Apa Itu Debenture?

0
52
Apa itu debenture

Apa itu debenture? Debenture adalah jenis obligasi atau instrumen utang lain yang tidak dijamin agunan.

Karena surat utang tidak memiliki jaminan-jaminan, surat utang harus mengandalkan kelayakan kredit dan reputasi penerbit untuk mendapatkan dukungan. Baik perusahaan maupun pemerintah sering mengeluarkan surat utang untuk mengumpulkan modal atau dana.

Debenture adalah jenis instrumen utang yang tidak didukung oleh jaminan apapun, dan biasanya debenture memiliki jangka waktu lebih dari 10 tahun.

Debenture hanya didukung oleh kelayakan kredit dan reputasi penerbitnya. Baik perusahaan maupun pemerintah sering mengeluarkan surat utang untuk mengumpulkan modal atau dana.

Beberapa surat utang dapat dikonversi menjadi saham ekuitas sementara yang lain tidak.

Baca juga: Apa Itu Global Bond?

Debenture adalah obligasi yang dapat dikonversi menjadi saham

Mirip dengan kebanyakan obligasi, surat utang dapat membayar pembayaran bunga berkala yang disebut pembayaran kupon.

Seperti jenis obligasi lainnya, surat utang didokumentasikan dalam indenture. Indenture adalah kontrak yang sah dan mengikat antara penerbit dan obligasi pemegang obligasi.

Kontrak tersebut menetapkan fitur-fitur penawaran utang, seperti tanggal jatuh tempo, waktu pembayaran bunga atau kupon, metode penghitungan bunga, dan fitur lainnya. Pemerintah dan perusahaan dapat menerbitkan surat utang.

Pemerintah biasanya menerbitkan obligasi jangka panjang—dengan jatuh tempo lebih dari 10 tahun. Karena dianggap sebagai investasi berisiko rendah, obligasi pemerintah ini mendapat dukungan dari penerbit pemerintah.

Korporasi juga menggunakan surat utang sebagai pinjaman jangka panjang. Namun, surat utang perusahaan tidak dijamin. Sebaliknya, mereka hanya mendapat dukungan dari kelayakan finansial dan kelayakan kredit dari perusahaan yang mendasarinya.

Instrumen utang ini membayar tingkat suku bunga dan dapat ditebus atau dibayar kembali pada tanggal tertentu. Perusahaan biasanya melakukan pembayaran bunga utang terjadwal ini sebelum mereka membayar dividen saham kepada pemegang saham.

Bagaimana debenture bisa menguntungkan?

Debenture adalah sesuatu yang menguntungkan bagi perusahaan karena mereka memiliki tingkat bunga yang lebih rendah dan tanggal pembayaran yang lebih lama dibandingkan dengan jenis pinjaman dan instrumen utang lainnya.

Umumnya, debenture adalah obligasi yang dapat diubah atau dikonversi menjadi saham ekuitas perusahaan penerbit setelah periode tertentu.

Debenture yang dapat dikonversi adalah produk keuangan hibrida dengan manfaat utang dan ekuitas. Perusahaan menggunakan surat utang sebagai pinjaman dengan suku bunga tetap dan membayar pembayaran bunga tetap.

Namun, pemegang surat utang memiliki opsi untuk menahan pinjaman hingga jatuh tempo dan menerima pembayaran bunga atau mengubah pinjaman menjadi saham ekuitas.

Surat utang yang dapat dikonversi menarik bagi investor yang ingin mengkonversi ke ekuitas jika mereka yakin saham perusahaan akan naik dalam jangka waktu tertentu.

Namun, ada harga yang harus dibayar untuk mendapat kemampuan mengkonversi ke ekuitas, ini karena obligasi konversi membayar tingkat bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan investasi dengan suku bunga tetap lainnya.

Debenture yang tidak dapat dikonversi adalah surat utang tradisional yang tidak dapat diubah menjadi ekuitas dari perusahaan penerbit. Untuk mengkompensasi kurangnya konvertibilitas, investor mendapatkan tingkat bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan surat utang yang dapat dikonversi.

Baca juga: Fokus Investasi di Obligasi? Ini 4 Strategi Jitu untuk Mengelola Portofoliomu

Berbagai macam fitur debenture

Saat menerbitkan surat utang, pertama-tama surat perjanjian kepercayaan harus dibuat. Kepercayan pertama adalah kesepakatan antara emiten dan wali amanat yang mengelola kepentingan investor.

Pertama, fitur debenture adalah suku bunga. Tingkat kupon ditentukan, yaitu tingkat bunga yang akan dibayarkan perusahaan kepada pemegang surat utang atau investor.

Tingkat kupon ini bisa tetap atau mengambang. Suku bunga mengambang mungkin terkait dengan patokan seperti hasil obligasi Treasury 10 tahun dan akan berubah seiring perubahan patokan.

Kedua, fitur debenture adalah peringkat kredit. Perusahaan peringkat kredit dan pada akhirnya peringkat kredit debenture berdampak pada tingkat bunga yang akan diterima investor.

Lembaga pemeringkat kredit mengukur kelayakan kredit masalah perusahaan dan pemerintah. Entitas ini memberikan investor gambaran umum tentang risiko yang terlibat dalam berinvestasi utang.

Ketiga, tanggal jatuh tempo. Untuk surat utang yang tidak dapat dikonversi, seperti disebutkan di atas, tanggal jatuh tempo juga merupakan fitur penting.

Tanggal ini menentukan kapan perusahaan harus membayar kembali pemegang surat utang. Perusahaan memiliki opsi dalam bentuk pembayaran kembali.

Seringnya, ini sebagai penebusan dari modal, di mana penerbit membayar jumlah sekaligus pada saat jatuh tempo utang.

Alternatifnya, pembayaran dapat menggunakan cadangan penebusan, di mana perusahaan membayar jumlah tertentu setiap tahun hingga peluasan penuh pada tanggal jatuh tempo.

Sebagai penutup, kita perlu memahami bahwa sama seperti jenis obligasi lainnya, debenture adalah instrumen yang memiliki sisi pro dan kontra. Pro dan kontra debenture adalah sebagai berikut:

Pro:

  • Debenture membayar tingkat bunga reguler atau tingkat kupon kembali kepada investor.
  • Surat utang yang dapat dikonversi dapat dikonversi menjadi saham ekuitas setelah jangka waktu tertentu, membuatnya lebih menarik bagi investor.
  • Jika suatu perusahaan bangkrut, surat utang tersebut dibayarkan kepada pemegang saham biasa.

Kontra:

  • Surat utang dengan suku bunga tetap mungkin memiliki eksposur risiko suku bunga di lingkungan di mana tingkat bunga pasar naik.
  • Kelayakan kredit penting ketika mempertimbangkan kemungkinan risiko gagal bayar dari kelangsungan keuangan emiten yang mendasarinya.
  • Debenture mungkin memiliki risiko inflasi jika kupon yang dibayarkan tidak sesuai dengan tingkat inflasi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here