Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu HODL?

Akhir-akhir ini banyak sekali istilah HODL dalam komunitas dan forum soal aset kripto. Apa sih sebenarnya arti HODL itu? HODL adalah istilah yang berasal dari kesalahan ejaan “hold” atau “tahan” yang mengacu pada strategi beli-dan-tahan dalam konteks Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

HODL Adalah Istilah Aset Kripto yang Populer

Istilah HODL (atau hodl) berasal dari tahun 2013 lewat unggahan di forum bitcointalk. Pada saat itu, harga Bitcoin telah melonjak dari di bawah US$15 pada Januari 2013 ke level tertinggi lebih dari US$1.100 pada awal Desember 2013.

Namun, dalam kurun 24 jam pada 18 Desember 2013, harga Bitcoin amblas 39%, dari US$716 menjadi US$438, menurut indeks harga bitcoin CoinDesk. Tepatnya pada pukul 10.00 waktu Amerika Serikat. Hancurnya harga Bitcoin saat itu disinyalir karena tanggapan atas laporan tindakan keras pemerintah China saat itu.

Apa Itu HODL?, Pluang

Kisah Istilah HODL, I’M HODLING

Sekitar tiga menit kemudian, akun bernama GameKyuubi memposting “I AM HODLING,” sebuah kalimat yang terkesan diucapkan pemabuk dan sarat kesalahan ketik. Unggahan tersebut pun seolah-olah menggambarkan keterampilan perdagangannya yang buruk dan tekadnya untuk memegang Bitcoin meski harganya anjlok.

“Saya mengetik judul itu dua kali karena saya tahu itu salah pada kali pertama. Masih salah juga,” tulisnya tentang kesalahan eja “holding” yang sekarang terkenal.

“KENAPA SAYA MENANG? SAYA AKAN KATAKAN KENAPA,” lanjutnya. “Itu karena saya pedagang yang buruk dan saya TAHU SAYA PEDAGANG YANG BURUK. Ya, Anda pedagang yang baik bisa melihat titik tertinggi dan terendah pit pat piffy wing wong wang begitu saja dan menghasilkan uang millino (maksudnya million) pasti tidak masalah bro.”

Baca juga: Dari Whale hingga FUD, Ini Adalah Istilah Investasi Bitcoin yang Perlu Diketahui!

Akun itu menyimpulkan bahwa jalan terbaik adalah bertahan, karena menurutnya, “mereka yang menjual di kala pasar bearish adalah pedagang harian yang baik atau pemula yang ilusional. Orang-orang yang berada di antaranya akan bertahan. Dalam permainan zero-sum seperti ini, trader hanya dapat mengambil uang Anda jika Anda menjual.”

Akun itu kemudian mengaku bahwa dia minum wiski dan merenungkan sebentar tentang ejaan whiski yang benar.

Dalam waktu satu jam, HODL telah menjadi meme: film 300 dan Braveheart menyediakan materi sumber awal. Namun sekarang ada meme HODL yang tak terhitung jumlahnya beredar di internet (Game of Thrones ‘Hodor adalah subjek favorit).

Baca juga: Seberapa Kuat Bitcoin Whales dalam Mengendalikan Harga? Simak di Sini!

Sempat Ditertawakan, Kini HODL Adalah Strategi Investasi

HODL segera menjadi buah bibir. Ini disebabkan karena mereka yang menganut strategi ini cenderung menghindari perdagangan berdasarkan fluktuasi harga jangka pendek. Pendekatan ini menekankan bahwa trader pemula cenderung gagal untung karena tidak bisa mengikuti waktu perdagangan. Mereka biasanya kehilangan uang atau untung lebih sedikit dibandingkan saat mereka menahan koin mereka.

Para penganut HODL pun kemudian ada benarnya. Harga Bitcoin sempat melesat 52.000% sejak 2011 hingga 2013, lalu anjlok lagi 80% di tahun berikutnya. Setelahnya, harga Bitcoin terus melejit bak roket dengan nilai 17 kali lebih besar dari rekor tertinggi sebelumnya. Namun, harganya turun lagi setengahnya tak lama kemudian.

Hodlers menghindari diri dari semua volatilitas dan prognostikasi ini. Mereka hanya menahan kepemilikan, yang membuat mereka juga menghindari dua sifat psikologis pasar aset kripto yang destruktif. Yakni, FOMO (takut ketinggalan) yang dapat menyebabkan pembelian tinggi, dan FUD (ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan), yang dapat menyebabkan harga jual Bitcoin mereka rendah. Yang terakhir ini kadang-kadang disebut sebagai SODLing.

Untuk orang-orang yang percaya pada cryptocurrency, yang dikenal sebagai maximalists, HODL mewakili lebih dari sebuah strategi untuk memimpin di saat FOMO, FUD, dan emosi penyebab rugi lainnya.

Orang-orang ini melakukan HODL karena mereka berpikir cryptocurrency pada akhirnya akan menggantikan mata uang fiat dan membentuk dasar dari semua struktur ekonomi masa depan. Oleh karena itu, mereka melihat nilai tukar mata uang kripto sebagai tidak relevan di masa kini.

Etimologi Umum

HODL kadang-kadang dijelaskan sebagai singkatan dari “hold on for dear life” atau bertahan untuk hidup dengan beberapa variasi. Meskipun etimologi ini kadang-kadang berhasil menangkap makna frasa dengan baik, itu bukan asalnya. HODL berasal dari kesalahan ketik yang tidak disengaja pada tahun 2013.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img