Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Interest Rate Swap?

Interest rate swap adalah tingkat swap ditentukan oleh perjanjian. Swap rate adalah pertukaran untuk meminimalisir risiko suku bunga. Misalnya, pertukaran suku bunga yang ditukar dengan suku bunga acuan seperti Libor, dengan plus atau minus spread.

Tingkat swap ini juga merupakan nilai tukar yang terkait dengan pertukaran mata uang. Kurs swap menunjukkan kurs tetap yang diminta pihak dalam kontrak swap sebagai ganti kewajiban untuk membayar kurs jangka pendek. Seperti misalnya kurs Tenaga Kerja atau Dana Federal yang berlaku di AS.

Swap rate adalah acuan yang menunjukkan bahwa ketik swap dimasukkan, kurs tetap akan sama dengan nilai pembayaran suku bunga mengembang. Swap rate adalah acuan yang dihitung dari nilai berlawanan yang disepakati.

Karena itu, acuan swap rate biasanya dikutip dalam spread swap, yang menghitung selisih antara kurs swap dan kurs counter-party. Bagaimana cara kerja swap rate? Dan apa yang diberitahukan terkait swap rate melalui pantauan perubahan suku bunga?

Baca juga: Apa Itu Overnight Index Swap?

Swap rate adalah suku bunga yang mengacu pada suku bunga mengambang

Basis rate swap (basis swap) adaah jenis perjanjian di mana dua pihak setuju untuk menukar suku bunga variabel berdasarkan tingkat referensi pasar uang yang berbeda.

Tujuannya adalah agar perusahaan membatasi risiko suku bunga yang dihadapinya sebagai akibat dari tingkat pinjaman yang berbeda. Misalnya, ini terjadi jika perusahaan meminjamkan uang kepada individu dengan suku bunga variabel yang terkait dengan tingkat penawaran antar bank London (Libor), tetapi meminjam uang berdasarkan suku bunga Treasury Bill (T-Bill).

Perbedaan antara suku bunga pinjaman dan pinjaman (spread) ini menyebabkan risiko suku bunga. Ini berpotensi menyebabkan kerugian investasi. Interest rate swap adalah acuan yang umum digunakan untuk menghindari risiko suku bunga ini.

Intinya, basis rate swap membantu perusahaan melakukan lindung nilai terhadap risiko suku bunga yang terjadi akibat perusahaan memiliki tingkat pinjaman dan pinjaman yang berbeda.

Dalam penerapannya, interest rate swap adalah acuan yang bersifat fleksibel. Kedua pihak dalam kontrak (dikenal sebagai pihak counterparty) dapat menyesuaikan ketentuan swap tingkat dasar, termasuk jadwal pembayaran.

Bagaimana cara kerja interest rate swap?

Tarif swap diterapkan ke berbagai jenis swap. Swap suku bunga mengacu pada pertukaran suku bunga mengambang untuk suku bunga tetap. Swap mata uang mengacu pada pertukaran pembayaran bunga dalam satu mata uang untuk mata uang lain. Dalam kedua jenis transaksi ini, elemen tetap disebut sebagai nilai tukar.

Baca juga: Suku Bunga Pengaruhi Investasi? Ini 3 Sektor Vital yang Terkena Imbas

Apa yang diberitahukan oleh swap suku bunga?

Interest rate swap adalah bentuk pertukaran suku bunga yang diterapkan untuk meminimalisir risiko suku bunga. Dalam pertukaran suku bunga ini, salah satu pihak akan menjadi pembayar dan pihak lainnya akan menjadi penerima suku bunga tetap.

Arus kas dari suku bunga tetap dari swap ini diatur saat perdagangan dilakukan. Arus kas untuk tingkat terbawah suku bunga mengambang diatur secara berkala pada tanggal pengaturan ulang suku bunga. Ini ditentukan oleh periode pengaturan ulang suku bunga mengambang.

Indeks paling umum untuk interest rate swap adalah Libor tiga bulan. Ini dapat dibayarkan setiap tiga bulan atau ditambah dan dibayar setengah tahunan. Tarif di atas atau di bawah Libor yang dipilih mencerminkan kurva imbal hasil dan penyebaran kredit yang akan dikenakan.

Pembayaran suku bunga antara tarif bawah suku bunga tetap dan mengambang akan dijaring pada setiap akhir periode pembayaran dan hanya selisihnya saja yang dipertukarkan.

Yang dapat diketahui dari nilai tukar mata uang

Terdapat tiga jenis pertukaran suku bunga untuk pertukaran mata uang:

  • Tarif tetap satu mata uang untuk kurs tetap mata uang kedua;
  • Yang dikenakan adalah tarif tetap dari satu mata uang untuk kurs mengambang dari mata uang kedua;
  • Kurs mengambang dari satu mata uang untuk kurs mengambang dari mata uang kedua.

Interest rate swap adalah acuan pertukaran mata uang yang dapat menyertakan atau mengecualikan pertukaran penuh dari jumlah pokok mata uang di awal dan akhir swap. Pembayaran suku bunga tidak netted karena dihitung dan dibayarkan dalam mata uang yang berbeda.

Terlepas dari apakah nilai pokok pinjaman dipertukarkan atau tidak, nilai tukar atau konversi pokok harus ditetapkan. Jika tidak ada pertukaran pokok, maka nilai tukar hanya digunakan untuk perhitungan dua jumlah mata uang pokok nosional (notional principal currency) yang menjadi dasar pembayaran suku bunga.

Bila ada pertukaran, di mana nilai swap ditetapkan dapat berdampak finansial karena nilai tukar dapat berubah antara awal kesepakatan dan pada masa akhir kesepakatan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia, Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img