Currently set to Index
Currently set to Follow
#CerdasCuan Apa Itu Credit Union (Koperasi)?

Apa Itu Credit Union (Koperasi)?

DEFINISI

Koperasi atau Credit Union adalah organisasi nirlaba yang menawarkan layanan keuangan – seperti rekening giro dan tabungan, pinjaman, serta kartu kredit – yang dimiliki oleh pemilik rekening.

 Memahami Credit Union (Serikat Kredit)

Koperasi atau Credit Union adalah lembaga keuangan yang menawarkan berbagai layanan yang dilakukan bank, seperti rekening giro dan tabungan, pinjaman, serta kartu kredit. Yang membedakannya adalah credit union dimiliki oleh pemegang akun (anggota) bukan pemegang saham eksternal.

Setiap orang yang memiliki akun berbagi di credit union dan mendapatkan suara di dalam menjalankannya. Credit union adalah organisasi nirlaba yang diawasi oleh dewan sukarela yang dipilih oleh para anggotanya. Kepemilikan komunitas berarti credit union terkadang dapat menawarkan biaya yang lebih rendah, suku bunga yang lebih tinggi, dan layanan yang lebih personal daripada bank tradisional.

Di sisi lain, mereka sering memiliki lebih sedikit lokasi dan produk, serta mungkin tidak memiliki teknologi terbaru. Sementara bank  melayani masyarakat umum, keanggotaan dalam credit union terbatas pada pemberi kerja, wilayah, atau afiliasi dengan kelompok tertentu. Namun, ada beberapa batasan yang lebih luas sehingga pada kenyataannya siapa pun dapat bergabung.

CONTOH

Katakanlah Sally ingin membuka rekening tabungan, jadi dia mengunjungi cabang bank nasional setempat. Ketika dia melihat perjanjian akun, dia memperhatikan bahwa akun tersebut memiliki persyaratan saldo minimum dan biaya bulanan yang tinggi. Biaya ini digunakan  bank untuk menghasilkan pendapatan bagi pemegang sahamnya.

Akhirnya, Sally memutuskan untuk pergi ke credit union lokal. Credit union menawarkan akun berbagi. Akun ini berfungsi seperti rekening tabungan tetapi juga memberinya bagian dalam kepemilikan credit union dan memberinya satu suara di dalam menjalankannya.

Akun berbagi memiliki persyaratan saldo minimum yang lebih rendah, biaya yang lebih rendah, dan tingkat bunga yang lebih tinggi. Credit union dapat menawarkan kelebihan ini karena tidak perlu lagi mengkhawatirkan bagaimana cara memberikan keuntungan bagi pemegang saham eksternal.

Kesimpulan

Credit union adalah ibarat taman komunitas …

Sekelompok orang memiliki sebidang tanah kecil (credit union), dan setiap orang membawa benih sendiri (setoran tunai). Keanggotaan di taman dibatasi untuk kelompok tertentu. Dalam hal ini, orang yang tinggal di lingkungan tersebut. Setiap orang yang menanam benih, berapapun jumlahnya, memiliki kepemilikan yang sama di taman dan  mendapat satu suara.

Bersama-sama, kelompok tersebut menyewa tukang kebun untuk merawat tanaman mereka (staf credit union). Beberapa anggota secara sukarela mengawasi kebun secara keseluruhan (dewan direksi sukarela). Kemudian, semua orang di dalam kelompok tersebut akan mendapatkan manfaat dari hasil panennya.

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa itu credit union?

Mengapa orang menggunakan koperasi?

Bagaimana cara kerja credit union atau koperasi?

Apa saja persyaratan keanggotaannya?

Kelebihan dan kekurangan serikat kredit?

Apa yang harus diketahui sebelum bergabung dengan credit union

Apa Itu Credit Union?

Credit Union adalah lembaga keuangan yang dalam beberapa hal mirip seperti bank. Mereka menawarkan rekening giro, rekening tabungan, sertifikat setoran (CD), pinjaman, kartu kredit, dan produk keuangan lainnya. Yang membuatnya berbeda dari bank adalah struktur kepemilikannya. 

Credit union adalah organisasi nirlaba yang dimiliki dan dikendalikan oleh anggotanya. Kamu sering mendengar rekening tabungan di dalam credit union yang disebut “akun berbagi,” sejak membuka akun yang memberi hak untuk menjadi anggota dan berbagi dalam kepemilikan credit union.

Biasanya, setiap pemegang akun berbagi akan mendapat satu saham dan satu suara, terlepas dari berapa banyak yang mereka setorkan. Dewan direksi credit union terdiri dari sukarelawan yang dipilih oleh anggota. Credit union biasanya terbuka bagi orang-orang yang bekerja pada atasan tertentu, tinggal di daerah tertentu, atau berafiliasi dengan kelompok tertentu, seperti gereja. Dana Asuransi Saham Credit Union Nasional melindungi simpanan hingga $ 250.000 per institusi seandainya ada credit union yang gagal.

Sebaliknya, bank biasanya dimiliki oleh individu atau institusi yang tidak selalu menjadi klien bank. Mereka melayani pelanggan, bukan anggota, dan tidak memiliki suara dalam menjalankannya. Bank biasanya mencari laba dan terbuka untuk masyarakat umum. Bank diawasi oleh dewan yang bertanggung jawab kepada pemegang saham bank, bukan nasabahnya. Federal Deposit Insurance Corporation, adalah sebuah agen pemerintah independen, yang melindungi deposito hingga $ 250.000 – per rekening – jika bank gagal.

Mengapa Orang Menggunakan Serikat Kredit?

Sederhananya, beberapa orang memilih credit union karena nyaman. Jika credit union mengoperasikan banyak cabang dan ATM di daerah kamu, mungkin saja credit union menjadi lembaga keuangan yang paling mudah diakses. Struktur kepemilikan yang unik dari credit union adalah alasan lain mengapa banyak orang memilih untuk menggunakannya.

Karena credit union dimiliki oleh anggota, mereka sering menawarkan suku bunga pinjaman dan kartu kredit yang lebih rendah, dan yang lebih tinggi pada rekening giro atau tabungan, daripada bank tradisional. Terkadang, juga lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman atau kartu kredit dengan credit union jika kamu memiliki masalah dalam sejarah keuanganmu, karena mereka mungkin lebih bersedia untuk mengevaluasi individu berdasarkan kasus per kasus.

Sejak credit union terikat pada suatu komunitas, mereka juga dapat menawarkan layanan pelanggan yang lebih personal. Beberapa orang juga lebih suka menggunakan credit union karena mendukung lembaga nirlaba lokal, bukan perusahaan besar, yang selaras dengan nilai-nilai mereka. 

Bagaimana Cara Kerja Credit Union atau Koperasi?

Sebagian besar credit union berfungsi seperti bank. Mereka menawarkan layanan serupa, seperti rekening giro dan tabungan, hipotek, pinjaman pribadi, kartu kredit, dan masih banyak lagi. Namun, hanya nama akunnya saja yang berbeda. Misalnya, banyak credit union menyebut rekening giro dan tabungan mereka sebagai “akun berbagi” yang menandakan bahwa mereka memberimu bagian kepemilikan di lembaga tersebut.

Perbedaan yang signifikan antara credit union dan bank adalah bahwa hanya anggota credit union yang dapat menggunakan layanannya. Peraturan federal memberikan syarat kepada credit union untuk membatasi keanggotaannya, jadi kamu harus memenuhi beberapa persyaratan untuk bergabung. Misalnya, beberapa credit union hanya untuk karyawan perusahaan tertentu. Pembatasan ini seperti kembali ke masa credit union di tahun 1920-an. Yang pada intinya adalah bahwa sekelompok kecil orang harus dapat menciptakan organisasi nirlaba yang menyediakan layanan keuangan terjangkau sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa Saja Persyaratan Keanggotaannya?

Beberapa credit union sangat membatasi keanggotaannya, sementara yang lain memiliki persyaratan keanggotaan yang lebih luas. 

Salah satu contoh credit union dengan persyaratan keanggotaan yang sempit (terbatas) adalah Credit Union Karyawan Universitas Harvard. Hanya siswa, staf/karyawan, fakultas, alumni, dan afiliasi Harvard serta organisasi mitranya yang memenuhi syarat untuk bergabung. Jika kamu bukan siswa, dan bukan staf yang bekerja untuk universitas ataupun afiliasi, maka kamu tidak bisa bergabung. Hal ini memungkinkan credit union untuk memfokuskan upayanya pada populasi yang sangat spesifik. 

Baca juga: Apa Itu Hedge Fund (Lindung Nilai)?

NASA Federal Credit Union adalah contoh institusi dengan persyaratan keanggotaan yang lebih luas. Kamu dapat bergabung jika bekerja atau sudah pensiun dari Akademi Sains Nasional. Kamu juga dapat bergabung jika bekerja atau memiliki salah satu dari 900 perusahaan dan grup mitra, termasuk SpaceX dan J&J Auto Repair.

Juga berhak menjadi anggota jika memiliki kerabat yang menjadi anggota credit union. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, kamu masih dapat memenuhi syarat dengan bergabung dengan organisasi nirlaba yang disebut National Space Society. Credit union bahkan memberikan anggota potensialnya satu tahun keanggotaan gratis di dalam organisasi. Intinya, setiap anggota masyarakat dapat bergabung. 

Apa Kelebihan dan Kekurangan Credit Union?

Kelebihan utama bergabung dengan credit union adalah bahwa mereka terkadang menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik daripada bank, bersama dengan biaya yang lebih rendah dan suku bunga yang lebih tinggi. Credit union dapat menawarkan tunjangan ini karena sebagai lembaga yang dimiliki anggota, mereka harus bekerja untuk kepentingan pemilik rekening dibanding menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham lainnya.

Hal itu berarti lebih banyak uang dapat dikembalikan ke deposan atau peminjam. Jika kamu adalah seseorang yang menghargai lembaga masyarakat pendukung, bukan perusahaan, bekerja dengan credit union mungkin lebih memuaskan. Jika kamu tidak memiliki skor kredit yang tinggi, credit union mungkin juga dapat menawarkan tarif yang lebih baik kepadamu daripada bank tradisional.

Kekurangan terbesar dari credit union adalah mereka cenderung lebih kecil daripada bank. Kamu dapat membuka rekening di bank besar, dan kamu akan kesulitan menemukan ATM atau cabang di mana saja di Amerika Serikat. Sebagian besar credit union adalah institusi lokal yang hanya mempunyai beberapa cabang dan ATM di area tersebut, yang dapat membuatmu sulit mengakses akun.

Credit union juga mungkin tidak memiliki teknologi terbaru dan seringkali tidak menawarkan banyak layanan dan produk seperti yang dilakukan bank, seperti rekening pialang. Beberapa bank menawarkan harga yang lebih bersaing dengan credit union, jadi kamu mungkin ingin melakukan riset dan membandingkannya.

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Bergabung dengan Credit Union?

Sebelum bergabung dengan credit union, kamu mungkin ingin membandingkan penawarannya dengan yang ada di lembaga keuangan lainnya. Hal ini mungkin bermanfaat untuk memastikan bahwa credit union menawarkan produk yang kamu inginkan dengan harga bersaing dan membebankan biaya yang diterima. Kamu juga harus mengetahui persyaratan keanggotaan dan memastikan dapat memenuhinya.

Terakhir, kamu mungkin ingin memeriksa bahwa credit union memiliki cabang dan ATM di area yang sering kamu kunjungi – agar kamu tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mengakses akunmu.

Untuk bergabung dengan credit union, mulailah dengan mengisi formulir untuk membuktikan kelayakan dan menjadi anggota. Kamu harus membuka akun dan melakukan setoran kecil untuk mengkonfirmasi keanggotaan. Kamu dapat melakukan ini secara online atau secara langsung di kantor cabang.

Biasanya, kamu harus memberikan beberapa informasi pengidentifikasian, seperti Nomor Jaminan Sosial, ID pemerintah, dan bukti kelayakan. Kamu juga akan memerlukan beberapa cara untuk mendanai akun, seperti uang tunai untuk setoran atau detail untuk rekening bank dari mana kamu ingin mentransfer dana. Setelah selesai, kamu dapat mulai membuka akun lain ataupun mengajukan pinjaman.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Artikel Terbaru