Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Market Share?

Definisi Market Share adalah persentase dari total penjualan dalam industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Apa itu Market Share? Yaitu dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama. Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Pemimpin pangsa pasar dalam suatu industri adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.

KESIMPULAN UTAMA DEFINISI MARKET SHARE

  • Market Share mewakili persentase industri, atau total penjualan pasar, yang diperoleh perusahaan tertentu selama periode waktu tertentu.
  • Lalu Market Share dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama.
  • Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya.

Baca: Apa Itu Pendapatan?

Definisi Market Share

Market Share dalam sebuah perusahaan adalah bagiannya dari total penjualan terkait dengan pasar atau industri tempat perusahaan beroperasi. Untuk menghitung saham perusahaan, pertama-tama tentukan periode yang ingin kamu periksa. Ini bisa berupa kuartal fiskal, tahun, atau beberapa tahun.

Selanjutnya, untuk pengertian Market Share hitung total penjualan perusahaan selama periode tersebut. Kemudian, cari tahu total penjualan industri perusahaan tersebut. Terakhir, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya. Misalnya, jika sebuah perusahaan menjual traktor senilai $ 100 juta tahun lalu di dalam negeri, dan jumlah total traktor yang dijual di AS adalah $ 200 juta, pangsa pasar traktor perusahaan tersebut di AS adalah 50%.

Penghitungan Market Share biasanya dilakukan untuk negara tertentu, seperti Market Share khusus Kanada atau pangsa pasar khusus AS. Investor dapat memperoleh data saham dari berbagai sumber independen, seperti kelompok perdagangan dan badan pengatur, dan seringkali dari perusahaan itu sendiri. Namun, beberapa industri lebih sulit diukur secara akurat daripada yang lain.

Manfaat Market Share

Investor dan analis memantau kenaikan dan penurunan Market Share dengan hati-hati karena ini dapat menjadi tanda daya saing relatif dari produk atau layanan perusahaan. Seiring pertumbuhan total pasar untuk produk atau layanan, perusahaan yang mempertahankan sahamnya meningkatkan pendapatan pada tingkat yang sama dengan total Market Share. Perusahaan yang menumbuhkan pangsa pasarnya akan meningkatkan pendapatannya lebih cepat daripada para pesaingnya.

Peningkatan Market Share memungkinkan perusahaan mencapai skala yang lebih besar dengan operasinya dan meningkatkan profitabilitas. Sebuah perusahaan dapat mencoba memperluas Market Sharenya, baik dengan menurunkan harga, menggunakan iklan, atau memperkenalkan produk baru atau produk berbeda. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan ukuran Market Sharenya dengan menarik audiens atau demografi lain.

Baca: Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Dampak Market Share

Perubahan Market Share memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja perusahaan dalam industri yang matang atau siklus dimana terdapat pertumbuhan yang rendah. Sebaliknya, perubahan Market Share berdampak lebih kecil pada perusahaan dalam industri yang sedang berkembang. Dalam industri ini, total pai tumbuh, sehingga perusahaan masih dapat meningkatkan penjualan meskipun mereka kehilangan Market Share. Untuk perusahaan dalam situasi ini, kinerja Market Share lebih dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan dan margin dibandingkan faktor lainnya.

Dalam industri siklis, persaingan memperebutkan Market Share sangat brutal. Faktor ekonomi memainkan peran yang lebih besar dalam varians penjualan, pendapatan, dan margin, lebih dari faktor lainnya. Margin cenderung rendah dan operasi berjalan dengan efisiensi maksimum karena persaingan. Karena penjualan mengorbankan perusahaan lain, mereka berinvestasi besar-besaran dalam upaya pemasaran atau bahkan pemimpin yang merugi untuk menarik penjualan.

Dalam industri ini, perusahaan mungkin bersedia kehilangan uang untuk produk sementara untuk memaksa pesaing menyerah atau menyatakan kebangkrutan. Begitu mereka mendapatkan Market Share yang lebih besar dan pesaing disingkirkan, mereka berusaha menaikkan harga. Strategi ini bisa berhasil, atau bisa menjadi bumerang, menambah kerugian mereka. 

Baca: Tetap Bugar Kala Pandemi, Ini 3 Cara Simpel untuk Olahraga #dirumahaja

Bagaimana Perusahaan Dapat Meningkatkan Pangsa Pasar?

Perusahaan dapat meningkatkan Market Share-nya dengan menawarkan kepada pelanggannya teknologi inovatif, memperkuat loyalitas pelanggan, mempekerjakan karyawan berbakat, dan memperoleh pesaing.

Teknologi baru

Inovasi adalah salah satu metode dimana suatu perusahaan dapat meningkatkan Market Share. Ketika sebuah perusahaan membawa ke pasar teknologi baru yang belum ditawarkan pesaingnya, konsumen yang ingin memiliki teknologi tersebut membelinya dari perusahaan itu, bahkan jika mereka sebelumnya melakukan bisnis dengan pesaing. Banyak dari konsumen tersebut menjadi pelanggan setia, yang menambah Market Share perusahaan dan menurunkan Market Share perusahaan tempat mereka beralih.

Baca: Apa Itu Pasar Saham?

Kesetiaan pelanggan

Dengan memperkuat hubungan pelanggan, perusahaan melindungi saham mereka yang ada dengan mencegah pelanggan saat ini melompat ke kapal ketika pesaing mengeluarkan penawaran baru yang panas. Lebih baik lagi, perusahaan dapat menumbuhkan Market Share dengan menggunakan taktik sederhana yang sama, karena pelanggan yang puas sering kali membicarakan pengalaman positif mereka kepada teman dan kerabat yang kemudian menjadi pelanggan baru. Memperoleh Market Share dari mulut ke mulut meningkatkan pendapatan perusahaan tanpa meningkatkan biaya pemasaran secara bersamaan.

Karyawan Berbakat

Perusahaan dengan Market Share tertinggi di industrinya hampir selalu memiliki karyawan yang paling terampil dan berdedikasi. Mendatangkan karyawan terbaik mengurangi biaya yang terkait dengan pergantian karyawan dan pelatihan, dan memungkinkan perusahaan untuk mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk fokus pada kompetensi inti mereka. Menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif adalah salah satu cara yang terbukti untuk menarik karyawan terbaik.

Akuisisi

Terakhir, salah satu metode paling pasti untuk meningkatkan Market Share adalah mengakuisisi pesaing. Dengan demikian, perusahaan mencapai dua hal. Ini memanfaatkan basis pelanggan yang ada dari perusahaan yang baru diakuisisi, dan itu mengurangi jumlah perusahaan yang berjuang untuk sepotong kue yang sama per satu. Eksekutif yang cerdik, baik yang bertanggung jawab atas bisnis kecil atau perusahaan besar, selalu memperhatikan kesepakatan akuisisi yang baik ketika perusahaan mereka dalam mode pertumbuhan.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Investasi Saham Sesuai Kondisi Pasar, Bagaimana Caranya?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Banyak Diakses Selama Pandemi, Laporan Keuangan Netflix Tunjukkan Penurunan EPS

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img