Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Economic Moat?

Apa itu economic moat? Ini adalah konsep yang digagas dan dinamai oleh Warren Buffett. Pengertian economic moat adalah keunggulan berbeda yang dimiliki perusahaan atas pesaingnya yang memungkinkannya melindungi pangsa pasar dan profitabilitasnya.

Ini seringkali merupakan keuntungan yang sulit untuk ditiru atau diduplikasi (identiitas merek, paten) dan dengan demikian menciptakan penghalang yang efektif terhadap persaingan dari perusahaan lain.

Karakteristik finansial paling jelas yang dimiliki perusahaan dengan economic moat yang luas adalah bahwa mereka biasanya menghasilkan arus kas bebas dalam jumlah besar.

Perusahaan yang memiliki economic moat juga memiliki rekam jejak pengembalian yang kuat. Bagaimana karakteristik perusahaan yang memiliki economic moat? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Apa Itu Ekuitas Merek?

Memahami Economic Moat

Setiap perusahaan yang sukses memahami bahwa ancaman utama bagi kesuksesan mereka yang berkelanjutan akan berasal dari pesaing. Maka dari itu menjauhkan mereka sangat penting untuk mempertahankan dominasi.

Seiring berjalannya waktu, mereka cenderung melihat penurunan laba karena pesaing menggerogoti pangsa pasar mereka. Oleh karena itu, sebuah bisnis yang ingin tetap dominan harus membangun economic moat.

Economic moat menggambarkan keunggulan kompetitif perusahaan yang diperoleh sebagai hasil dari berbagai taktik bisnis yang memungkinkannya memperoleh keuntungan di atas rata-rata untuk jangka waktu yang berkelanjutan.

Hal ini penting tidak hanya untuk keuntungan perusahaan, tetapi juga bagi calon investor yang ingin memaksimalkan portfolionya dengan memasukkan perusahaan yang akan mempertahankan keunggulan kinerja mereka.

Dengan membangun keunggulan kompetitif yang dapat dipertahankan, sebuah perusahaan dapat membentuk parit ekonomi yang cukup lebar yang secara efektif mengekang persaingan dalam industri mereka.

Pada dasarmya, semakin luas economic moat, semakin besar dan berkelanjutan keunggulan kompetitif suatu perusahaan.

Karakteristik keuangan dengan economic moat

Aset tidak berwujud, seperti perusahaan yang membuat merek terkenal (Nike). Kekuatan harga tepi (Apple), keunggulan biaya (Walmart), sehingga mahal bagi pelanggan untuk beralih produk (perusahaan telepon seluler).

Skala yang efisien, dan efek jaringan adalah semua keuntungan yang dapat dimanfaatkan bisnis untuk menciptakan economic moat yang luas.

Karakteristik keuangan paling jelas yang dimiliki perusahaan dengan economic moat yang luas adalah bahwa mereka biasanya menghasilkan arus kas bebas dalam jumlah besar. Perusahaan ini juga memiliki rekam jejak pengembalian yang kuat.

Baca juga: Investasi Pada Pendapatan Tetap vs. Ekuitas, Bedanya Apa?

Sumber Economic Moat

Perusahaan yang mampu mempertahankan biaya operasional yang rendah dalam kaitannya dengan penjualan dibandingkan dengan perusahaan sejenis memiliki keunggulan biaya, dan dapat melemahkan persaingan dengan menurunkan harga dan menjauhkan pesaing.

Pertimbangkan Wal-Mart Store Inc., yang memiliki volume penjualan yang sangat besar dan menegosiasikan harga rendah dengan pemasoknya. Menghasilkan produk berbiaya rendah di tokonya yang sulit ditiru oleh para pesaingnya.

Aset tak berwujud mengacu pada paten, merek, dan lisensi yang memungkinkan perusahaan melindungi proses produksinya dan membebankan harga premium.

Meskipun merek biasanya berasal dari penawaran dan pemasaran produk unggulan, paten diperoleh sebagai hasil dari pengajuan perusahaan kepada pemerintah untuk melindungi pengetahuan selama jangka waktu tertentu, biasanya 20 tahun.

Perusahaan farmasi memperoleh keuntungan tinggi karena obat yang dipatenkan setelah menghabiskan miliaran untuk penelitian dan pengembangan. Skala efisien muncul ketika pasar tertentu paling baik dilayani oleh sejumlah kecil perusahaan, memberi mereka status monopoli.

Perusahaan utilitas adalah contoh perusahaan dengan skala efisien yang diperlukan untuk melayani listrik dan air kepada pelanggannya dalam satu wilayah geografis. Membangun perusahaan utilitas kedua di area yang sama akan terlalu mahal dan tidak efisien.

Jenis lainnya

Biaya peralihan (switching costs) adalah jenis economic moat lainnya, yang membuatnya sangat memakan waktu dan mahal bagi konsumen untuk berganti produk atau merek. Biaya peralihan adalah biaya yang dikeluarkan konsumen sebagai akibat dari perubahan merek, pemasok, atau produk.

Meskipun biaya peralihan yang paling umum bersifat moneter, terdapat juga biaya peralihan psikologis, berbasis usaha, dan waktu. Lazimnya, perusahaan berusaha menggunakan biaya peralihan tinggi untuk mencegah pelanggan pindah ke merek lain

Perusahaan dengan produk yang sulit dikuasai dan persaingan rendah akan menggunakan biaya peralihan tinggi untuk memaksimalkan keuntungan. Beberapa perusahaan yang tidak dapat membebankan jumlah dolar yang lebih tinggi untuk peralihan akan memastikan waktu tunggu yang lama dan penundaan produk.

Dengan demikian perusahaan dapat menjaga basis konsumen mereka melalui biaya peralihan berbasis waktu yang ketat. Autodesk Inc. menawarkan berbagai solusi perangkat lunak untuk para insinyur dan desainer yang sangat sulit dipelajari.

Setelah pelanggan Autodesk mulai menggunakan perangkat lunaknya, dia tidak mungkin beralih, memungkinkan Autodesk mengenakan harga premium untuk produknya.

Efek jaringan selanjutnya dapat memperkuat economic moat perusahaan dengan membuat produknya lebih bernilai jika semakin banyak orang menggunakannya.

Contoh dari efek jaringan adalah pasar online seperti Amazon dan eBay, yang sangat populer di kalangan konsumen karena banyaknya orang yang membeli dan menjual berbagai produk melalui platform mereka.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img