Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Endowment Fund?

Apa itu Endowment Fund? Endowment Fund adalah merupakan suatu sarana investasi berkesinambungan yang hasilnya digunakan untuk tujuan-tujuan nirlaba, endowment fund juga diatikan sebagai dana abadi. Contohnya seperti bantuan korban bencana alam, pelestarian lingkungan hidup, keagamaan, budaya, pendidikan, serta tujuan nirlaba lainnya.

Endowment Fund alias dana abadi singkatnya adalah sebuah kumpulan dana yang dikelola oleh sebuah lembaga untuk tujuan-tujuan sosial yang ditetapkan oleh penyumbang dana (donor) dan pengurus lembaga. Dana-dana tersebut diharapkan tetap utuh selamanya, untuk periode waktu tertentu.

Baca: Apa Itu Trust Fund (Dana Amanah)?

Kesimpulan 

Endowment Fund adalah dana abadi yang dimaksud bisa dalam bentuk hibah, sedekah, wakaf atau apa saja namanya, yang dititipkan kepada organisasi atau lembaga untuk dikelola dengan baik. Kemudian dana amanah tersebut disalurkan untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan maksud dan tujuan pemberi dana.

Bentuk-bentuk Endowment Fund

Bentuk endowment fund atau dana abadi terdiri dari 4 bagian:

Pertama, sinking fund, dana amanah yang diterima lembaga harus dihabiskan untuk suatu program.

Kedua, endowment fund, yaitu dana yang diterima oleh suatu lembaga dan dikelola untuk kebutuhan abadi, tanpa batasan waktu. Biasaya digunakan untuk investasi jangka panjang.

Ketiga, revolving fund, yaitu dana cadangan bergulir yang dipakai untuk program-program bergulir. Pada umumnya jenis dana ini digunakan untuk untuk pinjaman dan modal usaha. Penyalur dana mendapat bagian dari hasil dana yang disalurkan.

Dan yang terakhir adalah dana amanah campuran, yang mengkombinasikan tiga model dana abadi sebelumnya.

Baca: Bisa Bantu Saat Krisis, Ini 5 Trik Memulai Dana Darurat Tanpa Ganggu Cashflow

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Reksadana Indeks (Index Fund)?

Bisa Bantu Saat Krisis, Ini 5 Trik Memulai Dana Darurat Tanpa Ganggu Cashflow

Apa Itu Trust Fund (Dana Amanah)?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img