Apa Itu Index Futures?

0
52
Apa itu Index Futures

Pengertian Index Futures

Pengertian Index Futures adalah memungkinkan pedagang untuk menguangkan pergerakan umum dalam harga saham.

Sebagai efek derivatif, kontrak berjangka adalah kontrak untuk membeli atau menjual suatu underlying berupa indeks, saham, atau obligasi di masa mendatang.

Keuntungan dan kerugian dari Indeks Futures

Index futures menyatakan bahwa pemegang setuju untuk membeli indeks pada harga tertentu pada tanggal yang akan datang. Biasanya kontrak diselesaikan setiap triwulan, kendati ada beberapa kontrak tahunan juga.

Indeks ekuitas berjangka adalah penyelesaian tunai yang berarti tidak ada pengiriman aset dasar pada akhir kontrak. Jika pada saat kontrak berakhir harga indeks lebih tinggi dari harga yang disepakati dalam kontrak, pembeli telah memperoleh untung. Begitu pula sebaliknya.

Keuntungan ditentukan oleh perbedaan antara harga masuk dan keluar kontrak. Seperti halnya perdagangan spekulatif, ada risiko bahwa pasar bisa bergerak ke posisi mana pun. Sementara itu, akun trader harus menyimpan dana atau margin serta margin call untuk mengimbangi risiko kerugian.

Baca juga: Yuk, Mengenal Produk-Produk Investasi!

Dalam berinvestasi index future, investor harus memahami bahwa banyak faktor dapat mendorong harga indeks pasar termasuk kondisi ekonomi makro seperti pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perusahaan.

Spekulasi adalah strategi yang umum diterapkan. Investor berpengalaman akan menggunakan indeks berjangka untuk berspekulasi pada arah indeks.

Alih-alih membeli saham individu atau aset, investor dapat bertaruh pada arah index future sekelompok aset di masa mendatang. Inilah yang memungkinkan index future diperjualbelikan dengan kemungkinan untung lebih besar di masa mendatang jika prediksi tepat.

Margin dan Indeks Berjangka

Kontrak berjangka tidak mengharuskan pembeli untuk memasang seluruh nilai kontrak saat memasuki perdagangan.

Sebaliknya, mereka hanya meminta pembeli untuk mempertahankan sebagian kecil dari jumlah kontrak di akun mereka, yang disebut margin awal.

Harga indeks berjangka dapat berfluktuasi secara signifikan hingga kontrak berakhir. Oleh karena itu, trader harus memiliki cukup uang di akun mereka untuk menutupi potensi kerugian, yang disebut margin pemeliharaan.

Baca juga: Serba-serbi Index Future, Ketahui Cara Kerja Kontrak Berjangka dalam Investasi

Margin pemeliharaan menetapkan jumlah minimum dana yang harus dimiliki akun untuk memenuhi klaim di masa mendatang. Financial Industry Regulatory Authority (FINRA) mensyaratkan minimal 25% dari total nilai perdagangan sebagai saldo akun minimum.

Namun, beberapa broker akan meminta lebih dari 25%. Juga, karena nilai perdagangan naik sebelum kedaluwarsa, broker dapat meminta dana tambahan untuk disetorkan ke akun, yang dikenal sebagai margin call.

Penting untuk dicatat bahwa kontrak berjangka indeks adalah perjanjian yang mengikat secara hukum antara pembeli dan penjual. Futures berbeda dari opsi, di mana kontrak berjangka dianggap sebagai kewajiban, sementara opsi dianggap sebagai hak yang mungkin atau tidak dapat dilakukan oleh pemegangnya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here