Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Global Bond?

Global bond adalah jenis obligasi yang dapat diperdagangkan di pasar domestik atau antara negara. Apa itu global bond pada dasarnya adalah obligasi yang diterbitkan dan diperdagangkan di luar negara tempat mata uang obligasi tersebut berdenominasi.

Pada satu kasus, jenis obligasi ini diterbitkan oleh perusahaan non-Eropa tetapi dijual di negara Eropa atau pasar luar negeri lainnya. Misalnya, perusahaan AS dapat menerbitkan obligasi di Eropa.

Obligasi global atau global bond adalah obligasi ini dijual dalam berbagai jangka waktu dan kualitas kredit. Di pasar AS, apa itu global bond kerap juga disebut Eurobond.

Ketika perusahaan multinasional memutuskan untuk mengumpulkan modal besar, mereka dapat memilih untuk menerbitkan juga obligasi global. Jadi, obligasi ini tidak mutlak dikeluarkan oleh pihak pemerintah.

Global bond adalah obligasi internasional yang ditawarkan secara bersamaan di berbagai pasar modal termasuk Eropa, Asia, dan AS. Obligasi ini mungkin memiliki tingkat bunga tetap atau mengambang dengan jangka waktu mulai dari 1-30 tahun.

Baca juga: Apa Itu Bond Valuation?

Global bond adalah obligasi yang diperdagangkan secara internasional

Beberapa obligasi global atau global bond adalah obligasi yang didenominasikan dalam mata uang dasar negara perusahaan, seperti yen untuk perusahaan Jepang dan euro untuk perusahaan Jerman.

Obligasi global lainnya didenominasikan dalam mata uang negara tempat penerbitan obligasi. Kembali ke contoh sebelumnya, perusahaan AS dapat menjual obligasi di pasar Jepang dan mendenominasi dalam yen.

Karena fluktuasi nilai tukar, investor biasanya berinvestasi dalam pendapatan tetap asing yang menghasilkan pengembalian yang sederhana dan sedikit berfluktuasi.

Investasi global bond adalah juga dipandang sebagai cara untuk mendiversifikasi portofolio yang terbatas pada denominasi tertentu atau obligasi satu negara tertentu. Ini seperti halnya obligasi AS karena obligasi ini memiliki korelasi yang lebih kecil dengan obligasi pendapatan tetap asing.

Global bond dan Eurobond

Salah satu global bond adalah juga eurobond, tetapi dengan fitur tambahan. Eurobond adalah obligasi internasional yang diterbitkan dan diperdagangkan di negara selain negara di mana mata uang atau nilai obligasi tersebut didenominasikan. Obligasi ini diterbitkan dalam mata uang yang bukan mata uang domestik penerbitnya.

Suatu perusahaan Prancis yang menerbitkan obligasi di Jepang dalam mata uang dolar AS telah menerbitkan obligasi eurobond, khususnya obligasi eurodollar. Jenis eurobond lainnya adalah obligasi euroyen dan euroswiss.

Obligasi global itu sendiri mirip dengan eurobond tetapi juga dapat diperdagangkan dan diterbitkan secara bersamaan di negara yang mata uangnya digunakan untuk menilai obligasi. Dari contoh di atas, obligasi global adalah obligasi di mana perusahaan Perancis menerbitkan obligasi dalam mata uang dolar AS tetapi menawarkan obligasi di pasar Jepang dan AS.

Baca juga: Fokus Investasi di Obligasi? Ini 4 Strategi Jitu untuk Mengelola Portofoliomu

Mengkategorikan obligasi global

Obligasi global atau global bond adalah obligasi yang dapat dikelompokkan menjadi obligasi negara maju dan obligasi pasar berkembang.

Jenis obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan dan pemerintah dari negara maju diterbitkan dengan jatuh tempo dan kualitas kredit yang berbeda. Beberapa dari obligasi ini berdenominasi dolar AS. Namun, sebagian besar dalam mata uang negara asalnya.

Obligasi pasar berkembang biasanya diterbitkan oleh pemerintah berdaulat, bukan korporasi. Jenis obligasi ini berdenominasi dolar dan menawarkan suku bunga tinggi karena tingkat risiko yang dianggap lebih tinggi dari investasi obligasi yang diterbitkan oleh negara yang secara ekonomi tidak stabil. Menerbitkan global bond adalah obligasi yang umumnya dipandang sebagai jalan untuk mengamankan finansial suatu negara.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img