Apa Itu Gross Domestic Product?

0
2052
gross domestic product adalah

Gross Domestic Product adalah…

Gross Domestic Product adalah nilai total semua barang dan jasa yang diproduksi suatu negara dalam periode waktu tertentu.

Memahami Gross Domestic Product

Produk Domestik Bruto mengukur nilai segala sesuatu yang diproduksi suatu negara. Hampir tidak mungkin untuk menghasilkan daftar lengkap hal-hal yang termasuk dalam PDB – ini akan sangat panjang – tetapi ada formula yang dapat kamu gunakan untuk menemukan PDB suatu negara:

Ekspor bersih + investasi + konsumsi + pengeluaran pemerintah = PDB

Kamu dapat menemukan ekspor neto menggunakan persamaan lain yang lebih sederhana: 

Nilai ekspor – Nilai impor = Ekspor neto

Hasil ini mungkin merupakan angka negatif jika negara itu mengimpor lebih dari itu ekspor. Investasi dan konsumsi termasuk uang yang dimasukkan konsumen ke dalam investasi, seperti saham dan obligasi. Konsumsi adalah jumlah total dari semua pengeluaran untuk barang dan jasa.

Tidak seperti GNP (Produk Nasional Bruto), yang bertanggung jawab atas semua produksi oleh warga negara terlepas dari lokasi geografisnya, PDB berfokus pada produksi di dalam batas negara.

CONTOH

Mari kita lihat Microsoft. Barang atau jasa apa pun yang diproduksi atau dijual oleh Microsoft di Amerika Serikat menambah PDB negara tersebut. Setiap kali seseorang membeli langganan ke layanan penyimpanan cloud Microsoft, OneDrive, pembelian itu menambah GDP negara. Setiap kali perusahaan membangun Microsoft Surface, nilainya ditambahkan ke PDB. Bahkan jika Microsoft kemudian menjual Permukaan itu di negara lain, nilainya masih dianggap sebagai bagian dari PDB Amerika Serikat.

Kesimpulan

Gross Domestic Product adalah seperti kartu laporan ekonomi

Setiap tahun, sebagian besar negara mencatat dan melaporkan PDB mereka. Banyak kelompok, seperti Bank Dunia dan IMF, menggunakan informasi ini dan meminta negara-negara anggota untuk menyediakannya. Mengingat bahwa PDB dapat dihitung menggunakan informasi yang cenderung tersedia untuk umum, kamu sendiri dapat menentukan PDB negara-negara yang tidak melakukan perhitungan sendiri. 

Semakin tinggi PDB suatu negara, semakin banyak barang dan jasa yang dihasilkannya. PDB yang lebih tinggi umumnya menunjukkan ekonomi yang lebih kuat. Jadi, negara-negara senang melaporkan PDB yang lebih tinggi setiap tahun, sama seperti siswa menyukai nilai yang lebih tinggi setiap semester.

Ketahui lebih lanjut …

Apa itu Gross Domestic Product?

Mengapa Gross Domestic Product itu penting?

Perbedaan GDP Nominal dan GDP Riil

Bagaimana GDP, GNP, dan GNI Berbeda?

Menghitung GDP menggunakan pengeluaran

Cara menghitung GDP menggunakan produksi

Rumus menghitung GDP menggunakan pendapatan

Apa kelemahan menggunakan data GDP?

Apa itu Gross Domestic Product?

Gross domestic product adalah ukuran produksi ekonomi suatu negara. Negara-negara dengan PDB lebih tinggi menghasilkan lebih banyak daripada negara-negara dengan PDB lebih rendah.

PDB mencakup nilai barang apa pun yang diproduksi di dalam batas negara, serta nilai layanan apa pun yang diberikan. Ini adalah hal terdekat yang dimiliki suatu negara terhadap kapitalisasi pasar (nilai total perusahaan). Alih-alih mengukur nilai suatu negara, PDB mengukur nilai output ekonominya.

Mengapa Gross Domestic Product Itu Penting?

Produk Domestik Bruto penting karena merupakan ukuran kasar kesehatan suatu ekonomi. Negara-negara dengan ekonomi kuat biasanya akan memiliki PDB tinggi. Banyak ekonom juga melihat PDB per kapita suatu negara untuk mengukur seberapa sehat ekonomi itu. GDP per kapita mengukur berapa banyak, rata-rata, warga negara menghasilkan.

Perubahan dalam PDB juga merupakan metrik penting bagi para ekonom. Jika PDB suatu negara tumbuh, itu menunjukkan bahwa ekonomi negara itu sehat dan berkembang. Sebaliknya, PDB yang menyusut berarti ekonomi menyusut. Meningkatnya PDB dikaitkan dengan lapangan kerja, pertumbuhan investasi, dan kenaikan upah. Mengecilkan PDB dapat mengindikasikan tingkat pengangguran yang tinggi, upah yang menyusut, dan ketidakstabilan ekonomi.

Karena PDB digunakan sebagai ukuran kasar kesehatan suatu ekonomi, pasar saham sering bergeser dalam menanggapi publikasi tingkat pertumbuhan PDB suatu negara. Angka pertumbuhan yang lebih tinggi dapat menyebabkan kinerja pasar yang kuat, sementara angka yang lebih lemah dapat menyebabkan penurunan pasar. 

Perbedaan GDP Nominal dan GDP Riil

GDP Nominal dan GDP Riil adalah dua ukuran berbeda dari Produk Domestik Bruto.

Ketika orang berbicara tentang PDB, mereka biasanya mengacu pada PDB nominal. Ini adalah nilai semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam batas negara. 

PDB riil adalah ukuran PDB yang memperhitungkan dampak inflasi. Ini paling berguna ketika kamu melihat tingkat pertumbuhan PDB atau PDB suatu negara dari waktu ke waktu. Untuk menemukan PDB Riil, bagilah PDB nominal dengan faktor deflasi, yaitu 1 + perubahan nilai dolar antara tahun-tahun yang kamu bandingkan .

Berikut ini contohnya: harga meningkat sebesar 8,33% antara tahun 2015 dan 2019. Untuk menemukan GDP Riil tahun 2019, yang kemudian dapat kamu gunakan untuk membandingkan PDB AS pada tahun 2015 dan 2019, gunakan rumus ini:

2019 Nominal GDP / (1 + 0,0833) = 2019 GDP Riil pada 2015.

Akuntansi inflasi penting karena inflasi dapat menyebabkan PDB nominal tumbuh, bahkan jika tidak ada peningkatan aktual dalam output ekonomi. Jika suatu negara memiliki PDB nominal $ 1 miliar dan, tahun berikutnya, PDB nominal negara itu adalah $ 1,1 miliar, sepertinya ekonominya telah tumbuh 10%. Tetapi jika tingkat inflasi negara itu 10%, maka PDB riilnya tetap sama. Tidak ada pertumbuhan nyata terjadi. 

Bagaimana GDP, GNP, dan GNI Berbeda?

PDB, Produk Nasional Bruto (GNP), dan Pendapatan Nasional Bruto (GNI) adalah semua ukuran output ekonomi suatu negara. 

Tidak seperti PDB, yang melihat produksi di dalam batas negara, GNP mencakup nilai dari segala sesuatu yang diproduksi oleh penduduk suatu negara, terlepas dari di mana ia diproduksi. Misalnya, jika seorang Amerika memiliki perusahaan yang memproduksi barang di Kanada, output perusahaan itu adalah bagian dari GNP Amerika Serikat dan PDB Kanada. Jika penduduk asing memiliki perusahaan di AS, produksi perusahaan itu bukan bagian dari GNP AS, meskipun itu termasuk dalam PDB AS.

GNI mengukur semua pendapatan yang diperoleh penduduk dan perusahaan suatu negara. Ini termasuk pendapatan dari penjualan barang dan jasa, pendapatan investasi, dan bantuan asing. Kamu dapat menganggap GNI sebagai pendapatan GDP + dari sumber luar negeri. (Sumber: OECD).

Menghitung GDP Menggunakan Pengeluaran

Banyak negara mencatat dan mempublikasikan data PDB mereka sendiri untuk penggunaan publik. Misalnya, Biro Analisis Ekonomi AS melaporkan PDB AS setiap kuartal. Jika kamu ingin melakukan perhitungan sendiri, ada beberapa metode berbeda yang dapat kamu gunakan untuk menghitung PDB suatu negara, meskipun setiap perhitungan harus menghasilkan hasil yang sama.

Untuk menghitung GDP dengan menggunakan pengeluaran, kamu dapat menggunakan rumus berikut:

Pengeluaran Konsumen + Pengeluaran Investor + Pengeluaran Pemerintah + Ekspor Neto = PDB

Dengan mengukur berapa banyak penduduk suatu negara menghabiskan dan berapa banyak ekspor suatu negara, kamu dapat menemukan nilai dari segala sesuatu yang diproduksi negara itu, karena produksi dan pengeluaran harus sama satu sama lain. 

Cara Menghitung GDP Menggunakan Produksi

Untuk menghitung PDB menggunakan produksi, gunakan rumus ini.

Harga semua Barang Diproduksi dan Dijual + Harga semua Layanan Diproduksi dan Dijual = PDB

Penting untuk hanya menyertakan penjualan akhir suatu produk atau layanan, tidak setiap penjualan di sepanjang rantai pasokan. Termasuk nilai barang yang dijual antar perusahaan selama produksi barang yang dijual kepada konsumen akan meningkatkan PDB yang dihasilkan dari perhitungan ini.

Rumus Menghitung GDP Menggunakan Pendapatan

Untuk menghitung PDB menggunakan pendekatan pendapatan, gunakan rumus ini. 

Upah karyawan + sewa + bunga + keuntungan + pajak penjualan + depresiasi + pendapatan asing bersih

Kamu dapat menganggap pendapatan asing bersih sebagai perhitungan yang mirip dengan ekspor neto. Berikut ini persamaan untuk menghitung pendapatan asing bersih:

Pembayaran yang diterima dari negara lain – pembayaran yang dilakukan ke negara lain = pendapatan asing bersih.

Perlu diingat bahwa ini adalah pembayaran ke dan dari penduduk dan bisnis di negara lain.

Pendapatan asing bersih adalah perbedaan antara pembayaran yang dilakukan oleh bisnis negara dan penduduk untuk penduduk dan bisnis dari negara lain dan pembayaran yang diterima dari penduduk dan bisnis dari negara lain.

Apa Kelemahan Menggunakan Data GDP?

PDB bukan ukuran yang sempurna dari output ekonomi suatu negara. 

Salah satu masalah dengan PDB adalah bahwa PDB nominal adalah ukuran yang paling sering digunakan para ekonom. Ukuran ini tidak memperhitungkan inflasi, yang dapat memengaruhi tingkat pertumbuhan PDB. Dengan inflasi, PDB nominal suatu negara dapat tumbuh bahkan ketika produksi ekonomi menyusut.

Kelemahan lainnya adalah PDB dan PDB per kapita tidak serta merta mencerminkan kesetaraan ekonomi suatu negara. Jika suatu negara memiliki 100.000 warga yang masing-masing menghasilkan barang dan jasa senilai $ 100.000, GDP-nya adalah $ 10 miliar. Jika negara lain memiliki 100.000 warga – 1.000 yang menghasilkan $ 10 juta dalam produk dan layanan dan 9.000 yang tidak menghasilkan apa-apa – PDBnya akan tetap menjadi $ 10 miliar.

PDB juga tidak memperhitungkan aspek non-ekonomi dari kesejahteraan masyarakat. PDB suatu negara kemungkinan akan meningkat jika diberlakukan seminggu tujuh hari kerja dan 12 jam hari kerja, tetapi kebahagiaan masyarakat akan menurun. 

Perlu dicatat bahwa PDB tidak memperhitungkan eksternalitas (biaya, banyak non-moneter, yang ditimbulkan oleh produksi dan jasa), yang mencakup hal-hal seperti biaya polusi jangka panjang. Jika sebuah perusahaan dapat memproduksi lebih banyak barang dengan mencemari, itu mungkin meningkatkan produksi bahkan jika biaya pencemaran itu lebih besar dari nilai produk.

Akhirnya, PDB hanya mengukur nilai barang dan jasa yang disediakan melalui pasar tradisional. Aktivitas yang terjadi di luar pasar tipikal, seperti perdagangan obat-obatan terlarang, tidak termasuk dalam PDB. Demikian pula, barang dan jasa yang disediakan di bawah tabel atau di luar peraturan standar tidak termasuk dalam PDB suatu negara.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Deflasi?

Mengapa Harus Investasi Emas?

Inspirasi Sukses! Ini 7 Kisah Mereka yang Memulai Bisnisnya dari Nol

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here