Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu EPS (Laba per Saham)?

DEFINISI

Laba per Saham atau Earnings per share atau EPS adalah salah satu cara untuk membantu mengukur profitabilitas perusahaan, dengan cara membagi berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan dengan jumlah total saham.

Memahami EPS

Laba per saham (EPS) hanyalah salah satu dari banyak alat yang dimiliki investor di kotak alat mereka untuk menganalisis kesehatan bisnis dan memperkirakan nilai keseluruhannya. EPS adalah total laba bersih (dikurangi dividen yang dibayarkan pada saham preferen, jika ada) dibagi dengan jumlah total saham yang dimiliki orang di perusahaan itu.

EPS menunjukkan berapa banyak uang yang diperoleh perusahaan untuk setiap saham. Ini membantu menunjukkan seberapa menguntungkan saham perusahaan dibandingkan dengan yang lain – semakin tinggi EPS, semakin tinggi profitabilitasnya. EPS hanyalah salah satu alat dalam kotak peralatan besar dan rasio lainnya yang membantumu meningkatkan bisnis.

CONTOH

Baik kamu berbicara tentang perusahaan teknologi atau pembuat mobil, kamu dapat menggunakan EPS untuk menilai keuntungan perusahaan itu.

Ambil Ford, misalnya – EPSnya selama tiga bulan pertama tahun 2019 adalah $ 0,29 per saham, yang dihitung dengan mengambil laba bersihnya selama periode itu ($ 1,77 miliar) dikurangi dividen pilihan yang dibayarkan ($ 597 juta), dibagi dengan jumlah rata-rata dari saham biasa yang beredar (3.97B), semua dalam periode waktu yang sama. Itu sama dengan $ 0,29 dalam laba per saham. (Angka ditarik dari pendapatan Ford Q1 2019).

Kesimpulan

EPS adalah salah satu alat untuk membantu investor mengenal saham …

Laba per saham menunjukkan bagian mana dari total laba perusahaan yang “dimiliki” oleh masing-masing saham individu. Melacak EPS perusahaan dari waktu ke waktu membantumu menilai perubahan nilai saham dari waktu ke waktu.

Ketahui Lebih Lanjut …

Mengapa EPS itu penting?

Apa yang ditunjukkan oleh EPS tentang kekuatan bisnis?

Menggali lebih dalam formula EPS

Tiga jenis EPS

Mempertimbangkan modal, serta EPS

Apa perbedaan antara EPS dan rasio harga terhadap pendapatan?

Apa perbedaan antara EPS dan dividen?

Mengapa EPS Itu Penting?

EPS adalah cara praktis untuk membantu mengukur satu indikator utama kekuatan perusahaan – profitabilitas, alias, seberapa bagus perusahaan dalam menghasilkan uang. EPS adalah masalah besar bagi perusahaan karena dapat memiliki dampak penting pada harga saham, yang memengaruhi investor, orang dalam, dan siapa pun yang berpikir untuk membeli beberapa saham.

Ketika EPS saham naik atau turun, itu bisa berkorelasi dengan kenaikan atau penurunan harga saham. Ini karena EPS yang lebih tinggi menunjukkan perusahaan menghasilkan lebih banyak uang. Jika EPS turun, itu menunjukkan laba menyusut.

Melacak EPS adalah salah satu dari banyak cara untuk mengeluarkan kaca pembesarmu dan melihat dengan cermat pertumbuhan masa depan perusahaan – ke segala arah. Misalnya, EPS yang terus naik menunjukkan bahwa perusahaan menjadi lebih menguntungkan (lebih baik dalam menghasilkan uang) dari waktu ke waktu, sementara EPS yang tersendat atau EPS yang menurun dapat menandakan bahwa hari-hari kejayaan perusahaan ada di belakangnya.

Apa yang Ditunjukkan oleh EPS tentang Kekuatan Bisnis?

Ingatlah ini: Hanya karena EPS naik atau turun, tidak berarti kinerja perusahaan lebih baik atau lebih buruk. Demikian pula, jika EPS satu perusahaan lebih tinggi daripada EPS yang lain, itu tidak menjamin bahwa perusahaan itu lebih baik dalam menghasilkan uang.

Itu karena EPS dapat berubah hanya karena jumlah total saham perusahaan di pasar bertambah atau berkurang. Jika lebih banyak saham tersedia, tetapi pendapatan perusahaan (juga disebut “pendapatan bersih”) tetap sama, EPSnya akan semakin kecil. Demikian pula, jika jumlah saham berkurang, atau perusahaan membeli kembali lebih banyak dari sahamnya sendiri dan pendapatannya tetap sama, EPS menjadi lebih besar.

Namun, tak satu pun dari perubahan dalam EPS ini adalah hasil dari perubahan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba.

Menggali lebih dalam Formulanya

Dalam persamaan EPS, pembilang – penghasilan – berasal dari laporan pendapatan perusahaan, seperti kartu laporan yang keluar sekali kuartal atau setahun sekali. (Jika EPS dihitung menggunakan metrik tahunan, itu disebut “EPS tahunan”).

Penyebut – jumlah total saham yang beredar – dapat ditemukan dalam dua cara utama. Pertama, jumlah total saham dapat ditarik dari laporan keuangan perusahaan, seperti laporan laba rugi, pada akhir periode waktu tertentu.

Namun, karena jumlah total saham dapat berubah pada titik waktu mana pun, cara kedua yang lebih akurat untuk menghitung jumlah saham adalah dengan menghitung rata-rata saham terhitung yang beredar selama periode waktu tertentu, alih-alih hanya menggunakan final angka pada akhir periode keuangan. Rata-rata ini menghasilkan penghitungan yang lebih akurat, dan angka EPS akhir yang lebih tepat. 

Apakah kamu menggunakan cara penghitungan saham pertama atau kedua, kamu dapat menghitung peristiwa yang mengubah jumlah saham, seperti dividen saham, pemecahan saham, penerbitan saham, atau pembelian kembali saham untuk mendapatkan penghitungan akhir yang lebih akurat.

Tiga Jenis EPS

Tiga versi utama EPS semuanya seperti potongan-potongan pizza laba, tetapi mereka diiris dengan cara yang sedikit berbeda:

EPS Dasar

Ini adalah perhitungan EPS kamu yang paling mudah. Seperti semua varietas EPS, pembilang (angka teratas), dihitung dengan mengambil total laba bersih perusahaan dan mengurangkan dividen apa pun yang dibayarkan kepada pemegang saham yang memiliki saham biasa yang disukai (alias “dividen pilihan).

Penyebut (angka bawah), adalah jumlah total saham beredar pada akhir periode waktu tertentu, atau rata-rata jumlah saham beredar selama periode waktu tertentu. EPS dasar membuat segala sesuatunya sederhana.

EPS terdilusi

Jenis ini menggunakan pembilang yang sama (total laba bersih dikurangi dividen pilihan) sebagai EPS dasar. Tetapi, EPS yang terdilusi mendapat lebih banyak pada gulma dalam penyebut. Alih-alih hanya mengambil jumlah total saham yang beredar atau rata-rata total jumlah saham yang beredar, EPS terdilusi menggunakan perhitungan yang lebih rinci untuk jumlah saham, yang biasanya menghasilkan penyebut yang lebih tinggi.

Dan penyebut yang lebih besar berarti EPS yang lebih kecil. EPS terdilusi dapat menjelaskan saham tambahan, yang pada titik tertentu, juga bisa menjadi saham biasa, tetapi belum. Ini dapat mencakup opsi saham, saham pilihan (saham yang biasanya datang dengan kekuatan suara dan dimiliki oleh orang dalam), unit saham terbatas, dan banyak lagi. Menambahkan saham ini ke jumlah total saham beredar meningkatkan penyebut, dan menghasilkan jumlah EPS yang lebih konservatif.

EPS yang Disesuaikan

Sementara EPS yang diencerkan adalah tentang penyesuaian (fine-tuning) penyebut, EPS disesuaikan mengasah pada pembilang.  Dan cenderung menggunakan penyebut yang sama dengan EPS dasar (jumlah total atau jumlah rata-rata saham beredar selama periode waktu tertentu), tetapi menyumbang lebih banyak faktor dalam pembilang (laba bersih), untuk menawarkan rasa yang lebih realistis dari suatu perusahaan kinerja bisnis sehari-hari.

EPS yang disesuaikan dapat mempertimbangkan keuntungan besar atau kerugian satu kali saja yang tidak mencerminkan bisnis inti. Misalnya, jika perusahaan teknologi menghasilkan laba signifikan dari penjualan sebidang real estat, EPS yang disesuaikan dapat mengecualikan keuntungan itu dari pembilang, karena itu tidak mencerminkan bagaimana bisnis teknologi inti (penjualan perangkat lunak) benar-benar melakukan.

Demikian pula, jika rantai ritel besar akan menutup 20 toko, EPS yang disesuaikan dapat mengecualikan pendapatan dari toko-toko itu dari pembilang (laba bersih), mengetahui bahwa toko-toko itu tidak akan menghasilkan penjualan apa pun di masa depan.

Garis bawah EPS dasar adalah kalkulator cepatmu untuk laba per saham perusahaan. EPS terdilusi dan EPS yang disesuaikan menggabungkan lebih banyak metrik dalam penyebut dan pembilang dari persamaan EPS masing-masing. Itu biasanya menghasilkan angka EPS yang lebih konservatif yang dapat lebih mencerminkan bagaimana perusahaan mungkin terlihat di masa depan.

Mempertimbangkan Modal, serta EPS

EPS adalah alat yang berguna, tetapi memiliki keterbatasan. Angka kunci untuk digabungkan ketika menghitung profitabilitas atau penilaian perusahaan (berapa nilainya), adalah modal – berapa banyak dana yang digunakan perusahaan untuk menjalankan bisnis dan menghasilkan pendapatannya.

Jika dua perusahaan menghasilkan pendapatan yang sama, satu perusahaan kemungkinan masih lebih efisien daripada yang lain, berdasarkan berapa banyak modal yang digunakan masing-masing perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Jumlah keuntungan yang dapat dikeluarkan perusahaan dari jumlah modal tertentu disebut Return on Capital, yang merupakan metrik kinerja lain dalam kotak peralatan investor.

Apa Perbedaan antara EPS dan Rasio Harga terhadap Pendapatan? 

EPS dan rasio harga terhadap pendapatan (rasio PE) adalah dua alat berbeda dalam kotak penilaianmu yang dapat digunakan untuk membantu menilai kesehatan suatu perusahaan dan potensinya untuk berkembang. Mereka sedikit seperti boneka bersarang Rusia. EPS sebenarnya merupakan komponen dari rasio PE, yang merupakan rasio yang ditemukan dengan membagi harga saham perusahaan dengan EPS-nya. 

Untuk apa rasio PE? Pada dasarnya ini cara untuk mengukur seberapa banyak investor bersedia membayar untuk setiap dolar pendapatan, dan itu bisa menjadi sinyal kuat apakah perusahaan berada di jalur untuk pertumbuhan atau penurunan.

Saham dengan rasio PE yang lebih tinggi dapat menandakan bahwa investor mengharapkan perusahaan untuk melihat pertumbuhan besar di masa depan. Bahkan jika itu tidak baik dalam menghasilkan keuntungan sekarang. Demikian pula, perusahaan yang tidak diharapkan memiliki percepatan pertumbuhan lain cenderung memiliki rasio PE yang lebih rendah.

EPS dan rasio PE keduanya ditautkan dengan laporan pendapatan perusahaan (kartu laporan keuangan resmi perusaahaan). Sementara penghasilan yang kuat dapat membantu meningkatkan komponen pendapatan individu dari setiap rasio. Pendapatan yang besar juga dapat menaikkan harga per saham. Demikian juga, pendapatan yang lemah dapat menurunkan komponen pendapatan dan menurunkan stok. 

Apa Perbedaan antara EPS dan Dividen?

Dividen adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kembali kepada pemegang saham, seperti menerima cek dari nenek melalui pos. Sementara itu, pendapatan yang diwujudkan melalui metrik EPS tidak langsung tersedia bagi pemegang saham.

Perusahaan berpegang pada nilai laba yang diwakili dalam laba per saham. Sehingga dapat mengakumulasi uang tunai dan sumber daya dengan tujuan menjalankan bisnis yang kokoh. Setelah laba dibuat oleh perusahaan, manajemennya memiliki sejumlah hal yang dapat dilakukan dengan laba tersebut. Salah satunya adalah mengirimkan dividen kepada pemegang saham.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Recent Articles

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leverage adalah

Apa Itu Leverage?

defisit anggaran adalah

Apa Itu Defisit Anggaran?

Home equity loan adalah

Apa Itu Home Equity Loan?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya