pembangunannya
  • Biaya risiko potensial seperti risiko regulasi, persaingan, dan dampak lingkungan

Manfaat dari cost benefit analysis adalah di antaranya:

  • Pendapatan dan penjualan meningkat dari peningkatan produksi atau produk baru
  • Manfaat tidak berwujud, seperti peningkatan keselamatan dan moral karyawan, serta kepuasan pelanggan karena penawaran produk yang ditingkatkan atau pengiriman lebih cepat
  • Keunggulan kompetitif atau pangsa pasar yang diperoleh sebagai hasil dari keputusan

Seorang analis atau manajer proyek harus menerapkan pengukuran moneter untuk semua item dalam daftar biaya-manfaat. Ini perlu dilakukan dengan sangat berhati-hati untuk tidak meremehkan biaya atau melebih-lebihkan manfaat.

Pendekatan konservatif dengan upaya sadar untuk menghindari kecenderungan subjektif saat menghitung perkiraan paling cocok saat dilakukan penelapan nilai. Jadi, pada saat itulah cost benefit analysis adalah adalah untuk melakukan penghitungan dan analisis biaya-manfaat.

Hasil dari biaya dan manfaat agregat harus dibandingkan secara kuantitatif untuk menentukan apakah manfaat lebih besar daripada biaya. Jika demikian, maka keputusan rasionalnya adalah melanjutkan proyek.

Kalau tidak, bisnis harus meninjau proyek untuk melihat apakah dapat membuat penyesuaian untuk meningkatkan manfaat atau mengurangi biaya untuk membuat proyek layak. Jika tidak, perusahaan kemungkinan besar harus menghindari proyek tersebut.

Baca juga: Mengenal Konsep Dollar Cost Averaging

Sejumlah prakiraan dan batasan analisis biaya-manfaat

Karena cost benefit analysis adalah proses yang melibatkan penghitungan biaya dan manfaat, ada sejumlah prakiraan yang dibangun dalam proses. Karenanya, jika ada prakiraan yang tidak akurat, hasilnya dapat dipertanyakan.

Jadi, apa saja batasan analisis biaya-manfaat? Untuk proyek yang melibatkan pengeluaran modal tingkat kecil hingga menengah dan pendek hingga menengah dalam waktu penyelesaian, analisis biaya-manfaat yang mendalam mungkin cukup untuk membuat keputusan rasional.

Sedangkan untuk proyek yang sangat besar dengan jangka waktu panjang, cost benefit analysis adalah analisis yang mungkin gagal. Mengapa? Karena ia mungkin gagal memperhitungkan masalah keuangan penting seperti inflasi, suku bunga, arus kas yang bervariasi, dan nilai uang saat ini.

Metode analisis penganggaran modal alternatif, termasuk nilai bersih saat ini, mungkin justru lebih sesuai untuk situasi terkini. Konsep nilai sekarang menyatakan bahwa sejumlah dana pada saat ini lebih berharga daripada menerima jumlah tersebut di masa depan karena uang hari ini dapat diinvestasikan sehingga kita dapat memperoleh pendapatan.

Akan tetapi, dengan sejumlah jenis model yang digunakan dalam melakukan cost benefit analysis, ada sejumlah prakiraan yang dibangun ke dalam model.

Perkiraan cost benefit analysis adalah yang mencakup pendapatan atau penjualan di masa depan. Begitu juga penjumlahan tingkat pengembalian alternatif, biaya yang diharapkan, hingga arus kas masa depan yang diharapkan. Karenanya, analisis ini berlaku baik untuk proyek jangka panjang.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Siapkan Dana Cadangan untuk Keadaan Darurat, Ini 6 Langkahnya

Menimbang-nimbang, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual/Beli Emas?

Cara Mengelola Risiko Investasi Emas

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Bagaimana Caranya?

spot_img

Artikel Terbaru

Product UX Copywriter

0

Partnerships Manager

0

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0
spot_img