Apa Itu Futures Spread?

0
47
Apa itu Futures spread

Pengertian futures spread adalah penyebaran berjangka teknik arbitrase di mana pedagang mengambil dua posisi pada komoditas untuk memanfaatkan perbedaan harga. Dalam future spread, pedagang menyelesaikan perdagangan unit dengan posisi panjang dan pendek.

Spread berjangka adalah salah satu jenis strategi yang dapat digunakan pedagang untuk mencari keuntungan melalui penggunaan derivatif pada investasi yang mendasarinya.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan selisih harga antara dua posisi. Seorang pedagang mungkin berusaha untuk mengambil Future Spread pada suatu aset. Ketika mereka merasa ada potensi untuk mendapatkan keuntungan dari volatilitas harga.

Future spread membutuhkan dua posisi secara bersamaan dengan tanggal kedaluwarsa yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan harga. Kedua posisi tersebut diperdagangkan secara bersamaan sebagai satu unit, dengan setiap sisi dianggap sebagai bagian dari perdagangan unit.

Baca juga: Apa Itu Kontrak Berjangka?

Jenis-jenis Futures Spread

Inter-Commodity Futures Spread: Ini adalah spread berjangka antara dua komoditas yang berbeda, tetapi terkait dengan bulan kontrak yang sama. Misalnya, seorang pedagang di pasar gandum daripada pasar jagung akan membeli futures gandum dan sekaligus menjual futures jagung.

Pedagang mendapat untung jika harga atau gandum naik melebihi harga jagung.

Penyebaran Kalender Intra-Komoditas: Ini adalah sebaran berjangka di pasar komoditas yang sama, dengan kaki beli dan jual tersebar di antara bulan yang berbeda. Misalnya, seorang pedagang dapat membeli kontrak berjangka gandum bulan Maret dan menjual kontrak berjangka gandum bulan September.

Alternatifnya, pedagang dapat menjual kontrak berjangka gandum bulan Maret dan membeli kontrak berjangka gandum bulan September.

Perdagangan Bitcoin

Futures Spread mulai diperdagangkan pada Desember 2017. Produk berjangka ini menawarkan kesempatan untuk penyebaran berjangka untuk mendapatkan keuntungan dari volatilitas harga.

Baca juga: Apa Itu Jakarta Futures Exchange?

Seorang pedagang yang yakin harga akan naik dari waktu ke waktu dapat mengambil kontrak beli satu bulan dan kontrak jual dua bulan dengan harga lebih tinggi. Mereka menggunakan opsi mereka untuk membeli dalam kontrak satu bulan dan kemudian menjual dalam kontrak dua bulan, mendapatkan keuntungan dari perbedaan tersebut.

Margin Perdagangan

Margin lebih rendah untuk Futures Spread daripada untuk perdagangan kontrak tunggal karena volatilitas yang berkurang. Jika peristiwa pasar eksternal terjadi, seperti pergerakan suku bunga yang mengejutkan atau serangan teroris, baik kontrak jual maupun beli, secara teori, harus terpengaruh secara sama.

Misalnya keuntungan di satu sisi mengimbangi kerugian di sisi lain. Secara efektif memberikan lindung nilai terhadap risiko sistematis, memungkinkan bursa mengurangi margin untuk perdagangan spread.

Misalnya Chicago Mercantile Exchange (CME) memiliki persyaratan margin $ 1.000 untuk satu kontrak jagung. Sedangkan persyaratan margin $ 140 untuk penyebaran berjangka tahun tanaman yang sama.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here