Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Endowment?

Masyarakat kerap mengenal wakaf atau endowment adalah sumbangan kepada organisasi nirlaba. Namun, belum banyak yang menelusuri bahwa endowment fund adalah sumbangan yang menggunakan investasi yang dihasilkan untuk tujuan tertentu.

Meski diberikan kepada organisasi nirlaba, endowment mengacu pada total aset yang dapat diinvestasikan dari lembaga nirlaba, juga dikenal sebagai pokok atau korpusnya. Yang dimaksudkan untuk digunakan untuk operasi atau program yang sesuai dengan keinginan donor.

Sebagian besar dana abadi atau endowment adalah dana yang dirancang untuk menjaga jumlah pokok tetap utuh. Sementara, endowment fund adalah dana yang digunakan dari pendapatan investasi untuk upaya amal.

Wakaf atau endowment adalah dana yang cenderung diatur sebagai dana perwalian, oleh yayasan swasta, atau badan amal publik. Lembaga pendidikan, lembaga budaya, dan organisasi berorientasi layanan biasanya mengelola dana abadi semacam ini.

Baca juga: Jokowi: Tahun 2020 Ini Saatnya Lakukan Reformasi Lembaga Keuangan Non-Bank

Memahami endowment adalah wakaf yang menggunakan pendapatan tetap dari dana abadi

Wakaf atau endowment adalah dana yang biasanya diatur sebagai dana perwalian, oleh yayasan swasta, atau badan amal publik. Kebanyakan dana abadi dikelola oleh lembaga pendidikan, seperti perguruan tinggi dan universitas.

Yang lainnya diawasi oleh lembaga budaya, seperti museum atau perpustakaan seni, organisasi keagamaan, dan organisasi berorientasi layanan. Misalnya saja, dana untuk panti jompo atau rumah sakit.

Dalam beberapa kasus, persentase tertentu dari aset dana abadi diperbolehkan untuk digunakan setiap tahun sehingga jumlah yang ditarik dari dana abadi dapat berupa kombinasi pendapatan bunga dan pokok. Rasio pokok terhadap pendapatan akan berubah dari tahun ke tahun berdasarkan harga pasar yang berlaku.

Jenis endowment

Ada empat jenis endowment yang umum diketahui, yakni: endowment tidak terbatas, berdasarkan term, endowment semu, dan endowment terbatas. Berikut penjelasannya:

  • Sumbangan tak terbatas, dalam jenis ini, endowment fund adalah aset yang dapat dibelanjakan, disimpan, diinvestasikan, dan didistribusikan sesuai kebijaksanaan lembaga penerima hadiah.
  • Endowment berjangka, pengaturan dana endowment ini biasanya menetapkan bahwa hanya setelah jangka waktu atau peristiwa tertentu, pokok dapat dikeluarkan.
  • A quasi-endowment, berupa sumbangan dari individu atau lembaga, yang diberikan dengan maksud agar dana tersebut dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Pokok biasanya ditahan sementara pendapatan dibelanjakan atau didistribusikan sesuai spesifikasi donor. Dalam kategori ini, endowment adalah dana yang biasanya dimulai oleh lembaga yang memperoleh manfaat dari mereka melalui transfer internal atau dengan menggunakan dana abadi tidak terbatas yang sudah diberikan kepada lembaga tersebut.
  • Dna abadi yang dibatasi, pada spesifikasi ini, dana pokok dipegang selamanya, sementara pendapatan dari aset yang diinvestasikan dibelanjakan sesuai spesfikasi donor.

Kecuali dalam beberapa keadaan, persyaratan dana abadi ini tidak dapat dilanggar. Jika suatu lembaga hampir bangkut atau telah menyatakannya tetapi masih memiliki aset wakaf, pengadilan dapat mengeluarkan doktrin cy-pres.

Dengan demikian, lembaga dapat menggunakan aset tersebut untuk kesehatan keuangan yang lebih baik. Tentu saja, sembari tetap menghormati keinginan donor.

Penarikan dana abadi untuk membayar utang atau biaya operasional juga dikenal sebagai invasi (invasi dana abadi) dan terkadang memerlukan persetujuan negara.

Baca juga: Apa Itu Manajemen Aset?

Endowment adalah wakaf yang juga perlu memenuhi persyaratan

Manajer dana abadi atau endowment adalah mereka yang bertugas menghadapi dorongan dan tarikan kepentingan demi menggunakan aset untuk meneruskan tujuan perwalian. Ini demi menumbuhkan yayasan, lembaga, atau universitas masing-masing secara berkelanjutan.

Tujuan dari setiap kelompok yang diberi tugas untuk mengelola dana abadi universitas, misalnya, adalah untuk menumbuhkan dana secara berkelanjutan dengan menginvestasikan kembali pendapatan dana abadi. Tentu, sambil juga berkontribusi pada biaya operasional institusi dan tujuannya.

Pengelolaan endowment adalah sesuatu yang memerlukan disiplin tersendiri. Garis besar pertimbangan yang disusun oleh tim manajemen terkemuka meliputi beberapa hal. Yakni menetapkan tujuan, mengembangkan kebijakan pembayaran, membangun kebijakan alokasi aset, memilih manajer, mengelola risiko secara sistematis, memotong biaya, dan menentukan tanggung jawab.

Filantropi, atau lebih khusus lagi yayasan non-operasional swasta, merupakan kategori yang mencakup mayoritas yayasan pemberi hibah. Mereka diwajibkan oleh hukum federal untuk membayar 5% dari aset investasi mereka atas dana abadi mereka setiap tahun untuk tujuan amal.

Yayasan operasi swasta harus membayar secara substansial semua, sekitar 85% atau lebih, dari pendapatan investasi mereka, sementara yayasan komunitas tidak memiliki persyaratan.

Contoh sumbangan endowment dari pengalaman nyata

Kelola wakaf tertua yang masih aktif hingga sekarang dibentuk oleh Raja Henry VIII dan kerabatnya. Neneknya, Countess of Richmond, mendirikan kursi yang diberkahi dalam ketuhanan di Oxford dan Cambrdge. Sementara Henry VIII mendirikan jabatan profesor dalam berbagai disiplin ilmu di Oxford dan Cambridge.

Endowment adalah hal yang sangat lazim di institusi pendidikan tinggi. Harvard memiliki sumbangan universitas terbesar di dunia. Totalnya USD 40,9 M pada Juni 2019, akhir tahun fiskal. University of Texas memiliki dana abadi terbesar kedua di AS dengan nilai aset hingga USD 31 M.

Namun demikian, para pejabat Harvard mengatakan bahwa seperti universitas lain, karena dampak virus corona terhadap ekonomi dan pasar keuangan, dana abadi mereka telah mengalami kerugian investasi yang signifikan pada 2020.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img