Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Discount Bond?

Obligasi diskonto atau discount bond adalah obligasi yang diterbitkan kurang dari nilai nominalnya. Pengertian discount bond ini juga diterapkan pada obligasi yang saat ini diperdagangkan dengan harga kurang dari nilai nominalnya di pasar sekunder.

Suatu obligasi dianggap sebagai obligasi diskon besar jika dijual dengan harga yang jauh lebih rendah daripada nilai nominal, biasanya 20% atau lebih.

Obligasi diskon dapat dikontraskan dengan obligasi yang dijual dengan harga premium. Pengertian discount bond ini juga dapat menunjukkan bahwa perusahaan yang menerbitkan obligasi mungkin gagal membayar kewajiban utangnya.

Karena obligasi adalah jenis jaminan utang, pemegang obligasi atau investor menerima bunga dari penerbit obligasi. Bunga ini disebut kupon yang biasanya dibayarkan setengah tahunan, atau bulanan/trwiulanan.

Obligasi diskon atau discount bond dapat dibeli dan dijual oleh investor institusi dan individu. Namun, investor institusi harus mematuhi peraturan khusus untuk penjualan dan pembelian obligasi diskon.

Baca juga: Jenis-jenis Investasi yang Perlu Diketahui Investor, Apa Saja?

Suku bunga dan discount bond

Saat suku bunga naik, harga obligasi akan turun, begitu pula sebaliknya. Obligasi yang menawarkan bunga atau tingkat kupon yang lebih rendah kepada pemegang obligasi daripada suku bunga pasar saat ini kemungkinan besar akan dijual dengan harga lebih rendah daripada nilai nominal.

Harga yang lebih rendah ini disebabkan peluang investor harus membeli obligasi serupa atau sekuritas lain yang memberi imbal hasil lebih baik.

Misalnya, suku bunga naik setelah investor membeli obligasi. Suku bunga yang lebih tinggi dalam perekonomian menurunkan nilai obligasi yang baru dibeli karena membayar suku bunga yang lebih rendah dibandingkan pasar.

Artinya, jika investor ingin menjual obligasi di pasar sekunder, mereka harus menawarkannya dengan harga lebih rendah. Bila suku bunga pasar yang berlaku naik cukup untuk mendorong nilai obligasi, itu disebut sebagai discount bond.

Namun, “diskon” dalam obligasi diskon tidak selalu berarti bahwa investor mendapatkan hasil lebih baik daripada yang ditawarkan di pasar. Sebaliknya, investor mendapatkan harga yang lebih rendah untuk mengimbangi imbal hasil obligasi yang lebih rendah relatif terhadap suku bunga di pasar saat ini.

Sebaliknya, jika suku bunga saat ini turun di bawah tingkat kupon yang ditawarkan, obligasi akan diperdagangkan dengan harga premium atau harga yang lebih tinggi dari nominalnya.

Menggunakan yield to maturity

Investor dapat mengubah harga obligasi lama menjadi nilainya di pasar saat ini menggunakan perhitungan YTM (yield to maturity). YTM mempertimbangkan harga pasar obligasi saat ini, nilai nominal, tingkat bunga kupon, dan waktu jatuh tempo untuk menghitung pengembalian obligasi.

Baca juga: Apa Itu Bond Valuation?

Pro dan kontra obligasi diskon

Sama seperti produk diskon lainnya, ada risiko bagi investor yang membeli discount bond. Namun, ada juga kemungkinan untung. Karena investor membeli investasi dengan harga diskon, ini memberikan peluang lebih besar untuk memperoleh keuntungan modal.

Pemegang obligasi dapat mengharapkan untuk menerima pengembalian reguler kecuali produk tersebut adalah obligasi tanpa kupon.

Pertimbangan kelayakan kredit penerbit terbilang penting, terutama dengan obligasi jangka panjang, karena adanya kemungkinan gagal bayar. Adanya diskonto dalam penawaran tersebut mengindikasikan adanya kekhawatiran bahwa perusahaan yang mendasari dapat membayar dividen dan mengembalikan pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

Sisi pro dari discount bond

  • Terdapat potensi keuntungan modal yang tinggi karena obligasi dijual dengan harga di bawah nilai nominal dan beberapa ditawarkan dengan diskon besar 20% atau lebih
  • Investor menerima bunga reguler, biasanya setengah tahunan, kecuali yang ditawarkan adalah obligasi tanpa kupon.
  • Obligasi diskon atau discount bond tersedia dengan jangka pendek dan jangka panjang.

Kontra dari obligasi diskon

  • Obligasi diskon dapat menunjukkan ekspektasi default penerbit, penurunan dividen, atau keengganan investor untuk membeli utang.
  • Discount bond dengan jangka waktu yang lebih panjang memiliki risiko gagal bayar yang lebih tinggi.
  • Obligasi dengan potongan yang lebih dalam menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam kesulitan keuangan dan berisiko gagal bayar atas kewajibannya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img