Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa itu Institusi Finansial?

Institusi finansial adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis yang berhubungan dengan transaksi keuangan dan moneter. Bentuk bisnisnya terkait dengan deposito, pinjaman, investasi, dan pertukaran mata uang.

Cakupan operasi bisnis dalam sektor jasa keuangan termasuk bank, perusahaan perwalian, perusahaan asuransi, perusahaan pialang, dan manajer investasi. Hampir setiap orang yang tinggal di negara maju memiliki kebutuhan berkelanjutan atau setidaknya berkala untuk layanan institusi finansial.

Jenis institusi ini beroperasi pada beberapa skala dari serikat komunitas lokal hingga bank investasi internasional.

Bagaimana Institusi Finansial Bekerja?

Institusi finansial melayani sebagian besar kelompok orang dan hampir setiap orang, karena operasi keuangan adalah bagian penting dari perekonomian mana pun. Baik individu maupun perusahaan mengandalkan lembaga keuangan untuk transaksi dan investasi.

Pemerintah menganggap penting untuk mengawasi dan mengatur bank dan lembaga keuangan karena mereka memainkan bagian integral dari perekonomian. Secara historis, kebangkrutan lembaga keuangan dapat menimbulkan kepanikan.

Di Amerika Serikat, Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) mengasuransikan rekening simpanan reguler untuk meyakinkan individu dan bisnis mengenai keamanan keuangan mereka dengan lembaga keuangan.

Kesehatan sistem perbankan suatu negara adalah kunci utama stabilitas ekonomi. Hilangnya kepercayaan pada institusi finansial dapat dengan mudah menyebabkan bank run.

Baca juga: Apa Itu Asset Management?

Banner Blog Pluang

Jenis-jenis institusi finansial

Institusi finansial adalah lembaga yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan untuk klien individu dan komersial. Layanan khusus yang ditawarkan sangat bervariasi antara berbagai jenis lembaga keuangan. Berikut adalah contoh-contoh jenis institusi finansial.

1. Bank Komersial

Jenis institusi finansial ini adalah lembaga yang menerima simpanan, menawarkan layanan rekening giro, membuatkan pinjaman bisnis, pribadi, dan hipotek, serta menawarkan produk keuangan dasar seperti sertifikat deposito dan rekening tabungan untuk individu dan usaha kecil. Bank komersial adalah tempat kebanyakan orang melakukan urusan perbankan mereka, bukan bank investasi.

Bank dan badan usaha serupa, seperti jasa pegadaian atau koperasi, menawarkan layanan keuangan yang paling umum dikenal dan sering digunakan. Di antaranya tawaran rekening giro dan tabungan, hipotek rumah, dan jenis pinjaman lain bagi pelanggan ritel dan komersial. Bank juga bertindak sebagai agen pembayaran melalui kartu kredit, transfer kawat, dan pertukaran mata uang.

2. Bank Investasi

Dalam kategori institusi finansial, jenis bank ini mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan yang dirancang untuk memfasilitasi operasi bisnis. Contoh layanannya seperti pembiayaan belanja modal dan penawaran ekuitas, termasuk penawaran umum perdana (Initial Public Offering, IPO).

Mereka juga biasanya menawarkan layanan perantara bagi investor, bertindak sebagai pembuat pasar untuk pertukaran perdagangan, serta mengelola merger, akuisisi, dan restrukturisasi perusahaan lainnya.

3. Perusahaan Asuransi

Di antara institusi finansial non-bank, perusahaan asuransi adalah jenis institusi finansial yang paling dikenal masyarakat. Mereka memberi asuransi baik bagi individu maupun korporasi dan merupakan institusi finansial tertua.

Perlindungan aset dan perlindungan terhadap risiko keuangan, yang dijamin melalui produk asuransi, merupakan layanan penting perusahaan asuransi. Layanan perusahaan memfasilitasi investasi individu dan perusahaan demi mendorong pertumbuhan ekonomi.

4. Perusahaan Pialang

Jenis institusi finansial satu ini adalah usaha yang berupa perusahaan investasi dan pialang mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan investasi yang mencakup layanan manajemen kekayaan dan penasihat keuangan.

Mereka juga menyediakan akses ke produk investasi yang dapat berkisar dari saham dan obligasi, hingga investasi alternatif yang kurang dikenal, seperti hedge fund dan investasi ekuitas swasta.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img