Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Geometric Mean?

Apa itu Geometric Mean? Geometric Mean adalah nilai rata-rata yang diperoleh dengan mengalikan semua data dalam suatu kelompok sampel. Kemudian diakarpangkatkan dengan banyaknya data sampel tersebut. Karena mengikuti proses akar pangkat, maka apabila terdapat unsur data yang bernilai negatif maka rata-rata ukur tidak bisa dilakukan.

Rumus Geometric Mean

Berikut ini adalah rumus-rumus untuk menghitung Geometric Mean alias rata-rata geometrik.

Cara pertama Geometric Mean adalah dengan mengalikan semua nilai yang ada, kemudian diakarkan dengan pangkat jumlah dalam kumpulan data tersebut

Dapat diterangkan dengan rumus:

rata - rata geometrik

Cara ini akan mudah dilakukan jika jumlah data tidak terlalu banyak. Namun jika data sudah puluhan atau ratusan, tentu tidak akan mudah mengalikan semua nilai di kumpulan data tersebut. Maka digunakanlah cara kedua yakni dengan bantuan logaritma. Semua nilai pada data dilog-kan terlebih dahulu, kemudian lakukan rumus rata – rata aritmatik.

Baca: Apa Itu Compound Interest?

Rumusnya adalah sebagai berikut:

Apa Itu Geometric Mean?, Pluang

Rata – rata geometrik cocok digunakan jika kita sebagai peneliti menekankan pada gap setiap data yang dimiliki. Atau dengan kata lain, kita menginginkan adanya peningkatan dari nilai yang paling rendah, karena nilai tertinggi pada kelompok tersebut tidak terlalu berpengaruh.

Baca: Mengenal Compound Interest, Konsep Bunga Lipat Ganda dalam Investasi

Hal ini sangat bisa dipahami dengan struktur rumus dari rata – rata geometrik. X1 dikali X2 dan seterusnya. Kemudian diakar pangkat n.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Pro Rata?

Mengenal Compound Interest, Konsep Bunga Lipat Ganda dalam Investasi

Apa Itu Faktor Produksi?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img