Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Day Trader?

Day trader atau trader harian adalah trader yang mengeksekusi volume besar trading pendek dan panjang untuk memanfaatkan aksi harga pasar hari tersebut. Mengetahui apa itu day trader dapat membantumu memperoleh keuntungan ataupun menghindari risiko dari intraday trading.

Aktivitas day trading bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan (selama dilakukan dengan benar). Namun bagi investor pemula, terutama bagi mereka yang tak terbiasa dengan strategi yang baik, day trading akan amat menantang.

Jamak diketahui tentang apa itu day trader, bahwa day trader adalah trader aktif yang mengeksekusi strategi intraday untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan harga aset tertentu. 

Trader harian ini menggunakan berbagai macam teknik dan strategi untuk memanfaatkan ketidakefisienan pasar. Day trader umumnya memanfaatkan analisis teknis dan membutuhkan disiplin dan objektivitas yang tinggi.

Day trading biasanya mengacu pada praktik jual beli sekuritas dalam satu hari transaksi. Meski dapat terjadi di pasar mana pun, day trading umum terjadi di pasar valas dan saham. Day trader yang mencari keuntungan biasanya menggunakan leverage yang tinggi dan strategi trading jangka pendek untuk memanfaatkan pergerakan harga kecil pada saham atau mata uang yang likuid.

Baca juga: Apa Itu Pro Rata?

Dasar-dasar day trader

Tidak ada kualifikasi khusus yang diperlukan untuk menjadi seorang day trader. Mereka diklasifikasikan berdasarkan frekuensi trading mereka. FINRA dan NYSE mengklasifikasikannya berdasarkan apakah mereka melakukan trading empat kali atau lebih selama rentang lima hari.

Ini dapat dilakukan asalkan jumlah trading hari itu lebih dari 6% dari total aktivitas trading selama periode itu atau perusahaan pialang tempat mereka membuka akun menganggapnya sebagai trading harian. Day trader tunduk pada persyaratan pemeliharaan modal dan margin.

Seorang trader harian sering menutup semua trading mereka sebelum akhir hari perdagangan, jadi tidak menahan posisi terbuka dalam semalam.

Efektivitas day trader mungkin dibatasi oleh bid-ask spread, komisi perdagangan, serta pengeluaran untuk newsfeed yang menawarkan informasi realtime dan perangkat lunak analitik.

Day trader yang sukses membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang luas. Mereka menggunakan berbagai metode untuk memuat keputusan trading. Beberapa dari mereka menggunakan model trading dari komputer yang mengaplikasikan analisis teknis untuk menghitung probabilitas yang menguntungkan. Ini jauh lebih baik daripada sebatas menggunakan naluri.

Teknik day trader

Trader harian terbiasa memantau peristiwa yang sekiranya dapat menyebabkan pergerakan pasar jangka pendek. Menganalisis berita lokal dan global adalah teknik yang populer di kalangan day trader.

Sementara, pengumuman atau informasi yang telah terjadwal seperti statistik ekonomi, pendapatan perusahaan, atau suku bunga akan dianalisis dengan pemahaman mereka terkait ekspektasi pasar dan psikologi pasar.

Pasar bereaksi ketika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi atau terlampaui. Biasanya dengan pergerakan signifikan yang tiba-tiba, day trader dapat memperoleh keuntungan dari trading harian mereka.

Baca juga: Apa Itu Bond Valuation?

Pro dan kontra dari day trading

Manfaat paling signifikan dari day trading adalah bahwa posisi mereka tidak terpengaruh oleh kemungkinan berita negatif yang diperoleh jika menahan portofolio mereka dalam satu malam. Jadi, mereka tidak terpengaruh akan harga sekuritas yang berpotensi naik atau turun dalam semalam.

Trading dengan basis intraday menawarkan beberapa keuntungan lain. Salah satunya adalah kemampuan untuk menggunakan order stop-loss yang ketat, tindakan menaikkan harga untuk berhenti dan meminimalkan kerugian dari posisi beli. Selain itu, juga peningkatan akses ke margin, sehingga ada kemungkinan memperoleh leverage yang lebih besar.

Day trader juga memperoleh kesempatan lebih banyak untuk belajar dan mengamati pasar. Meskipun, ada juga risiko yang perlu diperhatikan. Risikonya di antaranya waktu yang terbatas untuk mencapai suatu posisi untuk melihat peningkatan laba, juga adanya peningkatan biaya komisi karena trading yang dilakukan lebih sering.

Pro:

  • Posisi biasanya ditutup setiap hari dan tidak terpengaruh oleh risiko pergantian hari atau pergerakan broker di luar jam kerja
  • Perintah stop-loss yang ketat dapat melindungi posisi dari pergerakan ekstrem
  • Day trader reguler memiliki akses ke peningkatan leverage dan komisi lebih rendah
  • Banyak pengalaman untuk belajar trading intraday secara langsung

Kontra:

  • Trading yang sering mengandaikan banyaknya biaya komisi
  • Beberapa aset tidak dapat diakses, di antaranya reksadana
  • Tidak ada cukup waktu untuk mencapai posisi tertentu dan merealisasikan keuntungan optimal
  • Bagi day trader yang kurang berpengalaman, kerugian dapat meningkat cepat, terutama jika margin digunakan untuk membiayai pembelian. Margin call adalah risiko yang paling nyata.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img