Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Regresi?

Apa itu regresi? Definisi regresi adalah metode statistik yang digunakan dalam keuangan, investasi, dan disiplin ilmu lain. Gunanya untuk mencoba menentukan kekuatan dan karakter hubungan antara satu variabel dependen (biasanya dilambangkan dengan Y) dan serangkaian variabel lain (dikenal sebagai variabel independen).

Regresi itu bisa membantu manajer investasi dan keuangan untuk menilai aset dan memahami hubungan antara variabel. Seperti harga komoditas dan saham bisnis yang berurusan dengan komoditas tersebut.

Pengertian Regresi

Apa itu sebenarnya pengertian regresi? Dua jenis dasar regresi yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, meskipun ada metode regresi non-linier untuk data dan analisis yang lebih rumit.

Regresi linier sederhana menggunakan satu variabel independen untuk menjelaskan atau memprediksi hasil dari variabel dependen Y, sedangkan regresi linier berganda menggunakan dua atau lebih variabel independen untuk memprediksi hasil.

Baca: Tiga Perbedaan Investasi dan Tabungan

Regresi dapat membantu profesional keuangan dan investasi serta profesional dalam bisnis lain. Regresi juga dapat membantu memprediksi penjualan untuk perusahaan berdasarkan cuaca, penjualan sebelumnya, pertumbuhan PDB, atau jenis kondisi lainnya.

Model penetapan harga aset modal (CAPM) adalah model regresi yang sering digunakan di bidang keuangan untuk menentukan harga aset dan menemukan biaya modal.

Bentuk umum dari setiap jenis regresi adalah:

Regresi linier sederhana: Y = a + bX + u

Regresi linier berganda: Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + … + btXt + u

Di mana:

Y = variabel yang Anda coba prediksi (variabel dependen).

X = variabel yang Anda gunakan untuk memprediksi Y (variabel independen).

a = intersep.

b = variabel bebas.

u = sisa regresi.

Baca: Apa Itu Elastisitas Harga?

Regresi mengambil sekelompok variabel acak, apa yang dianggap memprediksi Y, dan mencoba menemukan hubungan matematis di antara mereka.

Hubungan ini biasanya dalam bentuk garis lurus (regresi linier) yang paling mendekati semua titik data individu. Dalam regresi berganda, variabel terpisah dibedakan dengan menggunakan subskrip.

Contoh Nyata Bagaimana Analisis Regresi Digunakan

Regresi sering digunakan untuk menentukan berapa banyak faktor spesifik seperti harga komoditas, suku bunga, industri tertentu, atau sektor yang mempengaruhi pergerakan harga suatu aset.

CAPM tersebut di atas didasarkan pada regresi, dan digunakan untuk memproyeksikan pengembalian yang diharapkan untuk saham dan untuk menghasilkan biaya modal. Pengembalian saham diregresikan terhadap pengembalian indeks yang lebih luas, seperti S&P 500, untuk menghasilkan beta untuk saham tertentu.

Baca: Apa Itu Teori Keynesian dalam Ekonomi?

Beta ini merupakan risiko saham dalam kaitannya dengan pasar atau indeks dan direfleksikan sebagai kemiringan dalam model CAPM. Return saham yang dimaksud adalah variabel dependen Y, sedangkan variabel independen X adalah premi risiko pasar.

Variabel tambahan seperti kapitalisasi pasar saham, rasio penilaian, dan pengembalian terkini dapat ditambahkan ke model CAPM untuk mendapatkan estimasi pengembalian yang lebih baik.

Faktor tambahan ini dikenal sebagai faktor Fama-French, dinamai sesuai nama profesor yang mengembangkan model regresi linier berganda untuk menjelaskan pengembalian aset dengan lebih baik.

Nah, sekarang Anda sudah memahami apa itu regresi, bukan?

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Skala Ekonomis?

Apa Itu Rasio Utang Terhadap Ekuitas?

Investor Institusional dan Investor Ritel, Apa Bedanya?

Recent Articles

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leverage adalah

Apa Itu Leverage?

defisit anggaran adalah

Apa Itu Defisit Anggaran?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya