Apa Itu Deposit?

0
22053
deposit adalah

DEFINISI

Deposit adalah transfer uang ke bank atau vendor untuk diamankan, untuk mendapatkan bunga, atau sebagai cara untuk menunjukkan kamu dapat membayar sesuatu yang ingin kamu beli. 

Memahami Deposit

Deposit bukan pembayaran. Ini hanyalah uang yang ditransfer ke bank, lembaga keuangan atau pihak lain untuk digunakan atau ditarik kemudian (artinya kamu mendapatkan uang kembali). Kamu dapat melakukan deposit untuk diamankan, kenyamanan, atau untuk mendapatkan uang dalam bentuk bunga.

Rekening giro, rekening tabungan, dan sertifikat deposit (CD) adalah semua jenis rekening simpanan. Bank membayar bunga pada beberapa akun ini, karena mereka menggunakan simpanan kamu untuk memberikan pinjaman kepada orang lain. Deposit juga dapat merujuk pada sebagian uang yang digunakan untuk membuktikan kamu dapat membayar barang atau jasa tertentu. Deposit jenis ini kadang-kadang disebut deposit jaminan atau deposit minimum untuk membuka akun keuangan. 

CONTOH

Ketika gaji kamu masuk ke rekening bank kamu setiap dua minggu, itu adalah deposit. Ketika kamu menyerahkan pemilik baru $ 500 untuk menutup kemungkinan kerusakan, itu juga merupakan deposit. Menambahkan uang ke akun broker kamu sehingga kamu dapat membeli saham juga merupakan deposit.

Kesimpulan

Saat kamu menaruh uang di celengan, kamu melakukan deposit …

Celengan hanyalah salah satu tempat di mana kamu dapat menyimpan uangmu sehingga kamu dapat menggunakannya nanti. Tetapi memasukkan uang ke dalam rekening bank lebih aman daripada memasukkan uang ke dalam celengan karena kamu dapat menyetor uang dan cek dalam jumlah yang lebih besar, dan mendapatkan akses mudah ke dana kamu melalui ATM atau dengan menggunakan kartu debit atau kertas cek.

Plus, uang di bank diasuransikan oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), dan kamu bahkan dapat memperoleh bunga. Menyetorkan uang di akun broker memungkinkan kamu membeli investasi seperti saham, obligasi, dan reksa dana.

Jika kamu menyerahkan celengan penuh kepada seseorang untuk membuktikan bahwa kamu memiliki tabungan, kamu juga melakukan deposit.

Celengan penuh itu berharga, bukan hanya karena menyimpan uang tetapi karena itu menunjukkan kamu serius menabung. Seseorang yang memutuskan untuk melakukan bisnis dengan kamu ingin tahu apakah kamu memiliki niat baik, dan celengan yang penuh dengan uang membuktikannya. Dengan uang jaminan atau deposit minimum, kamu tidak perlu memberikan uang itu. Kamu menunjukkan kepada pihak lain bahwa kamu dapat menangani transaksi besar. Dalam beberapa kasus, uang jaminan dan deposit minimum dapat menghasilkan bunga juga.

Ketahui Lebih Lanjut

Apa itu deposit?

Bagaimana kamu melakukan deposit?

Apa yang terjadi ketika kamu menyimpan uang di bank?

Yang dimaksud dengan deposit minimum

Jenis-jenis akun deposito

Apa Itu Deposit?

Deposit adalah istilah yang memiliki arti berbeda dalam keuangan, tetapi mereka semua adalah tentang menaruh uang untuk mengurus sesuatu atau orang lain. Deposit adalah uang yang ditempatkan di bank atau akun keuangan lainnya. Ketika kamu menyetor uang tunai atau cek ke akun kamu, kamu mentransfer dana ke bank kamu untuk diamankan dan akses mudah, dan mungkin mendapatkan sedikit bunga pada uang kamu.

Kamu juga melakukan deposit ketika kamu menambahkan uang ke akun broker kamu. Uang simpanan masih menjadi milikmu, dan kamu dapat menariknya sesuai dengan ketentuan akunmu. Sebagian besar rekening deposit bank, termasuk rekening giro, rekening tabungan, dan CD, diasuransikan hingga $ 250.000 oleh FDIC. Ini berarti jika sesuatu terjadi pada bank, pemerintah akan menanggung kerugian berdasarkan jumlah itu. Dengan kata lain, uangmu umumnya aman. Akun broker, di sisi lain, tidak diasuransikan dan umumnya melibatkan lebih banyak risiko.                                                  

Deposit juga dapat menjadi bagian dari uang yang kamu tawarkan sebagai bentuk keamanan atau jaminan ketika kamu ingin membeli barang atau jasa tertentu. Misalnya, jika kamu membuka rekening margin dengan perusahaan pialang, yang memungkinkan kamu untuk meminjam uang untuk berinvestasi, kamu mungkin perlu melakukan deposit margin awal sama dengan jumlah yang ingin kamu pinjam.

Ketika kamu menyewa properti, seperti apartemen, kamu biasanya harus membayar uang jaminan untuk menutup kemungkinan kerusakan. Banyak negara bagian mewajibkan tuan tanah untuk menyimpan uang jaminan dalam rekening escrow yang aman dan menghasilkan bunga. Jika tidak ada kerusakan pada properti selama kamu tinggal, uang jaminan harus dikembalikan kepada kamu ketika kamu pergi. Ketika kamu melakukan penawaran pada pembelian besar, seperti rumah, uang muka seringkali diperlukan untuk menunjukkan bahwa penawaran tersebut dengan itikad baik. 

Bagaimana Kamu Melakukan Deposit?

Kamu dapat menggunakan uang tunai untuk membayar barang. Tetapi jika kamu ingin melakukan pembelian online atau pembelian yang lebih besar, ada baiknya memiliki rekening bank. Untuk mendapatkan uang tunai atau memeriksa akun, kamu perlu melakukan deposit.     

Ada banyak cara untuk menyetor ke rekening bank kamu. Jika kamu ingin menyetor uang tunai, kamu dapat melakukannya sendiri dengan mengunjungi cabang bank mu. Kamu juga dapat memasukkan uang tunai ke dalam ATM, meskipun ini tidak dianjurkan dan umumnya hanya dilakukan di ATM cabang. Untuk menyetor uang tunai, kamu mengisi slip deposit yang disediakan oleh bank yang menguraikan secara spesifik transaksi kamu, dan memberikannya kepada teller atau memasukkan slip transaksi dan uang ke dalam amplop (juga disediakan oleh bank) dan memasukkannya ke dalam ATM. Uang tunai yang disimpan biasanya tersedia untuk digunakan segera atau ditarik.

Cek juga dapat disetorkan melalui ATM atau cabang bank, dengan cara yang sama kamu menyetor uang tunai. Di beberapa bank, kamu dapat mengirim cek melalui pos atau menyetornya menggunakan ponselmu. Untuk deposit seluler, kamu cukup mengambil gambar cek mu dan mengirimkannya ke bank mu melalui aplikasi. Kamu mungkin harus menunggu beberapa hari hingga cek hilang, terutama jika jumlahnya besar atau berasal dari sumber yang tidak dikenal. Beberapa bank akan memungkinkan kamu untuk mengakses dana atau sebagian dana segera.

Deposit elektronik adalah cara yang semakin umum untuk menambah uang ke akun. Transfer dana elektronik (EFT) memungkinkan kamu melakukan deposit dengan mentransfer dana dari satu akun ke akun lainnya. Kamu dapat melakukan EFT di antara dua rekening di bank yang sama atau di antara dua lembaga keuangan yang berbeda. Kamu bahkan dapat melakukannya melalui sistem pembayaran virtual seperti PayPal atau Venmo. Jika majikanmu secara langsung menyetor gajimu ke rekening giro atau tabunganmu, itu dilakukan melalui EFT. Sebagian besar deposit jaminan dan deposit minimum dibuat dengan cek atau EFT.

Apa yang Terjadi Ketika Kamu Menyimpan Uang di Bank?

Ketika kamu menyetor uang ke rekening bank, itu tidak hanya disimpan di lemari besi. Bank menggunakan simpananmu untuk memberikan pinjaman kepada orang atau perusahaan lain.

Bank mendapat untung dengan meminjamkan uang dan membebankan bunga atas pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, dan hipotek.

Karena kamu benar-benar meminjamkan uang kepada bank ketika kamu melakukan deposit, bank biasanya akan membayar bunga kepadamu. Tetapi bunga yang akan kamu terima dari bank biasanya kurang dari tarif yang dikenakan pada uang yang dipinjamkan – di situlah keuntungan bank masuk. Berapa banyak bunga yang kamu peroleh tergantung pada berapa lama kamu membiarkan uangmu duduk di rekening. Rekening tabungan dan CD, yang tidak dirancang untuk penggunaan sehari-hari, biasanya membayar bunga; memeriksa akun, yang melihat lebih banyak aksi harian, biasanya tidak.

Meskipun uangmu digunakan untuk bekerja, kamu masih dapat mengaksesnya saat kamu membutuhkannya. Ketika kamu menyetor uang, kamu biasanya memiliki hak untuk menarik jumlah penuh dari akun kamu kapan saja. Tetapi akun yang berbeda memiliki aturan yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa dengan bank mu untuk mengetahui syarat dan ketentuan akun mu. 

Yang Dimaksud dengan Deposit Minimum

Kamu mungkin harus menyetor sejumlah uang ketika kamu membuka rekening di bank, broker, atau lembaga keuangan lainnya. Ini disebut deposit minimum. Untuk rekening bank tertentu, kamu harus mempertahankan saldo minimum untuk menghindari biaya atau untuk mendapatkan bunga. 

Sementara broker pernah meminta deposit minimum yang signifikan, seperti $ 10.000 untuk membuka akun, jenis minimum ini telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa broker sekarang meminta hanya $ 500 untuk membuka akun baru, beberapa (seperti Robinhood) tidak memiliki minimum sama sekali. Ini memudahkan investor baru untuk mencoba platform perdagangan dan alat penelitian dengan sedikit atau tanpa biaya di muka.

Jika kamu ingin meminjam uang dari broker mu untuk membeli sekuritas, kamu dapat membuka rekening margin. Pialang akan meminta kamu untuk menyetor sejumlah uang tunai atau surat berharga, yang dikenal sebagai deposit margin awal. 

Jenis-jenis Akun Deposito

Ada banyak jenis akun deposito, masing-masing dengan tujuan yang berbeda. Beberapa lebih dirancang untuk penggunaan sehari-hari, yang lain untuk penghematan jangka panjang. Berikut adalah berbagai jenis akun deposito:

  1. Rekening giro: Sebuah rekening giro, seperti namanya, memungkinkan kamu untuk menulis cek atau menggunakan kartu debit. Ini digunakan untuk membayar pengeluaran dan tagihan harian. Biasanya biasanya membayar sedikit atau tidak ada bunga. 
  1. Rekening tabungan: Rekening tabungan digunakan untuk menyimpan uang untuk keadaan darurat atau tujuan tertentu. Rekening tabungan umumnya membayar sedikit bunga.
  1. Deposit on Call: Jenis akun ini menggabungkan fitur rekening giro dan tabungan. kamu dapat dengan mudah mengakses uangmu, menulis cek, dan mendapatkan bunga dari deposito mu. Akun giro berbunga seperti Checking Plus dan Advantage Account adalah akun deposit panggilan.
  1. Sertifikat deposito: CD digunakan untuk penghematan jangka panjang. Itu membayar tingkat bunga tetap dijamin ketika dimiliki untuk jangka waktu tertentu. Suku bunga yang dibayarkan oleh CD lebih tinggi daripada yang dibayarkan oleh rekening tabungan. CD jangka panjang akan menawarkan harga yang lebih baik. Kelemahannya adalah kamu mungkin kehilangan sebagian dari bunga yang kamu dapatkan jika kamu perlu menarik dana lebih awal.
  2. Rekening pasar uang: Rekening pasar uang seperti rekening giro dan tabungan gabungan, menghasilkan tingkat bunga yang sedikit lebih tinggi daripada rekening tabungan. Tetapi akun-akun ini mungkin memiliki sejumlah deposit minimum minimum dan batasan jumlah transaksi yang dapat kamu lakukan dalam sebulan.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Balance Sheet (Neraca Keuangan)?

Mengapa Harus Investasi Emas?

Apa Itu Deflasi?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here