Apa Itu International Monetary Fund?

0
59
international monetary fund

International Monetary Fund adalah organisasi internasional yang mendorong pertumbuhan ekonomi global dan stabilitas keuangan. Dana Moneter Internasional alias International Monetary Fund (IMF) mendorong perdagangan internasional dan mengurangi kemiskinan.

Kuota negara anggota merupakan penentu utama dari hak suara dalam keputusan IMF. Suara di IMF terdiri dari 1 suara per 100.000 hak penarikan khusus (SDR, special drawing right) kuota ditambah suara dasar.

International Monetary Fund adalah organisasi yang dibentuk pada 1945 sebagai bagian dari perjanjian Bretton Woods. Dalam statusnya, International Monetary Fund berupaya mendorong kerja sama keuangan internasional dengan memperkenalkan sistem mata uang yang dapat dikonversi dengan nilai tukar tetap.

SDRS adalah jenis mata uang cadangan moneter internasional yang dibuat oleh IMF sebagai pelengkap cadangan uang negara anggota yang ada.

Baca juga: Bagaimana Mata Uang Mempengaruhi Investasi Internasional?

Mengenal international monetary fund

International Monetary Fund (IMF) berpusat di Washington, DC. Organisasi ini terdiri dari 189 negara anggota yang masing-masing memiliki perwakilan di dewan eksekutif IMF sesuai dengan kepentingan keuangannya.

Kuota anggota dalam IMF adalah penentu utama dari hak suara dan keputusan organisasi. Suara terdiri dari satu suara per SDR 100.000 kuota ditambah suara dasar (sama untuk semua anggota).

Situs web IMF menggambarkan misinya “untuk mendorong kerja sama moneter global, mengamankan stabilitas keuangan, memfasilitasi perdagangan internasional, mempromosikan lapangan kerja yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan mengurangi kemiskinan di seluruh dunia.”

Sejarah IMF

IMF awalnya dibentuk pada 1945 sebagai bagian dari Perjanjian Bretton Woods, yang berupaya mendorong kerja sama keuangan internasional dengan memperkenalkan sistem mata uang yang dapat dikonversi dengan nilai tukar tetap. Dolar dapat ditukar dengan emas dengan harga USD 35 per ons ketika itu.

International monetary fund mengawasi sistem. Misalnya, suatu negara bebas menyesuaikan nilai tukarnya hingga 10% di kedua arah, tetapi perubahan yang lebih besar memerlukan IMF.

IMF juga bertindak sebagai “penjaga gerbang”: negara-negara tidak memenuhi syarat untuk menjadi anggota Bank Internasional untuk rekonstruksi dan pembangunan (International Bank for Reconstruction and Development, IBRD),, sebuah cikal bakal Bank Dunia. Cikal bakal ini pun dibuat oleh Perjanjian Bretton Woods untuk mendanai rekonstruksi Eropa setelah Perang Dunia II.

Sejak sistem Bretton Woods runtuh pada 1970-an, IMF telah mempromosikan sistem nilai tukar mengambang (float rates). Dan ini berarti bahwa kekuatan pasar menentukan nilai mata uang relatif satu sama lain. Sistem ini terus diterapkan hingga saat ini.

Baca juga: Terburuk Sejak Masa Depresi Besar, IMF Prediksikan Ekonomi Dunia Rebound pada 2021

Kegiatan international monetary fund

Metode utama IMF untuk mencapai tujuan dan misinya adalah dengan memantau pembangunan kapasitas dan pinjaman.

IMF memberikan pinjaman kepada negara-negara yang mengalami kesulitan ekonomi untuk mencegah atau mengurangi krisis keuangan.

Dalam pengawasannya, international monetary fund mengumpulkan sejumlah besar data tentang ekonomi nasional, perdagangan internasional, dan ekonomi global secara agregat.

Organisasi juga menyediakan prakiraan ekonomi yang diperbarui secara berkala di tingkat nasional dan internasional. Perkiraan ini, yang diterbitkan dalam World Economic Outlook, disertai dengan diskusi panjang tentang pengaruh kebijakan fiskal, moneter, dan perdagangan terhadap prospek pertumbuhan dan stabilitas keuangan.

Pengembangan kapasitas

IMF memberikan bantuan teknis, pelatihan, dan nasihat kebijakan kepada negara-negara anggota melalui program peningkatan kapasitasnya. Program-program ini mencakup pelatihan dalam pengumpulan dan analisis data. Data-data ini juga dimasukkan ke dalam proyek IMF untuk memantau ekonomi nasional dan global.

International monetary fund memberikan pinjaman kepada negara-negara yang mengalami kesulitan ekonomi untuk mencegah atau mengurangi krisis keuangan. Anggota menyumbangkan dana untuk peminjaman ini ke kumpulan berdasarkan sistem kuota.

Pada 2019, sumber pinjaman sebesar SDR 11,4 M (SDR 0,4 M di atas target) diamankan untuk mendukung kegiatan pinjaman lunak international monetary fund hingga dekade berikutnya.

Dana IMF seringkali bergantung pada penerima yang melakukan reformasi untuk meningkatkan potensi pertumbuhan dan stabilitas keuangan mereka. Akan tetapi, program penyesuaian struktural, alias pinjaman bersyarat ini, menarik kritik karena memperburuk kemiskinan dan memproduksi struktur kolonialis.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp27 Triliun

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here