Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Ganti Rugi (Indemnity)

DEFINISI

Ganti rugi adalah jenis kompensasi asuransi yang komprehensif di mana satu pihak setuju untuk melindungi pihak lain dari kerusakan, kerugian, atau pertanggungjawaban finansial.

Memahami Ganti Rugi (Indemnity)

Ganti rugi adalah keamanan atau perlindungan terhadap kerugian finansial. Itu juga bisa merujuk pada pembebasan tanggung jawab atas kerusakan. Ini adalah perjanjian kontraktual antara dua pihak di mana satu pihak setuju untuk memberikan kompensasi kepada pihak lain atas kerugian yang timbul sebagai akibat dari tindakan pihak lain.

Ini sering datang dalam bentuk kontrak asuransi, di mana perusahaan asuransi memberi ganti rugi kepada pemegang polis sebagai imbalan atas premi yang dibayarkan oleh tertanggung. Asuransi ganti rugi sering dapat ditemukan di industri tertentu di mana para profesional membeli asuransi ganti rugi untuk melindungi diri dari tanggung jawab pribadi. 

CONTOH

Jenis asuransi ganti rugi yang umum adalah asuransi malpraktek medis. Asuransi malpraktek dibeli oleh para profesional perawatan kesehatan untuk melindungi diri mereka dari tanggung jawab pribadi jika mereka dituntut selama menjalani pekerjaan mereka. Profesional medis membayar premi kepada penanggungnya, dan mereka kemudian diberi ganti rugi dari kerugian finansial yang mungkin timbul dari tuntutan hukum terhadap mereka. 

Kesimpulan

Ganti rugi adalah seperti keluar dari kartu bebas penjara (yang biasanya kamu bayar) …

Nasib buruk seperti rumahmu terbakar atau mobilmu dihancurkan – atau dituntut karena kelalaian profesional – dapat memusnahkan kamu secara finansial. Tetapi kadang-kadang kamu bisa keluar dari jenis kemacetan ini jika kamu telah membayar perusahaan asuransi untuk mengganti kerugianmu. 

Ketahui Lebih Lanjut…

Apa itu asuransi ganti rugi?

Bagaimana cara kerja ganti rugi?

Apa Itu Asuransi Ganti Rugi?

Asuransi ganti rugi adalah perjanjian kontraktual antara dua pihak di mana satu pihak berjanji untuk memberikan kompensasi kepada pihak lainnya atas setiap potensi kerugian. Asuransi ganti rugi juga dapat disebut sebagai perjanjian ganti rugi (ganti rugi adalah tindakan dilindungi dari bahaya atau kerugian dengan mengalihkan tanggung jawab kepada pihak lain).

Ada banyak situasi berbeda di mana asuransi ganti rugi masuk akal, baik dalam pengaturan bisnis maupun pribadi.

Ada beberapa situasi di mana asuransi ganti rugi adalah wajib. Misalnya, profesional tertentu, seperti yang ada di bidang perawatan kesehatan, harus membawa asuransi ganti rugi.

Jenis Asuransi Ganti Rugi

Pertama, Asuransi malpraktek (Malpractice insurance): Ini adalah jenis asuransi ganti rugi yang dibeli oleh profesional kesehatan. Asuransi malpraktek melindungi mereka jika pasien menuntut karena kelalaian atau membahayakan pasien. 

Asuransi kesalahan dan kelalaian (Errors and omissions insurance E&O): E&O adalah jenis asuransi ganti rugi profesional yang melindungi perusahaan dan karyawan mereka seandainya seseorang mengklaim bahwa mereka lalai atau pekerjaan mereka tidak memadai.

E&O mencakup profesional yang memberikan nasihat atau layanan – seperti konsultan, penasihat keuangan, agen asuransi, atau pengacara. 

Asuransi jabatan direksi dan petugas (Directors and officers insuranceD&O): D&O adalah jenis asuransi ganti rugi yang mencakup seseorang jika seseorang menuntut mereka dalam kapasitasnya sebagai direktur atau pejabat bisnis atau organisasi nirlaba.

Baca juga: Apa Itu Asuransi?

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan akan membeli asuransi ganti rugi jenis ini untuk menutupi biaya direktur / pejabat dan perusahaan itu sendiri.

Asuransi ganti rugi kesehatan (Indemnity health insurance): Asuransi ganti rugi kesehatan, sering disebut sebagai paket biaya layanan, adalah paket layanan kesehatan yang menawarkan lebih banyak fleksibilitas daripada paket asuransi kesehatan lainnya, termasuk memungkinkanmu memilih dokter atau penyedia layanan kesehatanmu.

Homeowners insurance: Asuransi pemilik rumah memberi ganti rugi kepada pemilik rumah terhadap biaya perbaikan kerusakan pada rumah – atau terhadap kerugian total rumah. Pemilik rumah membayar premi untuk asuransi ini. Persyaratan dapat sangat bervariasi tergantung pada kontrak. 

Asuransi mobil (Car insurance): Asuransi mobil juga merupakan contoh asuransi ganti rugi. Pertama, perusahaan asuransi setuju untuk menanggung kerugian finansial yang mungkin diderita seseorang jika mobil mereka rusak. Dalam kasus asuransi mobil, perusahaan asuransi biasanya juga setuju untuk menerima tanggung jawab jika pengemudi yang diasuransikan bertanggung jawab atas kerusakan pada kendaraan orang lain. Ketika dua mobil mengalami kecelakaan, perusahaan asuransi untuk pengemudi “yang salah” biasanya akan setuju untuk menanggung biaya kerusakan yang terjadi pada kedua belah pihak.

Bagaimana Cara Kerja Ganti Rugi?

Dengan asuransi ganti rugi, kedua pihak (perusahaan asuransi dan tertanggung) mengadakan perjanjian di mana tertanggung menyerahkan risiko mereka kepada perusahaan asuransi dengan imbalan premi asuransi.

Kemudian, jika tertanggung menderita kerugian yang dicakup oleh perjanjian ganti rugi, perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya tersebut.

Bagaimana Ganti Rugi Dibayarkan?

Ganti rugi biasanya dibayarkan dalam bentuk pembayaran moneter. 

Misalnya, katakanlah seseorang menuntut dokter karena kelalaiannya, dan dokter itu harus membayar ganti rugi. Penyedia asuransi ganti rugi dokter (alias asuransi malpraktek) akan bertanggung jawab untuk membayar ganti rugi atas nama dokter, sesuai perjanjian yang dimiliki kedua belah pihak.

Contoh lain adalah asuransi kesehatan ganti rugi. Para pihak telah sepakat sebelumnya bahwa perusahaan asuransi akan menanggung biaya tertentu yang terkait dengan perawatan medis. Jadi, ketika pihak tertanggung memiliki biaya pengobatan, penyedia asuransi menanggungnya (atau mengganti biaya pihak yang diasuransikan untuk biayanya).

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Membutuhkan Asuransi Ganti Rugi?

Ada beberapa pertanyaan yang dapat kamu tanyakan pada diri sendiri untuk menentukan apakah kamu harus membeli asuransi ganti rugi. Setiap produk keuangan memiliki potensi risiko dan manfaat; berkonsultasilah dengan penasihat. 

  • Apakah kamu memberikan saran dan konsultasi profesional? Lebih khusus lagi, dapatkah seseorang menuntutmu jika kamu memberikan saran yang tidak akurat? Bahkan dalam profesi yang tidak diharuskan, kamu mungkin ingin berkonsultasi dengan penasihat.
  • Apakah kamu harus memilikinya? Ada beberapa pekerjaan di mana kamu diharuskan memiliki asuransi ganti rugi. Seperti yang telah kita diskusikan, profesional medis termasuk dalam kategori ini. Persyaratan mungkin berasal dari negara bagianmu, asosiasi profesional tempatmu menjadi bagian, atau badan lisensi. Jika kamu berpikir ini mungkin kamu, sumber daya manusia majikanmu akan menjadi tempat yang sangat baik untuk memulai.

Apa Asuransi Ganti Rugi Terbaik?

Jika kamu mencari-cari asuransi ganti rugi profesional, ada beberapa hal yang harus kamu ingat sebelum memilih perusahaan asuransi yang tepat untukmu. 

Pertama, kamu bisa mulai dengan meminta rekomendasi orang lain di bidangmu. Jika kamu berada di bidang di mana jenis asuransi ini umum atau bahkan diperlukan, maka kemungkinan seseorang akan memiliki satu atau dua saran.

Selanjutnya, penting untuk membaca dengan cermat perjanjian ganti rugi sebelum kamu menyetujuinya. Beberapa perusahaan asuransi mungkin menawarkan kebijakan yang lebih komprehensif daripada yang lain. Hal terakhir yang kamu inginkan adalah menghadapi tuntutan hukum dan mengetahui bahwa kebijakanmu tidak sepenuhnya mencakup situasimu.

Setelah itu, tanyakan perusahaan asuransi tentang kebijakan yang dapat dikurangkan. Seperti jenis asuransi lainnya, asuransi ganti rugi profesional seringkali datang dengan deductible. Kamu ingin memastikan ini adalah jumlah yang dapat kamu bayar secara wajar jika terjadi tuntutan hukum. 

Kamu mungkin ingin berkonsultasi dengan broker asuransi atau penasihat keuangan lainnya.

Apa Perbedaan antara Rencana Asuransi Ganti Rugi Kesehatan dan Asuransi Jabatan Direksi dan Petugas (preferred provider organization – PPO)?

Ganti rugi dan PPO (organisasi penyedia pilihan) keduanya jenis asuransi kesehatan.

Perbedaan utama antara asuransi ganti rugi kesehata dan PPO adalah bahwa ganti rugi memungkinkanmu memilih dokter. Kamu tidak perlu pergi ke suatu tempat yang “dalam jaringan”. 

Selain itu, kamu tidak perlu mendapatkan rujukan dari penyedia layanan primer untuk menemui spesialis. Karena itu, kamu memiliki kontrol yang lebih besar terhadap layanan kesehatanmu. 

Baca juga: Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Namun, karena tidak ada jaringan, perusahaan asuransimu mungkin tidak memiliki tarif yang dinegosiasikan lebih rendah dengan penyedia medis yang akan ada dengan PPO.

Program asuransi ganti rugi kesehatan juga disebut sebagai paket biaya layanan. Perusahaan asuransimu menentukan berapa biaya yang wajar untuk layanan tertentu, dan itu adalah jumlah yang dibayarkan perusahaan asuransimu. 

Jenis rencana ini memerlukan penelitian dari pihak tertanggung karena kamu ingin memastikan bahwa penyedia layanan medismu membebankan biaya untuk layanan mereka yang sesuai dengan apa yang diganti oleh perusahaan asuransimu.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Kapitalisme?

Ekuitas Minus Rp23,92 T, Jiwasraya Bangkrut dan Gagal Penuhi Aturan OJK

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img