Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Direct Public Offering?

Direct Public Offering

Apa Itu Direct Public Offering (DPO)? Direct Public Offering (DPO) adalah jenis penawaran di mana perusahaan menawarkan sekuritasnya secara langsung kepada publik untuk menambah modal.

Perusahaan penerbit yang menggunakan DPO mengeliminasi perantara, seperti bank investasi, pialang perantara, dan penjamin emisi yang biasanya digunakan dalam penawaran umum perdana (IPO), dan menjamin sendiri sekuritasnya.

Menghilangkan perantara dari penawaran umum secara substansial menurunkan biaya modal DPO. Oleh karena itu, DPO menarik bagi perusahaan kecil dan perusahaan dengan basis klien yang mapan dan loyal. DPO juga dikenal sebagai penempatan langsung.

Kesimpulan Utama

  • Dengan Direct Public Offering (DPO), atau penempatan langsung, perusahaan meningkatkan modal dengan menawarkan sekuritasnya secara langsung kepada publik.
  • Direct Public Offering (DPO) memungkinkan perusahaan untuk menghilangkan perantara yang biasanya menjadi bagian dari penawaran semacam itu dan pada akhirnya memangkas biaya.
  • Mengumpulkan uang secara mandiri memungkinkan perusahaan menghindari pembatasan pendanaan bank dan modal ventura; persyaratan penawaran hanya ditetapkan oleh perusahaan penerbit.
  • Sebelum Direct Public Offering (DPO), perusahaan harus menunjukkan dokumen kepatuhan kepada regulator di setiap negara bagian tempat perusahaan berencana menawarkan sekuritas; tetapi tidak seperti IPO, perusahaan biasanya tidak perlu mendaftar ke SEC.

Baca: Belajar Investasi Saham? Intip Yuk Simulasi Trading hingga Strategi Kelola Saham

Sebuah perusahaan menerbitkan sekuritas melalui Direct Public Offering (DPO), ia mengumpulkan uang secara mandiri tanpa batasan yang terkait dengan pembiayaan bank dan modal ventura.

Persyaratan penawaran sepenuhnya tergantung pada penerbit yang memandu dan menyesuaikan proses sesuai dengan kepentingan terbaik perusahaan. Penerbit menetapkan harga penawaran, investasi minimum per investor.

Batasan jumlah sekuritas yang dapat dibeli oleh satu investor, tanggal penyelesaian, dan periode penawaran di mana investor dapat membeli sekuritas dan setelah itu penawaran akan ditutup. 

Penting: Pada 26 Agustus 2020, Komisi Sekuritas dan Bursa AS mengumumkan bahwa mereka menyetujui rencana Bursa Efek New York (NYSE) untuk membuat jenis pencatatan langsung baru di mana perusahaan dapat menerbitkan saham baru.

Sebelumnya, perusahaan hanya diizinkan menggunakan proses pencatatan langsung bagi investor yang ada untuk menjual saham. Dalam pencatatan langsung, perusahaan menempatkan sahamnya di bursa tanpa menyewa bank investasi untuk menjamin transaksi tersebut sebagai penawaran umum perdana (IPO).

Selain menghemat biaya, perusahaan yang mengikuti proses pencatatan langsung dapat menghindari pembatasan IPO biasa. Termasuk periode penguncian yang mencegah orang dalam menjual saham mereka untuk jangka waktu tertentu.

Dalam beberapa kasus, di mana ada sejumlah besar saham yang akan diterbitkan atau waktu sangat penting, perusahaan penerbit dapat menggunakan jasa broker komisi untuk menjual sebagian saham kepada klien atau prospek broker dengan upaya terbaik.

Baca juga: Apa Itu Hukum Permintaan dan Penawaran?

Jangka Waktu Direct Public Offering (DPO)

Jumlah waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan Direct Public Offering (DPO) bervariasi: dapat memakan waktu beberapa hari atau beberapa bulan.

Dalam tahap persiapan, perseroan memulai memorandum penawaran yang menjelaskan tentang emiten dan jenis jaminan yang akan dijual. Efek yang dapat dijual melalui DPO meliputi saham biasa, saham preferen, DIRE, dan efek hutang, dan lebih dari satu jenis investasi dapat ditawarkan melalui DPO.

Perusahaan juga memutuskan media mana yang akan digunakan untuk memasarkan surat berharga tersebut. Opsi potensial termasuk iklan surat kabar dan majalah, platform media sosial, pertemuan publik dengan calon pemegang saham, dan kampanye telemarketing.

Sebelum akhirnya menawarkan sekuritasnya kepada publik, perusahaan penerbit harus menyiapkan dan mengajukan dokumen kepatuhan kepada regulator sekuritas di bawah Blue Sky Laws di masing-masing negara bagian tempat ia bermaksud untuk melakukan DPO.

Dokumen-dokumen ini biasanya mencakup memorandum penawaran, anggaran dasar dan laporan keuangan terkini. Yang menunjukkan kesehatan perusahaan. Persetujuan regulasi pada aplikasi DPO bisa memakan waktu dua minggu atau dua bulan tergantung pada negara bagian.

Baca juga: Mengenal Obligasi

Sebagian besar DPO tidak mengharuskan penerbit untuk mendaftar ke Securities Exchange Commission (SEC) karena mereka memenuhi syarat untuk pengecualian sekuritas federal tertentu. Misalnya pengecualian intrastate atau Aturan 147 tidak termasuk pendaftaran dengan SEC. Selama perusahaan tersebut didirikan di negara bagian di mana ia menawarkan sekuritas. Dan hanya menjual sekuritas kepada penduduk negara bagian tersebut.

Bagaimana Direct Public Offering (DPO) Secara Resmi Diumumkan

Setelah menerima persetujuan regulasi perusahaan penerbit yang menjalankan DPO menggunakan iklan untuk secara resmi mengumumkan penawaran barunya kepada publik. Penerbit membuka sekuritas untuk dijual kepada investor atau investor terakreditasi dan non akreditasi yang sudah diketahui oleh penerbit. Harus tunduk pada batasan apa pun oleh regulator.

Investor ini mungkin termasuk kenalan, klien, pemasok, distributor, dan karyawan perusahaan. Penawaran ditutup ketika semua efek yang ditawarkan telah dijual atau ketika tanggal penutupan periode penawaran telah dicatat.

DPO yang memiliki jumlah minimum dan maksimum efek yang dimaksudkan untuk dijual akan dibatalkan. Jika bunga atau jumlah pesanan yang diterima untuk efek tersebut berada di bawah jumlah minimum yang disyaratkan. Dalam hal ini, semua dana yang diterima akan dikembalikan kepada investor.

Baca: Perusahaan Incaranmu Melantai di Bursa Saham? Ini Tips dan Trik Membeli Saham IPO

Jika jumlah pesanan melebihi jumlah maksimum saham yang ditawarkan, investor akan dilayani dengan sistem siapa cepat dia dapat atau sahamnya diprorata di antara semua investor.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Mengenal Obligasi

Apa Itu Hukum Permintaan dan Penawaran?

Belajar Investasi Saham? Intip Yuk Simulasi Trading hingga Strategi Kelola Saham

Recent Articles

fixed exchange rate adalah

Apa Itu Fixed Exchange Rate?

Retained Earnings adalah

Apa Itu Retained Earnings?

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

contoh gantt chart

Apa Itu Gantt Chart?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya